Waktu yang Dibutuhkan Untuk Menghilangkan Perasaan Negatif

waktu untuk menghilangkan perasaan negatif oleh Asmara SegiEmpatTidak ada orang yang ingin merasakan kesedihan, baik itu hanya karena putus cinta, dikecewakan, apalagi ditinggilkan untuk selamanya. Setiap orang membutuhkan waktu yang berbeda untuk menghilangkan perasaan negatif. Tapi mungkin Anda merasa penasaran, berapa lama sebenarnya waktu yang Anda butuhkan agar seperti itu bisa hilang.

Sebuah hasil penelitian yang dilakukan menemukan bahwa seseorang yang memiliki perasaan kecewa, sedih dan berduka membutuhkan waktu 240 kali lebih lama untuk bisa menghilangkan perasaan tersebut daripadanya orang-orang yang hanya sekedar bosan, malu, jengkel dan terkejut. Hal ini karena rasa sedih biasanya berhubungan dengan saat-saat yang tragis seperti kecelakaan yang dialami oleh keluarga terdekat atau kematian dari orang-orang yang disayani. Orang-orang yang mengalami hal tersebut membutuhkan lebih banyak waktu untuk menghilangkan ingatannya sehingga dia bisa terbebas dari kesedihan yang dialami.

Penelitian ini dilakukan oleh Saskia Lavrijsen dan Philippe Verduyn, yang merupakan peneliti dari University of Leuven, Belgia. Mereka mengajukan pertanyaan kepada 233 orang mahasiswa tentang efek dan waktu yang mereka butuhkan untuk menghilangkan perasaan negatif. Mereka juga diberi pertanyaan tentang hal-hal yang mereka lakukan untuk mengatasinya.

Dari 27 emosi yang dirasakan oleh seseorang, emosi yang paling lama hilang adalah kesedihan. Sedangkan perasaan bosan, terganggu, malu, jijik, kaget dan takut lebih cepat hilang. Hanya dibutuhkan waktu selama 30 menit untuk menghilangkan perasaan malu atau jijik, perasaan senang bisa hilang dalam waktu 35 jam, sedangkan perasaan benci butuh waktu sekitar 60 jam. Namun perasaan sedih membutuhkan waktu sekitar 120 jam untuk bisa hilang. Tidak hanya itu, perasaan bosan juga bisa dihilangkan dengan cepat, meskipun orang-orang yang merasa sedih seringkali merasa sangat lama.

Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa perasaan sedih biasanya sulit hilang karena hal ini berhubungan dengan orang-orang yang dikenal dekat. Sedangkan perasaan negatif lainnya biasanya terjadi pada orang-orang yang tidak memiliki ikatan yang tidak kuat atau tidak terlalu dikenal. Misalnya saja ketika Anda merasa malu karena melakukan hal yang salah di tempat umum, Anda tidak akan merasakan hal ini terlalu lama karena Anda tidak mengenal orang-orang disana. Sedangkan rasa sedih dan kecewa karena dikhianati biasanya disebabkan oleh orang yang dekat sehingga Anda sulit untuk melepaskannya. Jadi berapa lama Anda bisa menghilangkan perasaan negatif?

Avatar
S. Gelmani Rabiah
Seorang wanita yang senang membaca, traveling, main game dan bela diri. Sangat suka dengan sesuatu yang rumit dan menantang.

More from author

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel terkait

Advertisment

Artikel terbaru

4 Pertanyaan Besar Terhadap Asmara Anda

Dalam sesuatu hubungan yang Anda jalani dengan kekasih, Anda tentunya sudah mengalami berbagai bentuk ujian dan cobaan. Cobaan ataupun ujian sendiri kadang kala bisa...

5 Sikap Terbaik Saat Bertemu Sang Mantan

Hubungan asmara yang kandas, jangan sampai membuat Anda menjadi sempit berfikir. Mengambil hikmah dan menjadi pribadi yang tidak pendendam dapat membuat Anda bisa menikmati...

Beberapa Momen Memalukan Saat ‘First Date’

Suatu hubungan asmara tentunya terlebih dahulu diawali dengan tahap pendekatan. Hal ini tentunya bertujuan agar masing-masing bisa lebih saling mengenal karakter dan kepribadian satu...