" Terbang menuju dekade pertama,
tetap kuat tetap menjulang"

" Terbang menuju dekade pertama, tetap kuat tetap menjulang"

Cara Jitu Mengumpulkan Biaya Nikah

Menikah bukan hanya sekedar cinta tapi ada tanggung jawab yang besar dan tentu saja biaya yang tidak sedikit. Banyak pria yang tentu merasakan ini, apalagi kalau Anda tidak terlahir di keluarga yang langsung memberikan Anda kunci mobil sejak Anda lahir.

Biaya nikah sekarang sudah jadi salah satu masalah yang banyak dipusingkan pria, apalagi umumnya pihak mempelai wanita cenderung ingin sebuah pernikahan yang megah. Dimana itu pastinya akan menelan biaya yang tidak sedikit. Tapi tenang, bukan berarti Anda boleh membiarkan diri Anda jadi kehilangan semangat. Apalagi sampai membuat Anda memilih untuk membiarkan wanita yang Anda cintai menikah dengan pria lain. Ayolah jangan jadi pecundang seperti itu!

Cara Mengumpulkan Biaya Nikah oleh SegiEmpatMeski cukup berat bukan berarti Anda tidak bisa, yang salah itu kalau Anda justru membiarkan gaya hidup Anda yang parlente ketimbang mengumpulkan biaya pernikahan Anda. Karena itu saya punya beberapa cara mengumpulkan biaya nikah, yang mungkin bisa membantu Anda. Kenapa mungkin? Karena semuanya kembali pada Anda sendiri.

Mulai dengan Hutang

Umumnya hutang adalah sektor pengeluaran yang paling sering mencekik. Bagaimana tidak, anggaplah gaji Cuma 2 juta tapi hutang mencapai 1,5 juta. Mulai dari cicilan hp, motor dan kebutuhan-kebutuhan sekunder lainnya. Apakah dengan pendapatan 500 ribu bisa mencukupi kebutuhan hidup Anda? bagaimana dengan biaya nikah?

Tentu sangat mustahil untuk bisa mengumpulkan biaya nikah yang puluhan juta dengan uang 500 ribu apalagi faktanya 500 ribu belum terpotong dengan biaya hidup Anda. Karena itu langkah paling pertama yang Anda butuhkan adalah melunasi semua hutang-hutang Anda.

Susun Anggaran dengan Bijak

Selanjutnya tentu dengan perencanaan yang matang dan bijak. Dari sekarang penting agar Anda mulai membagi-bagi pos pengeluaran Anda setiap bulan. Mulai dari uang makan, uang bensin dan pengeluaran-pengeluaran lainnya. Hilangkan pos-pos pengeluaran yang tidak penting, misalnya uang traktir teman di kafe atau mungkin biaya gaya hidup parlente Anda. Ganti gaya hidup Anda dan alihkan untuk menabung biaya nikah.

Investasikan Gaji

Opsi untuk berinvestasi juga bisa Anda lakukan. Bahkan ini salah satu cara paling jitu agar biaya nikah Anda lebih cepat terkumpul, apalagi kalau ditambah dengan perencanaan anggaran yang tepat. Hanya saja pastikan Anda pintar-pintar memilih jenis investasi. Seperti investasi yang punya risiko gagal yang tinggi apalagi investasi bodong.

Ajak Pasangan Bekerjasama

Tidak selalu pihak pria yang harus menanggung semua biaya pernikahan. Pihak wanita juga bisa diajak untuk ikut berpartisipasi, apalagi kebahagiaan untuk Anda berdua bukan? Bukan hanya untuk dia saja.

Anda bisa mengajak pasangan Anda ikut berinvestasi atau membuka rekening bersama, agar Anda berdua bisa saling menyisihkan gaji sebagai biaya nikah nanti. Namun hal ini akan sulit tercapai jika Anda malu atau gengsi, seperti yang banyak dilakukan pria di luar sana. Anda harus terbuka satu sama lain, khususnya perihal masalah keuangan.

Imran Syah Hafied
Imran Syah Hafied
Senang membaca, menulis, bermain basket, nonton MotoGP, bermain game dan semua hobi lain yang tidak saling berkaitan satu sama lain (aneh). Pria penggemar musik berat nan cadas, namun juga mampu bertoleransi dengan musik melayu dan India tradisional jika dibutuhkan.

More from author

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel terkait

Advertismentspot_img

Artikel terbaru

4 Hal yang Dibenci Pria Ketika Bertengkar Dengan Kekasihnya & Cara Mengatasinya

Tidak ada yang akan menjaimin pastinya bahwa saat Anda menjalin suatu hubungan asmara dengan seorang pria Anda pun kemudian tidak akan bertengkar ataupun berselisih...

Cara Bijak Melupakan Mantan

Sangatlah menjengkelkan jika Anda sedang buru-buru tapi Anda lupa dimana terakhir menaruh kunci kendaraan Anda. Atau ingin menuliskan jawaban pada lembar ujian, tapi lupa...

4 Cara Tetap Mesra di Saat Anda Sibuk Mempesiapkan Pernikahan

Ujung dari sebuah hubungan asmara yang terjalin oleh seseorang dengan pasangannya bukan berpisah, melainkah pernihan adalah kondisi utuh yang mengeratkan mereka satu sama lain....