Apakah Back Street Menjadi Solusi Ketika Anda Tidak Direstui Orang Tua?

Menjalin suatu hubungan asmara tentu akan membuat pasangan selalu lebih bersemangat dan membuat hari-harinya menjadi lebih berwarna dengan keberadaan sang kekasih. Namun, apa jadinya jika hubungan asmara yang terjalin antara mereka tidak mendapatkan ‘lampu hijau’ dari orang tua. Sebagian besar pasangan akan menempuh hubungan asmara mereka dengan cara back street. Hasil ini tentu dijadikan solusi bagi pasangan yang kemudian hubungan asmara mereka tidak mendapatkan restu dari salah satu orang tua maupun kedua-duanya. Namun, apakah hal yang dinggap mereka sebagai solusi tersebut, nantinya benar-benar membuat hubungan asmara mereka dapat berakhir dengan ‘happy ending‘?

Tentu jika pada akhirnya, meskipun masing-masing mereka sudah berusaha namun tidak menunjukkan hasil yang positif, tentunya hubungan asmara yang terjalin di antara keduanya, mau tidak mau pastilah akan berakhir. Berakhirnya hubungan asmara mereka tentu justru hanya akan menjadi suatu hal yang membuat masing-masing pasangan menjadi sedih, terlebih ketika hubungan asmara yang mereka jalani dengan cara back street sudah berlangsung lama. Ketika Anda berada pada kondisi ini, sebaiknya Anda terlebih dahulu harup mampu menerima konsekuensi ketika Anda harus berkeputusan untuk menjalani hubungan asmara bersama kekasih Anda tersebut dengan jalan back street.

Kasandra Purwanto, yang merupakan salah seorang Psikolog Klinis dan Forensik pun memberikan pandangannya terhadap pasangan hanya menjadikan back street sebagai solusi ketika hubungan asmar yang mereka jalin tidak mendapatkan restu dari orang tua. Bahwa ketika pasangan justru memaksakan hubungan asmara yang mereka jalin hingga harus dengan back street agar hubungannya dapat terus berlanjut justru hanya akan menjadi bumerang bagi mereka jika nantinya orang tua pasangan mengetahui hal tersebut. Sehingga restu dari mereka pun akan semakin jauh dari pasangan yang menjadikan back street sebagai solusi ketika hubungan asmara mereka tidak mendapatkan restu dari orang tua. Back street hanyalah merupakan sikap yang membuat pasangan berkonflik dengan orang tua mereka. Selain itu, menempuh hubungan asmara dengan jalan ini hanya justru akan menunjukkan bahwa pasangan terlalu memaksakan kehendak mereka untuk tetap menjalin hubungan asmara. Tentu pada kondisi ini, mereka pun akan semakin terbebani dengan hal tersebut, sehingga nantinya pasangan akan berfikir bahwa hubungan asmara yang mereka jalani pada akhirnya tidak akan ‘happy ending’. Kasandra pun menyampaikan bahwa, “Kalau dipaksakan maka orangtua makin tidak suka dan makin kenal bahwa pasangan tidak baik. Itu pantang untuk dipaksakan,” ujarnya.

Kasandra yang merupakan Psikolog lulusan Universitas Indonesia dan sekaligus pendiri  Layanan Psikologi Kasandra & Associates ini pun menyarankan, agar kiranya bagi pasangan yang tidak mendapatkan restu terhadap hubungan asmara yang terjalin bersama kekasih dan mencari tahu alasan mengapa orang tua tidak memberika restunya tersebut. Ketika Anda berada pada kondisi ini, dimana kekasih Anda tidak mendapatkan restu dari orang tua Anda, maka sebaiknya Anda dapat mencari tahu guna mengetahui alasan mengapa orang tua Anda tidak merestui hubungan Anda bersama kekasih. Anda tentunya harus menyadari dengan baik, bahwa sebenarnya terdapat hikmah yang ditunjukkan pada Anda oleh tuhan melalui keputusan orang tua Anda tersebut, sehingga Anda pun dapat memahaminya dengan berfikir positif dan menjadi petunjuk bahwa pria tersebut bukanlah menjadi pria yang tepat dalam kehidupan Anda saat ini dan nanti. Kasandra pun mengemukakan, “Kadang-kadang cara Tuhan mengatakan bahwa bukan jodoh lewat orangtua. Kalau yang namanya bukan jodoh dan jadi malapetaka, itu pasti dibikin susah,” paparnya.

Jika Anda merasa yakin dengan hubungan asmara yang Anda jalin bersama kekasih dan menjadikan back street sebagai suatu solusi, maka sebaiknya tidak dengan jalan demikian agar Anda dan kekasih bisa mendapatkan restu dari orang tua Anda. Oleh karena itu, maka sebaiknya Anda dan pasangan dapat menghargai dan menerima untuk sementara apa yang menjadi keputusan orang tua Anda saat ini terhadap hubungan asmara Anda bersama kekasih tersebut. Sambil memahami dan menerima keputusan orang tua Anda tersebut, Anda bersama kekasih dapat berupaya secara perlahan untuk dapat meyakinkan orang tua, bahwa keberadaannya membawa pengaruh yang baik dalam kehidupan Anda saat ini dan nantinya. Tidak perlu menjadi terburu-buru dalam menentukan pasangan Anda. Sembari Anda dan pasangan berusaha untuk meyakinkan orang tua Anda, maka waktu tersebut dapat Anda gunakan untuk mengenal lebih jauh karakter dan usaha yang ditunjukkan oleh kekasih Anda tersebut agar si dia mampu merebut hati orang tua Anda dan tentunya dapat memberikan restunya terhadap hubungan asmara yang Anda jalin bersamanya. Menjadikan back street sebagai solusi hanya akan membuat Anda rentan untuk berkonflik dengan keluarga Anda, yang tentunya hanya akan membuat sang kekasih di mata orang tua Anda adalah seorang pria yang tidak dapat memberikan kebaikan dalam kehidupan anaknya.

Kasandra yang merupakan pendiri Biro Psikologi, Kasandra & Associates, sejak tahun 1997 itu, lebih lanjut memberikan menyarankan bagi pasangan yang tidak mendapatkan restu dari orang tua terhadap hubungan asmara yang mereka jalin mengutarakan sarannya yaitu, “Bikin lebih kenal, bikin suka dulu. Jangan malah marah-marah akhirnya makin menunjukkan dia membawa pengaruh jelek. Justru saya melihat yang sembunyi-sembunyi malah banyak problem-nya akhirnya menjadi tidak bijaksana,” saran dan sekaligus tutupnya.

@PriskaYan
Freelance writer, event organizer, animal lover and K-Pop freak.

More from author

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel terkait

Advertismentspot_img

Artikel terbaru

Budaya Hingga Fisik Menjadi Alasan Orang Tua Tidak Memberikan Restunya

Hubungan asmara yang terjalin namun kemudian tidak mendapat restu dari orang tua tentu akan menjadi suatu kisah yang dapat memberikan Anda pemahaman dalam mekanai...

Survei: Pelukan Menjadi Senjata Ampuh Untuk Membahagiakan Wanita

Terkadang, ketika seorang pria menjadi sulit untuk memahami pasangan wanitanya yang menunjukkan sikap yang selalu ngambek hingga bersikap marah tanpa sebab. Terlebih ketka mereka...

Hubungan Tidak Mendapatkan Restu OrangTua? 64% Pasangan Memilih Putus

Menjalin hubungan asmara tentu akan menjadi keinginan setiap orang. Ketika mereka sudah berada pada kondisi ini, tentu pasangan pun akan sudah memiliki cita-cita dan...