Jika Pacar Anda Pencemburu, Jujurlah Tentang Mantan(-mantan) Anda

Mantan adalah satu kata yang punya efek luar biasa, tidak hanya bisa membuat kita yang tadinya senang tiba-tiba jadi emosian tapi juga bisa jadi uring-uringan penuh dendam.

Faktanya istilah “Mantan” memang kadang dianalogikan sebagai hal yang negatif. Pada saat mendengar kata “mantan”, telinga kita langsung mawas. Bahkan seketika mendengar kata mantan saja tanpa sadar dapat membuat keringat bercucuran dengan tatapan mata yang penuh waspada. Hal itu terjadi karena kata mantan sering megingatkan kita pada memori pada sebuah hubungan di masa lalu, kadang memori itu sangat indah atau malah membuat kita teringat pada pahitnya percintaan. Anda tentu pernah merasakannya bukan?

Ya seperti itulah kata mantan itu bahkan, pada saat telah memiliki kekasih baru, mantan pun sering kali membuat kekasih menjadi sensitif. Tidak menjadi masalah jika kekasih kita bukanlah seorang pencemburu. Tapi lain lagi ceritanya jika kekasih adalah seorang pencemburu. Karena tidak bisa dipungkiri jika biasanya mantan ingin merajut kembali tali silahturahmi yang telah terputus di masa lalu. Tanpa memiliki maksud sedikit pun untuk mengganggu hubungan anda dengan kekasih, dia berusaha membangun kembali hubungan yang sempat terputus di masa lalu. Di momen itulah kadang menjadi masalah.

Tak jarang, jejaring sosial dipilih untuk berkomunikasi dengan anda. Alternatif ini biasanya dipilih jika mantan merasa kesulitan menghubungi nomor telepon anda. Sebab, pada saat anda memutuskan hubungan dengannya dan memiliki kekasih baru yang pencemburu, tentu kekasih akan meminta anda untuk menghapus nomor telepon mantan. Dan anda tidak dapat berkutik jika kekasih meminta anda untuk melakukannya. Karena jika tidak dilakukan, bisa-bisa terjadi pertengkaran hebat.

Nah, itikad yang baik untuk kembali menjalin tali silahturahmi dengan mantan kekasih ini kadang dinilai “berbeda” oleh kekasih anda. Bisa saja dia berpikir bahwa anda ingin kembali mengenang memori indah bersama sang mantan di jejaring sosial atau bahkan dia berpikir Anda akan meninggalkannya dan akan merajut cinta dengan mantan kekasih. Karena ketakutan itu tak jarang pasangan Anda jdi berubah, bisa jadi lebih peka, lebih sensitif bahkan bisa jadi tiba-tiba jadi possesif.

Pada saat hal itu terjadi, sangat tidak tepat jika Anda malah memprotes perubahan pasangan Anda. Tapi sebaiknya Anda lah orang yang harus menyikapinya dengan bijak. Jangan pernah memihak siapa pun. Karena wanita itu tidak suka dibandingkan dan juga sangat benci disakiti. Dengan menjelek-jelekkan mantan, maka anda akan menyakiti hati seorang wanita. Beberapa tips berikut semoga dapat membantu anda.

Berkata Jujurlah pada Pacar Anda

Kejujuran merupakan suatu awalan yang baik dalam membina suatu hubungan. Jika anda dapat berkata jujur pada kekasih anda mengenai mantan, berarti anda bisa menghargai hubungan anda dengan kekasih anda.

Berikanlah Penjelasan yang Positif Tentang Mantan Anda

Anda memang tidak boleh membela mantan di depan sang kekasih. Karena hal itu akan menyakiti kekasih anda. Anda pun tidak boleh menjelek-jelekkan mantan di depan sang kekasih. Karena bagaimana pun hal itu akan menyakiti mantan yang sudah berbesar hati mau menjalin silahturahmi lagi dengan anda.

Berikan penjelasan yang positif tentang mantan anda pada kekasih. Misalkan, memberikan padangan mengapa mantan berusaha menjalin silahturahmi lagi dengan anda. Berikan dampak positif yang dapat diambil dengan terjalinnya silahturahmi tersebut. Tapi jika menurut anda proses untuk membangun silahturahmi ini dirasa lebih banyak memiliki efek negatif, maka anda harus mencoba menjelaskan dengan cara baik pada mantan.

Tindakan Lanjut

Jika kekasih tetap tidak bisa menerima dan memaksa anda untuk tidak berhubungan lagi dengan mantan, maka berilah pengertian dengan perlahan mengenai pentingnya membina silahturahmi dan alasan logis mengapa anda tetap ingin berhubungan dengan mantan dalam konteks “berteman” saja. Yakinkan dia bahwa anda tidak akan berbuat melebihi batas seorang teman karena sekarang hati anda hanya mencintainya.

Ajaklah Dia untuk Berpikir Positif Tentang Mantan anda

Bukan berarti memaksanya untuk mengenal mantan, namun tidak ada salahnya jika kita berikan persepsi positif tentang mantan padanya agar tidak terjadi permusuhan dan kesalahpahaman diantara keduanya.

Nah itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan. Selebihnya kami kembalikan kepada Anda, karena kelanjutan hubungan tetap ada pada keputusan Anda. Kalaupun memang Anda ingin merajut cinta lama, sebaiknya Anda bicarakan dan usahakan jangan ada yang tersakiti karena cinta itu adalah kebahagiaan bukan untuk menyakiti.

@PriskaYan
@PriskaYan
Freelance writer, event organizer, animal lover and K-Pop freak.

More from author

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel terkait

Advertisment

Artikel terbaru

4 Pertanyaan Besar Terhadap Asmara Anda

Dalam sesuatu hubungan yang Anda jalani dengan kekasih, Anda tentunya sudah mengalami berbagai bentuk ujian dan cobaan. Cobaan ataupun ujian sendiri kadang kala bisa...

5 Sikap Terbaik Saat Bertemu Sang Mantan

Hubungan asmara yang kandas, jangan sampai membuat Anda menjadi sempit berfikir. Mengambil hikmah dan menjadi pribadi yang tidak pendendam dapat membuat Anda bisa menikmati...

Beberapa Momen Memalukan Saat ‘First Date’

Suatu hubungan asmara tentunya terlebih dahulu diawali dengan tahap pendekatan. Hal ini tentunya bertujuan agar masing-masing bisa lebih saling mengenal karakter dan kepribadian satu...