4 Tips Move On Pasca Putus Setelah Lama Berpacaran

Hubungan yang tidak stabil merupakan sebuah risiko yang harus Anda terima dalam menjalin hubungan Asmara dengan pasangan Anda. Parahnya dalam hubungan yang telah Anda jalani, kandas dengan si dia. Perasaan sedih tentunya menjadi kondisi hati Anda pun menjadi kondisi yang pada umumnya dialami bagi sebagian besar orang yang mengalami putus cinta. Fase terberat pada kondisi tersebut terjadi pada minggu-minggu awal ketika Anda sudah tidak bersama lagi dengan mantan pasangan Anda.  Menjadi single pasca putus hubungan memang bukan hal yang mudah untuk dilewati. Perasaan kesepian setelah ditinggalkan pasangan, ditambah semua teman di sekeliling Anda sudah memiliki kekasih akan terasa sangat menyebalkan. Putusnya suatu hubungan asmara tidak pantas membuat Anda menjadi terpuruk, melainkan mengambil hikmah yang dapat kita temukan dan tentunya masih banyak hal positif yang lebih bermanfaat untuk meningkatkan kualitas diri Anda. Seperti mendapatkan kebebasan juga melatih kembali kemandirian. Move on atau melanjutkan hidup apalagi setelah pacaran lama memang bukanlah hal yang mudah. Anda pasti merasa sangat sia-sia. Bukan hanya sia-sia waktu, tapi seluruh pengorbanan dan usaha–usaha yang sudah dilakukan selama hubungan bersama sang mantan. Meski begitu, Anda harus sadar bahwa tidak ada hubungan yang bisa dipaksakan. Anda harus menerima kenyataan bahwa hubungan Anda memang sudah berada di titik akhir, di mana Anda dan dia harus menginzinkan diri untuk mendapatkan pasangan yang lebih baik.

Mencari kesalahan dan menyalahkan diri sendiri adalah hal kurang bijak untuk memperbaiki diri Anda. Segala keputusan Anda sudah diambil dan saat belajar untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Hal tersebut baik Anda sadar ataupun tidak sadari akan membuat diri Anda semakin semangat dalam menjalani hidup dan tentunya Anda bisa Move On dari si dia. Berikut adalah tips ‘move on’ dari psikolog Roslina Verauli, M.Psi, antara lain :

1. Menangis

Bersedihlah. Tidak ada yang salah dari menangis dan merasa sedih. Ini akan membantu Anda melepaskan segala perasaan negatif di dalam diri. “Ada banyak orang perempuan atau laki-laki membenahi (perasaan sedihnya) dengan rasional. Semakin menyangkal emosi negatif saat putus cinta dan berpura-pura baik-baik saja akan lebih sulit move on. Jujurlah pada perasaan Anda,” ujar psikolog yang berpraktek di Rumah Sakit Pondok Indah, Jakarta itu.

2. Benahi Emosi

Putus dapat ‘mengaduk-aduk emosi’ Anda. Psikolog yang akrab disapa Vera menyarankan agar benahi emosi Anda terlebih dahulu. “Bukan membicarakan mantan, tapi curhatin emosinya pada teman atau psikolog. Akui ‘saya sedang sedih’, ‘saya tertekan’.”

3. Sibukkan Diri

Ketika perasaan sudah netral, sibukkan diri Anda. Anda bisa kumpul dengan orang terdekat, melakukan ‘my time‘ seperti spa atau liburan mini ke luar kota atau mencoba hobi baru.

4. Jangan Pernah Memaksakan Balikan dengan Mantan

Perasaan ingin kembali dengan mantan kekasih di awal putus cinta memang masih menggebu, tapi ingat Anda tidak bisa memaksakan perasaan dan keadaan. Anda pasti akan sangat merasa kehilangan si dia, tapi kembali bersama bukanlah satu-satunya solusi. Anda harus bergerah maju dan tidak perlu lagi mengingat-ingat masa lalu. Vera menyarankan, coba dekatkan diri dengan tuhan untuk membantu perasaan Anda lebih lega.

Avatar
Ardiansyah Arafah
Penggebuk drummer yang juga hobi menuangkan isi pikirannya dalam bentuk tulisan. Kebanyakan tulisannya berbentuk tips dan trik percintaan yang tampaknya diangkat dari pengalaman pribadinya saat sering menjadi sasaran timpuk penonton waktu manggung (heh?)

More from author

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel terkait

Advertisment

Artikel terbaru

4 Pertanyaan Besar Terhadap Asmara Anda

Dalam sesuatu hubungan yang Anda jalani dengan kekasih, Anda tentunya sudah mengalami berbagai bentuk ujian dan cobaan. Cobaan ataupun ujian sendiri kadang kala bisa...

5 Sikap Terbaik Saat Bertemu Sang Mantan

Hubungan asmara yang kandas, jangan sampai membuat Anda menjadi sempit berfikir. Mengambil hikmah dan menjadi pribadi yang tidak pendendam dapat membuat Anda bisa menikmati...

Beberapa Momen Memalukan Saat ‘First Date’

Suatu hubungan asmara tentunya terlebih dahulu diawali dengan tahap pendekatan. Hal ini tentunya bertujuan agar masing-masing bisa lebih saling mengenal karakter dan kepribadian satu...