Cara Menabung Biaya Pernikahan untuk Anda yang Bergaji 3 Jutaan

Sekarang ini, semua hal serba mahal apalagi sejak pemerintah menetapkan kenaikan pajak sampai bahan bakar yang pastinya akan membuat biaya hidup melonjak drastis.

Persoalan materi memang tidak pernah ada habisnya, apalagi bagi Anda yang sekarang ini sudah merencanakan untuk menikahi pujaan hati. Dengan nyaris semua harga mengalami kenaikan, Anda yang bergaji 3 jutaan perbulan mungkin akan makin dibuat pusing. Bahkan mungkin Anda sekarang justru berpikir kalau menikah itu menakutkan. Bukan hanya karena tanggung jawab yang akan Anda pikul, tapi juga biaya pernikahan yang sangat besar, belum lagi memikirkan biaya hidup sehari-hari.

Anda sendiri mulai stres memikirkan biaya pernikahan Anda? Tunggu dulu, meski biaya pernikahan memang tidak murah dan gaji Anda masih sesuai standar UMP, bukan berarti Anda tidak bisa menikmati indahnya pernikahan. Anda tahu biayanya mahal, lantas kenapa sejak sekarang Anda tidak mulai menabung?

Menabung Biaya Pernikahan oleh SegiEmpatNah, untuk Anda yang bergaji 3 jutaan, saya punya beberapa cara menabung biaya pernikahan yang bisa Anda terapkan mulai sekarang.

Pastikan Anda Menyisihkan 30 Persen dari Gaji Anda

Normalnya 30 persen dari gaji setiap bulan itu harus ditabung, bahkan 30 persen ini adalah jumlah yang paling ideal menurut pakar keuangan. Jadi jika gaji Anda 3 jutaan berarti setiap bulan Anda harus bisa menyisihkan setidaknya 900ribu setiap bulannya. Bayangkan, dalam 1 tahun Anda bisa mengumpulkan 10 juta lebih. Kalau memang masih belum cukup Anda bisa menambah nominal yang Anda tabung setiap bulan.

Atur Setiap Pengeluaran Anda

Nah, yang paling sering jadi masalah bagi banyak orang adalah gaya hidupnya. Mulai sekarang Anda harus bisa mengubah itu demi mendukung program menabung Anda setiap bulan. Bukan berarti Anda harus betul-betul berhemat tapi Anda harus bisa mengatur setiap pengeluaran Anda. Hilangkan semua pengeluaran yang tidak penting atau tidak terlalu mendesak. Misalnya cicilan ponsel, televisi dan lain sebagainya yang merupakan kebutuhan sekunder Anda. Gak lucu kan kalau Anda mengeluh tidak punya uang tapi Anda punya 3 ponsel dengan harga masing-masing yang hampir 10 juta?

Berpartner dengan Pasangan

Karena ini pernikahan Anda dengan kekasih, berarti Anda bisa ikut melibatkannya untuk menabung biaya pernikahan Anda berdua. Toh kebahagiaan yang Anda kejar adalah kebahagiaan Anda berdua bukan?

Anda bisa ikut memintanya menyisihkan 30 persen dari gajinya, jika ia juga bekerja tentunya. Dalam setahun Anda berdua bisa mengumpulkan 21,6 juta dan dalam dua tahun tentu nominal tersebut akan berlipat.

Buat yang Sederhana atau Manfaatkan Bantuan Teman

Ada banyak hal yang membuat biaya pernikahan itu jadi mahal. Mulai dari venue, makanan, undangan, pakaian sampai foto pre wedding. Semua komponen itulah yang sangat menelan biaya.

Kesalahan banyak orang, mereka merancang pernikahan yang mewah bahkan sampai semua “perangkat pendukung” yang digunakan berasal dari brand ternama. Pernikahan yang seharusnya menjadi momen sakral dan bahagia justru seperti ajang pamer kekayaan, meski faktanya dibalik itu mereka menderita.

Nah, selain menabung Anda juga bisa menyusun rencana pernikahan yang sederhana. Tidak perlu mahal, menyewa tempat mewah yang mahal atau makanan mahal, yang Anda butuhkan cukup pernikahan sederhana. Bahkan Anda bisa memanfaatkan bantuan teman yang tentu bisa memberikan Anda harga yang “miring”.

Avatar
Imran Syah Hafied
Senang membaca, menulis, bermain basket, nonton MotoGP, bermain game dan semua hobi lain yang tidak saling berkaitan satu sama lain (aneh). Pria penggemar musik berat nan cadas, namun juga mampu bertoleransi dengan musik melayu dan India tradisional jika dibutuhkan.

More from author

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel terkait

Advertisment

Artikel terbaru

4 Pertanyaan Besar Terhadap Asmara Anda

Dalam sesuatu hubungan yang Anda jalani dengan kekasih, Anda tentunya sudah mengalami berbagai bentuk ujian dan cobaan. Cobaan ataupun ujian sendiri kadang kala bisa...

5 Sikap Terbaik Saat Bertemu Sang Mantan

Hubungan asmara yang kandas, jangan sampai membuat Anda menjadi sempit berfikir. Mengambil hikmah dan menjadi pribadi yang tidak pendendam dapat membuat Anda bisa menikmati...

Beberapa Momen Memalukan Saat ‘First Date’

Suatu hubungan asmara tentunya terlebih dahulu diawali dengan tahap pendekatan. Hal ini tentunya bertujuan agar masing-masing bisa lebih saling mengenal karakter dan kepribadian satu...