bolehkah ibu hamil berpuasa oleh Hamil SegiEmpatBolehkah ibu hamil berpuasa di bulan ramadhan adalah salah satu pertanyaan yang sering muncul di kalangan masyarakat. Meskipun Ibu hamil telah diizinkan untuk tidak ikut berpuasa di bulan Ramadhan dan menggantinya di lain waktu atau membayarnya dengan fidyah, tapi masih ada saja wanita hamil yang ngotot ingin berpuasa. Beberapa alasan yang sering dikemukakan adalah mereka sanggup untuk melaksanakannya atau karena mereka merasa tidak nyaman jika harus menggantinya di lain waktu.

Pada dasarnya, seorang wanita hamil diizinkan untuk melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Yang pastinya, kondisi kesehatannya memungkinkannya untuk berpuasa. Oleh karena itu sebelum berpuasa, dia harus memeriksakan dirinya dan kandungannya ke dokter kandungan. Jika dokter mengatakan bahwa dia dan janin yang dikandungannya sehat serta bisa melaksakan ibadah puasa, maka dia Ibu hamil berpuasa boleh saja.

Selain itu, yang harus diperhatikan oleh Ibu hamil adalah dia harus tetap memenuhi kebutuhan nutrisinya dan janin yang dikandungnya syarat ibu hamil tetap mampu memenuhi kebutuhan nutrisi baik bagi dirinya maupun janin yang dikandungnya. Pemenuhan nutrisi selama berpuasa sebenarnya sama saja dengan saat tidak berpuasa, yang berbeda adalah waktu makannya yaitu saat sahur dan buka puasa.

Seorang wanita hamil harus memenuhi sekitar sekitar 2.500 kalori setiap harinya, dengan komposisi karbohidrat sebanyak 308 gram atau 50 persen dari kebutuhan, protein sebanyak 103 gram atau 30 persen dari kebutuhan, dan lemak sebanyak 75 gram atau 10 hingga 20 persen dari kebutuhan.

Untuk memenuhi semua itu, Ibu hamil harus mengkonsumsi empat sehat lima sempurna saat sahur dan buka puasa, yaitu nasi, lauk pauk, sayur, buah dan susu. Selain itu Ibu hamil juga harus memenuhi beberapa zat penting untuk kehamilan seperti asam folat, kalsium dan zat besi. Asam folat bisa didapatkan dari kacang-kacangan, kalsium dari ikan dan susu, dan zat besi dari sayuran.

Meski demikian, ada beberapa keadaan dimana seorang wanita hamil disarankan untuk tidak ikut berpuasa, yaitu jika dia memiliki penyakit diabetes, hipertensi, gangguan pencernaan serta mengalami dehidrasi atau pendarahan.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY