Mengatasi Trauma Karena Mantan Kekasih Selingkuh

mengatasi trauma karena mantan selingkuh oleh Asmara SegiEmpatSaat tahu kekasih selingkuh, pasti Anda akan merasa begitu sakit hati dan akan merasa dendam kepadanya. Bahaya selingkuh memang berdampak dalam terhadap psikologis orang yang dikhianati walaupun hubungan tersebut sudah lama berakhir. Namun tahukah Anda kalau menyimpan perasaan seperti itu hanya akan membuat hidup Anda menjadi semakin sengsara. Anda akan sulit untuk move on dan tidak bisa lagi mempercayai pria lain. Jika sudah begini, maka Anda akan sulit untuk mendapatkan pasangan. Dan bahkan jika sudah mendapatkan pasangan, Anda akan berusaha mencegah pacar selingkuh dengan cara yang berlebihan dan tidak wajar lagi, yang malah hanya menimbulkan masalah-masalah ketidakcocokan baru.

Meskipun memaafkan adalah hal yang sulit untuk dilakukan serta membutuhkan waktu dan proses, tidak ada salahnya jika Anda mencoba untuk melakukannya.

Bagi Anda yang trauma karena mantan kekasih selingkuh, berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatasinya:

  • Belajar Memaafkan Diri

Cobalah untuk memaafkan diri Anda sendiri sebelum memaafkan roang lain. Karena terus menerus memikirkan mantan dan memiliki perasaan negatif hanya akan membuat Anda semakin kecewa. Akan lebih baik jika Anda menerima kenyataan, memaafkan diri sendiri dan menjauhkan perasaan negatif.

  • Melakukan Introspeksi

Bisa jadi perselingkuhan yang dilakukan oleh mantan kekasih karena adanya kesalahan dalam hubungan asmara. Kalau dia merasa nyaman, tidak mungkin dia melakukan perselingkuhan. Oleh karena itu cobalah untuk melakukan introspeksi dan mencari tahu, sapa tau saja kesalahan berasal dari Anda.

  • Mengungkapkan Lewat Tulisan

Cobalah untuk menuliskan sebuah surat yang isinya kenapa Anda belum juga memaafkan mantan dan kenapa Anda harus memberinya maaf. Setelah selesai, segera robek surat tersebut. Dia tidak perlu tahu tentang isi hati Anda, yang penting perasaan Anda sudah lebih lega.

  • Tidak Curhat Kepada Banyak Orang

Curhat memang menjadi salah satu cara untuk membuat perasaan menjadi lebih lega. Namun jangan sampai Anda menceritakan kesalahan mantan kepada banyak orang. Hal ini justru akan membuat Anda lebih galau karena mantan, pasalnya saat curhat Anda akan lebih banyak menerima saran dan bukan solusi.

  • Fokus dengan Tujuan Hidup

Daripada terus mengingat mantan kekasih, lebih baik Anda fokus pada tujuan dan keinginan Anda. Buatlah daftar hal-hal yang ingin Anda lakukan agar Anda bisa melupakannya.

  • Memutuskan Semua Komunikasi Dengan Mantan

Jika Anda sudah bisa menerima keadaan dan memaafkan mantan tapi Anda masih merasa sakit, sebaiknya Anda tidak memaksakan diri untuk kembali bertemannya. Hal ini hanya akan membuat Anda semakin terluka dan sakit hati. Oleh karena itu, biarkanlah luka Anda sembuh dulu.

Avatar
S. Gelmani Rabiah
Seorang wanita yang senang membaca, traveling, main game dan bela diri. Sangat suka dengan sesuatu yang rumit dan menantang.

More from author

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel terkait

Advertisment

Artikel terbaru

4 Pertanyaan Besar Terhadap Asmara Anda

Dalam sesuatu hubungan yang Anda jalani dengan kekasih, Anda tentunya sudah mengalami berbagai bentuk ujian dan cobaan. Cobaan ataupun ujian sendiri kadang kala bisa...

5 Sikap Terbaik Saat Bertemu Sang Mantan

Hubungan asmara yang kandas, jangan sampai membuat Anda menjadi sempit berfikir. Mengambil hikmah dan menjadi pribadi yang tidak pendendam dapat membuat Anda bisa menikmati...

Beberapa Momen Memalukan Saat ‘First Date’

Suatu hubungan asmara tentunya terlebih dahulu diawali dengan tahap pendekatan. Hal ini tentunya bertujuan agar masing-masing bisa lebih saling mengenal karakter dan kepribadian satu...