Cara Menentukan Apakah Anda Sudah Siap Berkencan Lagi

Putus cinta merupakan peristiwa yang sangat traumatis terutama bagi pasangan yang berpikir bahwa hubungan mereka tidak akan pernah berakhir. Bila Anda telah menginvestasikan begitu banyak usaha dan emosi ke dalam suatu hubungan, tapi ternyata hubungan itu harus berakhir, Anda dapat kehilangan motivasi Anda untuk menemukan seseorang yang baru. Perasaan ini adalah normal adanya. Perasaan kecewa dan tidak percaya lagi pada orang dapat terjadi setelah Anda telah memberikan semua yang Anda miliki kepada seseorang namun akhirnya hubungan Anda berakhir.

Namun, putus dengan seseorang yang Anda sangat dicintai bukan akhir dari dunia. Menurut pepatah, “Ketika satu pintu tertutup, satu jendela akan terbuka.” Bila dilihat dari sisi positifnya, putus cinta berarti bahwa seseorang yang lebih baik akan datang; seseorang yang benar-benar bisa mencintai Anda dan juga bisa Anda cintai.

Dalam masa sulit, ingatlah bahwa Anda akan menemukan seseorang yang akan mencintai Anda dengan apa adanya. Namun sebelum itu terjadi, tentu saja Anda harus membuka hati Anda lagi dan melepaskan masa lalu.

Berikut adalah beberapa pertanyaan Anda yang dapat membantu Anda memutuskan apakah Anda siap untuk mulai berkencan lagi:

1. Apakah melihat foto mantan Anda masih membuat Anda menangis?

Jika jawaban Anda adalah ya, maka jelas bahwa Anda belum bisa berpindah ke lain hati. Anda harus memberikan diri Anda lebih banyak waktu untuk menyembuhkan emosi Anda sebelum Anda mulai berkencan lagi.

2. Bagaimana reaksi Anda jika Anda menerima telepon dari mantan Anda?

Jika Anda mampu berbicara dengan mantan Anda tanpa kehilangan kendali atas emosi Anda, maka ini adalah pertanda baik bahwa Anda telah siap berkencan lagi. Namun, jika berbicara dengan mantan Anda membangkitkan segala macam emosi dan Anda kembali berpikir tentang dia setiap waktu, kemungkinan Anda akan membutuhkan lebih banyak waktu untuk menyembuhkan sakit hati Anda.

3. Bagaimana reaksi Anda ketika Anda mendengar lagu cinta diputar di radio?

Apakah Anda merasa sedih dan berpikir tentang hubungan masa lalu Anda, atau apakah Anda merasa bersemangat dan berharap akan adanya seseorang yang datang ke dalam hidup Anda? Jika Anda menjawab ya untuk pertanyaan kedua, itu adalah pertanda bahwa Anda sudah siap berkencan lagi.

4. Apakah Anda sudah bisa berbicara tentang mantan Anda dengan santai dan terbuka?

Jika Anda sudah merasa nyaman saat berbicara tentang mantan Anda kepada orang lain, ini berarti bahwa Anda siap untuk berkencan lagi. Di sisi lain, jika Anda marah atau kesal ketika seseorang membahas mantan Anda, maka artinya Anda belum siap berkencan lagi.

5. Bagaimana reaksi Anda ketika Anda melihat mantan Anda dengan orang lain?

Normal saja jika Anda merasa tidak nyaman dalam situasi seperti ini. Namun, ketika hal itu menyebabkan Anda lupa dengan kencan Anda dan malah ingat terus kepada mantan Anda dan Anda merasa seolah-olah dunia berhenti karena melihat mantan Anda dengan seseorang yang baru, jelas ini berarti bahwa Anda belum bisa berpaling ke lain hati.

Ketika Anda akhirnya memutuskan untuk mulai berkencan dengan seseorang yang baru, pastikan bahwa Anda tidak menjadikannya sebagai “pelarian” dari rasa sakit hati Anda. Misalnya, jika Anda putus dengan mantan Anda karena dia berselingkuh, jangan menganggap bahwa pasangan Anda yang berikutnya juga tidak bisa dipercaya. Mungkin sulit untuk belajar mempercayai orang baru, tapi jika Anda tidak mempercayai mereka, Anda hanya akan menggagalkan hubungan Anda. Belajarlah untuk menghargai keunikan setiap orang yang datang dalam hidup Anda. Siapa tahu, dia akhirnya menjadi orang yang Anda telah cari selama ini.

@PriskaYan
@PriskaYan
Freelance writer, event organizer, animal lover and K-Pop freak.

More from author

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel terkait

Advertisment

Artikel terbaru

6 Kelebihan Memiliki Kekasih yang Pemalu

Pada kebanyakan wanita, akan menjadi cenderung menjalin hubungan asmara dengan seorang pria yang memiliki karakter yang serius ketika ia sudah pernah menjalani...

Obat Yang Dapat Memadamkan Gairah Bercinta Anda

Ada beberapa jenis obat yang didapatkan dari resep dapat memadamkan gairah Anda untuk melakukan hubungan seks. Jadi, jika Anda mengalami masalah dalam...

8 Tips Menciptakan Zona Nyaman Ketika Pria Melakukan PDKT

Kembali dengan hubungan asmara, tentunya menjadi hal yang  dapat memberikan berbagai manfaat dalam menjalani hubungan Anda dengan si dia. 'Cinta kadang kala...