menjaga kesehatan ibu hamil saat puasa oleh Hamil SegiEmpatMenjaga kesehatan ibu hamil saat berpuasa adalah hal penting yang harus diketahui oleh Ibu hamil dan orang di sekitarnya. Karena banyak Ibu hamil yang tetap memaksa untuk berpuasa di bulan Ramadhan meskipun sebenarnya mereka diberi keringanan untuk menggantinya dengan membayar Fidyah atau berpuasa di lain waktu.

Banyak orang yang tidak menyarankan Ibu hamil untuk ikut berpuasa dengan alasan kesehatan janin yang berada dalam kandungannya. Saat berpuasa, Ibu hamil tidak akan makan dan minum selama kurang lebih 14 jam. Hal inilah yang membuat janin beresiko tidak mendapatkan asupan nutrisi yagn cukup sehingga akan mengganggu tumbuh kembangnya. Karena selama dalam kandungan, janin membutuhkan nutrisi, vitamin dan protein dan cukup.

Sebenarnya, Ibu hamil boleh saja berpuasa dengan beberapa syarat. Syarat pertama adalah kandungannya tidak sedang berada pada trimester pertama atau ketiga. Kedua, dia bisa memenuhi asupan nutrisi yang dibutuhkannya dan janinnya selama berpuasa. Ketiga dia harus mendapatkan persetujuan dari dokter kandungan. Jika Ibu hamil telah memenuhi syarat ini, maka diapun bisa melakukan ibadah puasa dengan tenang selama Ramadhan. Namun jika Ibu mengalami masalah saat berpuasa, sebaiknya Ibu segera menghentikan puasanya dan memeriksakan kandungannya pada dokter kandungan.

Satu hal yang harus diperhatikan oleh para calon Ibu yang ingin berpuasa adalah jika kebutuhan janin dalam kandungannya tidak terpenuhi selama berpuasa, maka bayinya beresiko untuk lahir dengan berat badan rendah, mengalami dehidrasi atau pernapasan yang tidak normal. Selain itu, seorang wanita hamil yang mengalami mual dan muntah yang berlebihan selama trimester pertama sebaiknya juga tidak berpuasa.

  • Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil Saat Berpuasa

Adapun beberapa hal yang bisa dilakukan Ibu hamil untuk bisa menjaga kesehatan dan janin yang dikandungnya selama berpuasa adalah:

  • Mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh saat sahur dan buka puasa untuk mencegah terjadinya dehidrasi;
  • Mengkonsumsi makanan yang bermanfaat untuk janin dalam kandungan, yaitu susu, buah-buahan atau kacang;
  • Sebaiknya Ibu tidak melakukan kegiatan yang bisa membuat Ibu merasa cepat lelah atau kehabisan tenaga;
  • Jika Ibu merasa lemas, sebaiknya Ibu segera beristirahat;
  • Saat waktu berbuka telah tiba, konsumsilah makanan yang bisa mencukupi kebutuhan janin yang berada dalam kandungan.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY