janin tetap sehat saat puasa oleh Hamil SegiEmpatSeorang wanita hamil yang sedang berpuasa harus selalu memperhatikan asupan nutrisi, waktu istirahat dan pikirannya agar janin tetap sehat. Karena ketika Ibu hamil tidak mencukupi kebutuhan nutrisinya, maka pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungannya akan terhambat. Jika sudah begini, tidak menutup kemungkinan kalau janin dalam kandungan bisa mengalami cacat lahir atau bahkan keguguran.

Bagi Ibu hamil yang akan berpuasa, biasanya mereka akan diizinkan saat usia kehamilan telah memasuki trimester kedua. Karena pada trimester pertama, seorang Ibu hamil biasanya akan mengalami morning sickness. Sedangkan pada trimester ketiga, usia persalinan sudah semakin dekat sehingga Ibu harus mempersiapkan kondisinya sebaik mungkin sebagai persiapan kelahiran bayi.

Berikut ini adalah beberapa tips agar janin tetap sehat saat Anda berpuasa:

  • Sahur dan Buka Puasa di Waktu yang Tepat

Sebenarnya, puasa tidak akan membuat Anda kekurangan nutrisi atau makanan. Karena yang diubah adalah waktu makannya, bukan pola dan jumlah makanannya. Saat sedang berpuasa Anda harus makan 3 kali dalam sehari, yaitu saat sahur, saat buka puasa dan setelah Shalat Tarawih. Saat makan di ketiga waktu ini, jangan lupa untuk menjaga gizi dan nutrisi Anda serta janin dalam kandungan. Selain itu, sebaiknya Anda juga menghindari makanan pedas, asam, makanan yang terlalu dingin atau terlalu panas.

  • Tetap Mendapatkan Istirahat

Saat sedang hamil, sebaiknya Anda tidak melakukan aktivitas yang terlau banyak atau terlalu berat sehingga dapat mengganggu waktu istirahat Anda. Hal ini akan membuat Anda menjadi kelelahan sehingga Anda akan merasa lemas serta mengganggu metabolisme tubuh dan janin yang berada dalam kandungan. Oleh karena itu, jika Anda memiliki waktu untuk beristirahat di sela aktivitas Anda, sebaiknya Anda beristirahat.

  • Tetap Menjaga Kondisi

Banyak wanita hamil yang merasa sanggup untuk tetap berpuasa saat hamil. Meski demikian, Anda juga harus tetap menjaga kondisi Anda. Jika Anda merasa ada gangguan kesehatan yang akan mengganggu ibadah puasa atau kesehatan Anda dan janin dalam kandungan, sebaiknya Anda segera membatalkan puasa Anda dan memeriksakan diri pada bidan atau dokter kandungan.

  • Sering Memeriksakan Kehamilan

Sangat penting bagi Anda untuk selalu memeriksakan kehamilan Anda, terlebih lagi saat Anda sedang berpuasa. Dengan begini, maka Anda akan bisa mengetahui sejak dini kalau-kalau terjadi masalah pada janin yang berada dalam kandungan Anda.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY