Tips Melupakan Mantan Kekasih Walaupun Anda Masih Mencintainya

4. Berusahalah Untuk Berbagi Dengan Orang Lain

Anda pasti sudah pernah mendengar ungkapan bahwa cinta itu buta. Pada kenyataannya, cinta memang seperti itu. Saat Anda masih menyayangi sang mantan, akan sangat sulit bagi Anda untuk mengambil nilai positif dari perpisahan dan move on dari mantan. Ini wajar, karena berbicara soal cinta, Anda akan condong lebih berpikir dengan ‘hati’ ketimbang dengan logika.

Ada baiknya jika Anda membagikan keluh kesah Anda kepada orang lain. Mungkin keluarga atau sahabat. Tapi yang sangat penting adalah berbagi keluh kesah kepada mereka yang berada pada titik netral. Dalam hal ini, mereka yang bukan sahabat atau bahkan tidak mengenal mantan Anda. Ini penting karena yang Anda butuhkan dalam kondisi ini adalah orang yang dapat memberikan Anda pandangan yang logis dan netral.

Tim Asmara SegiEmpat juga memberikan layanan konsultasi asmara gratis untuk Anda. Anda dapat mencurahkan keluh kesah Anda via email lewat form ini. Kami telah melayani ratusan bahkan ribuan curhatan dan konsultasi asmara para pembaca SegiEmpat dari berbagai latar belakang dan kasus yang berbeda. Tentu saja, karena tidak saling mengenal, tim kami dapat memberikan Anda jawaban paling netral dan positif untuk Anda berdasarkan pengalaman kami menulis tips asmara dan membantu para pembaca yang berkonsultasi sejak 2012.

Satu hal yang perlu Anda ingat adalah perpisahan bukan akhir dari dunia. Melupakan mantan, seperti apapun dia, bukanlah hal yang mustahil. Anda hanya perlu tahu bagaimana cara bersikap yang benar untuk menghadapi sebuah perpisahan dan menggunakan perpisahan tersebut sebagai senjata yang kuat untuk mendapatkan hubungan yang lebih berkualitas di hari kemudian.

Avatar
Ardiansyah Arafah
Penggebuk drummer yang juga hobi menuangkan isi pikirannya dalam bentuk tulisan. Kebanyakan tulisannya berbentuk tips dan trik percintaan yang tampaknya diangkat dari pengalaman pribadinya saat sering menjadi sasaran timpuk penonton waktu manggung (heh?)

More from author

70 COMMENTS

  1. Cinta.. lagi-lagi cinta. Memang saya juga pernah merasakan hal demikian. ini pengalaman saya pribadi tenang bagaimana agar bisa move on dari mantan kekasih

  2. Melupakan seseorg yg pnh singgah mmang tk mudah tuk d lkukan.tp krn pngkhianatan bagiQ itu SYETAN yg hrs d usir dr khdupan diri.

    • Klo menurut sy sih mending cuekin aja, jgn sampe doi cm jadiin mba’ sbgai pelarian kalo doi lg bosen ama pacar barunya,, πŸ™‚

  3. Tolong kasih solusi pada saya yg tlh lama ditinggalkn pacar tetapi hati saya tak mau berpindah biarpn saya sudah ada pengganti.

    • Perasaan emang gak pernah bisa bohong,, tapi saran sy sih sebaikny mbak mulai bandingin baiknya pcr mba’ yg skarang dgn kebusukan si mantaan krn bagaimanapun pcr mba yg skr adalah pria yang mungkin lebih sayang ama mba’,, semoga bermanfaat πŸ™‚

  4. Minta solusi dong..
    Saya pu.a mantan uda 5 thun lebih putus, tp kami berdua masi saling sayang. Namun orang tua lelaki tidak merestui hubungan kami berdua..

  5. kpa ya sampy skrg aku blm bsa lupain mntn sedangkn mntn aku udh nikah tapi kpa aku blm bsa lupain mntn aku 5tahun aku pacran am mntn aku jdi aku tu brat untk lupain mntn zku skt hati

  6. klo putus krn hitungan gk co2k
    dh hmpir 2 thn lost kontak tpi skrg hbungn lgi tpi q dh punya cwok

    so gk mnytup kmugkinan cnta n ctanx masih ada krn tdk ada peghianatn solusinya gi mna???

  7. Sabar dan ikhlaskan dia, berusaha tegar dan relakan semua. Jangan lupa selalu mendoakan kebaikan untuknya. Dia bukan untukmu, tapi untuk orang lain

  8. Bagus sekali,
    Saya mau bertanya, dulu saya sudah move on pada mantan saya,tapi berhubung akhir” kemarin mantan saya selalu menghubungi saya , saya susah move on lagi ..

  9. bantu saya juga donk, saat ini benar-benar sulit untuk saya,
    saya sangt sulit untuk melupakan mantan saya
    saya sdh sangat tulus mencintainya tp dia tiba-tiba minta pisah tanpa alasan yang jelas.
    sudah 7 bulan semenjak dia minta pisah tp sampai sekarng saya belum bisa melupakan dia. semntara dia sdh terbiasa tanpa saya. bantuannya dong lagi drop banget nih rasanya berat banget tiap bangun pagi. dan selalu mengeluarkan air mata. capek gue gini trus dan gue bingung

    • saran saya simpel, LUPAKAN! cari kebusukanny! emang susah sih klo dari mbakny sendiri yg emang yg gak lupain, sekarang sy tanya deh 7 selama 7 bulan gmana rasanya? sakit kan? trus napa masih dilanjutin? bullshit klo cinta sejati harus meneteskan air mata, bullshit klo cinta sejati itu nyakitin krn cinta sejati itu perasaan cinta titik. Klo emang harus nangis, sedih dan sakit hati itu BUKAN! cinta sejati!

      • sama kisahnya dg saya.tp bedanya saya baru mlm td di putusin tanpa alasan yg jelas.pdhal ortunya setuju bgt sm saya.saking sakitnya smpe gk bs nangis tapi mlah jd masuk igd gara2 jantung saya sesak dan sesak napas..pengen jerit tp gk bs.gimana bs move on kl smw kejelekan dy tertutupi oleh rasa cinta yg besar bgt,mohon solusinya biar saya cepat lupa sama dy mas

  10. minta solusinya dong….

    gimana caranya ngelupain cewek yang jelas jelas selingkuhin aku tapi aku sangat sayang ma dia…
    sangat sayang, sangat berharap, dan srius ma dia,…..
    sulit banget tuk nglupain dia, begitu bnyak kenangan bersama nya, tapi pada akhirnya dia ninggalin aku bgitu saja…
    dia bilangnya mau fokus kuliah dulu, tapi tdk mau putus ,ehh setelah beberapa hari dia brani ngup load foto laki laki lain di akunnya… sakitttt bnget

  11. Aku dari beberapa bulan yg lalu sampe skrg belum bisa move on dri mantan pacar.aku ngerasa juga kalo dia itu jodoh aku,,walaupun beberapa kali mencoba untuk move on itu tetep ga bisa!!hati aku ga bisa berpaling dri diaa..
    Tips nya gimana tuhh??

  12. Aku minya saran nya dong
    aku baru kemarin itu pisah sama seseorang yg spesial di hati ku, tapi kita belum sempat pacaran, tp dia sering mengaku sayang kpd saya begitu sebaliknya. Tapi kemarin setelah dia mengakui bahwa dia sayang di dua orang. Saya kaget, setiap mau tdr pasti meneteskan air mata, apa yg harus saya lakukan agar tdk seperti ini?

  13. aku juga donk knp ya sudah ad satu tahun ini saya putus dari mantan saya tapi saya masih mengingat nya dan mash memikirkan nya

  14. It was hard to find this post in google, but i am glad i found your interesting page.
    You deserve for much more traffic. Your niche is
    not so difficult to rank in google, there is one effective
    method to rank, search in google for: Rotia knows how to rank

  15. saya putus udah 5 bulan yang lalu, saya baru tahu kmren klo mantan saya udah punya yang baru, awalnya saya tidak tahu gan, saya berusaha buat move on itu sudah cuma karena ada kabar dia udah punya yang lain saya jd susah buat move on nya lagi, gimana sih caranya biar cepet lupa dengan mantan tapi mantan saya aja nanyain saya kabar mulu .., kasih saran ya guys thank …

  16. The scales so far continue to swing among these two.
    So make sure that you have some free time to concentrate on the game
    ‘ otherwise you are doomed to fail. Some years back these people were not so common because the trend of computer applications
    was not so common.

  17. Before purchasing a Gaming PC, always check the features
    of the following key components:. Remove the checkmark
    from the checkbox labeled Hide extensions for known file types.
    This particular attitude is often displayed through your equipment.

  18. Unigine Heaven DX11 Benchmark’Heaven’ is a benchmark that puts
    GPU under extreme stress by cranking out gorgeous visuals in Direct – X 11 and Open –
    GL 4. You will receive a lot of different results or you can play directly
    in the website of Disney. If you spend too much cash on a
    gaming PC now, in future you will spend extra as the PC will finally become obsolete.

  19. 8 thn aq pacaran skrg putus dah 8bln yg lalu. aq msh blm bs melupakannya aq msh mencintainya.. sangat sulit bagiq tuk mlupakan dia sll ada di hatiq stiap ingat dia aq sΔΊl nangis dadaq trasa sesak sakiit banget…

  20. w pngn ktmu dia n critain smua
    tp gk brni & keadaan w serba slh skrg
    w gk di block sih, cm didelcon, w brhrp dia gk bnci w
    mgkn krn gk ad ksmptn say gdbye makany jd sush move on
    dia baik bgt dlm sgla hal

  21. Memang sulit melupakan mantan kekasih apalagi kalau pada saat putus masih ada cinta, tapi bila kita terus mengingat penyelewengan yang dia lakukan saya yakin kita akan cepat melupakan dan dapat segera move on

  22. memang sulit untuk melupakan sang mantan,.apalagi cinta pertama aku sendiri sudah 15th, sampai sekarang masih ingat terus terlalu banyak kenangan indah…

  23. Minta saran dunk… q ru j pts ma calon istriq 1 blanan… q pacaran dh 8 tahun… 3 bulan lagi nikah.. tp calon istriq slingkuh dengan ttangganya.. dn dy mmilih lbih baik khilangan q dari pd slingkuhan e… tp pek skrg q gk isa move on krna q cnt bgt ma mantanq… tlong kasih saran spaya q bsa bangkit mrakit masa dpn….

  24. Ternyata banyak yg tersakiti enggak wanitanya nggak juga laki laki nya yg ninggalin ternyata sama saja cinta itu melambangkan semuanya aq juga ternyata ngerasain rasa sakit itu 7 taun aq bangun kisah cinta bersamanya Dan pada akhirnya aq yg tersakiti sakit bgt ibarat tak tandor pari jebol tukule suket teki hadeh sakit

  25. Bahagia bngt sm dia dimanja serasa jd ratu klo lg sm dia biar dibilang seumur jagung tp rasanya ky udh bertahun2..suatu hari entah memang sudah skenario dia atau ga dia mutusin yg alasannya ga masuk akal aku ga bisa terima keputusannya karna aku ga ngerasa ada salah sm dia.. 4 bulan sudah berlalu.. Tp ttp aja ga bisa lupa sm dia padahal nyata dia udh jahat bngt.. Kadang terbesit hati pengen bngt bls rasa sakit ini tp aku serahin aja sm tuhan.. Cuma tuhan yg pantes bls dn ksh dia rasa sakit yg seperti apa nanti..bener2 aku sakit hati bngt km buat aku ky gini skrg… Semoga tuhan cepat memberimu hidayah…

  26. Saya punya mantan baru tgl 16 ini putusnya, jalan sdah 5,6 tahun, rencan mau nikah tahun ini, tau2nya putus pas tgl 6 februari, pas tgl 13 dia sdah punya pacar, giliran aku minta balik dia cuman ngomomg ke aku katany nggak usah berharap lagi sama dia, dia sdah sayang sama pacarnya skrg, tpi dia curhat sama tmnku katanya dia nggak punya pacar, tpi pas aku minta balik lagi dia nge screnshoot in chatnya sama cowok barunya, aku bgung mau gimana, padahal sdah terlanjur syg sama dia. Tpi dia kyknya sdah tdk mau lagi sama gue, berkali2 aku ajak ketemu tpi dianya nggak mau, ku coba ikhlaskan tpi kalau abis bangun tdur pasti langgsung inget dia, sesak di dada, ada solusi nggak gan

  27. Gan, gue putus sma pacar gue gara” gue posesif tpi gue posesif bukan berati gue mau ngatur hidup dia tapi itu cara gue sayang sma dia dan pas putus tggl 24 kemarin dia bilang benci dll. Padahal kami sudah janji kalo kita putus akan jadi sahabat deket tapi dia benci sma gue dan parahnya dia cari cwok yg lebih dri gue yang hanya liat fisik tapi bukan kesetiaan …
    Tolong tipsnya gan cara move on dari dia

  28. Gimana kalau kita diputusin si cowok tapi dia masih suka ngelarang gitu,sampai akhirnya sy pergi sm teman temannya dia emosi dan memblokir semua akun sosmed saya, tp saya pengennya dia ngejar sy lg karna sy diputusin ngerasa ga ada salah dan dia pun udh sering kali mutusin, jd gmn ?

  29. Gimana tips lupain orang yang udh tulus bgt aku cintain sampe2 aku yg masih SMA ginii rela putus sekolah dan nikah dengan dia,, tapi nyatanya dia cmn kasih pengharapan di awal ajaaa di akhir dia ngasih penjelasan kalo cmn sebatas adik dan gapernah bakal jadian sama dia sediih,, beraat,, apalagi untuk ngelupain kebiasaan2 bareng yg udh kita lakuin bareng,, dan dia ini dokter,, grgr kejadian ini aku jadi trauma klo denger kata dokter?? pliis bantu aku lupain dia dan bisa buka hati untuk pria lain,,

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel terkait

Advertisment

Artikel terbaru

4 Pertanyaan Besar Terhadap Asmara Anda

Dalam sesuatu hubungan yang Anda jalani dengan kekasih, Anda tentunya sudah mengalami berbagai bentuk ujian dan cobaan. Cobaan ataupun ujian sendiri kadang kala bisa...

5 Sikap Terbaik Saat Bertemu Sang Mantan

Hubungan asmara yang kandas, jangan sampai membuat Anda menjadi sempit berfikir. Mengambil hikmah dan menjadi pribadi yang tidak pendendam dapat membuat Anda bisa menikmati...

Beberapa Momen Memalukan Saat ‘First Date’

Suatu hubungan asmara tentunya terlebih dahulu diawali dengan tahap pendekatan. Hal ini tentunya bertujuan agar masing-masing bisa lebih saling mengenal karakter dan kepribadian satu...