mual dan muntah saat hamil oleh Hamil SegiEmpatSalah satu keinginan pasangan yang telah menikah adalah segera mendapatkan momongan. Mereka kemudian berusaha mencari cara cepat hamil. Ketika akhirnya sudah berhasil hamil, berbagai keluhan tentang kehamilan pun sering dilontarkan oleh para Ibu baru. Ibu hamil seringkali merasa mual, muntah, nyeri dan kram pada beberapa bagian tubuhnya.

Meskipun dianggap lumrah, tapi pasti banyak wanita yang mempertanyakan, kenapa bisa mereka merasa mual dan muntah saat hamil. Para ahli mengatakan bahwa perubahan yang terjadi pada wanita hamil ini terjadi karena di dalam tubuhnya terkandung “makhluk asing”. Dinamakan demikian karena bayi memiliki sebagian gen dari Ibunya dan sebagian lagi dari ayahnya. Hal inilah yang membuat para Ibu hamil seringkali mengalami perasaan seperti itu.

Seorang Ibu hamil pasti akan mengalami mual, muntah, rasa nyeri dan hilangnya nafsu makan. Semua hal tersebut terjadi karena adanya perubahan besar-besaran dari tubuhnya, baik itu perubahan kimiawi ataupun perubahan hormonal. Bayi yang semakin membesar juga akan membuat Ibu sering terasa pegal dan sesak.

Namun keluhan yang dialami Ibu saat hamil tidak hanya disebabkan oleh kehadiran bayi dalam kandungannya tapi juga penyakit yang sudah ada sebelum Ibu hamil. Beberapa jenis penyakit yang paling sering menambah masalah atau keluhan kehamilan adalah diabetes dan tekanan darah tinggi. Jadi bisa dibilang kalau keluhan kehamilan Ibu akan semakin meningkat jika dia memang sudah memiliki penyakit berbahaya sebelum kehamilan. Tapi Ibu tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara yang bisa Ibu lakukan untuk mengatasi mual dan muntah saat hamil

Selain itu, keluhan ini biasanya akan menghilang setelah kehamilan memasuki trimester kedua atau pada bulan keempat. Pada fase ini, Ibu harus tetap memperhatikan kebutuhan gizi dan nutrisi. Bahkan Ibu harus bisa mencukupi asupan nutrisi karena sudah tidak lagi mengalami mual dan muntah sehingga makanan bisa masuk dengan mudah. Yang terpenting adalah Ibu tidak boleh terlalu lelah, mendapatkan istirahat yang cukup, rajin memeriksakan kandungan dan mengkonsumsi makanan yang sehat serta bergizi untuk menjaga kesehatan janin dalam kandungan.

LEAVE A REPLY