Tips Sukses Menjalankan Bisnis Wedding Planner / Wedding Organizer

wedding planner indonesia

Pernikahan bagi siapa saja sudah pasti merupakan hal yang sangat disakralkan. Ya Anda semua pasti sudah tahu itu, jadi rasanya tak ada yang salah jika mereka pasangan kekasih ingin melangsungkan pernikahan yang mewah dan megah. Karena menikah itu memang bukan sekedar bagaimana melangkahkan hubungan ke jenjang berikutnya atau sebuah prestise belaka. Tapi yang namanya pernikahan itu memang sudah seharusnya jadi pengalaman sekali seumur hidup, tak masalah dong kalau mereka maunya pengalaman yang berkesan? Selama itu memang sesuai dengan keuangan.

Jaman sekarang karena faktor itulah wedding planner atau wedding organizer sudah menjadi ladang bisnis menjanjikan. Bahkan bisnis seperti ini tak akan pernah ada matinya, ya kecuali tak ada lagi pasangan yang ingin menikah secara sah, mewah dan megah tapi maunya nikah “dibawah meja”.

Upacara pernikahan selalu menarik perhatian dan memberikan perasaan sukacita bagi semua orang yang terlibat. Menjadi seorang perencana pernikahan atau wedding planner berarti menjadi “troubleshooter” di setiap pernikahan yang Anda kerjakan. Seorang wedding planner tidak hanya peduli dengan perencanaan untuk resepsi tetapi harus menangani persiapan untuk semua kondisi pernikahan dan kegiatan pasca pernikahan yang harus terjadi. Seorang perencana pernikahan harus melaksanakan tugasnya dengan tulus, penuh perhatian dan kebanggaan dalam segala hal agar setiap pernikahan yang ditanganinya bisa berjalan dengan sukses.

Tapi jangan pikir karena bisnis wedding organizer menjanjikan, menjalankan bisnisnya semudah mengedipkan mata. Karena faktanya menjalankan bisnis wedding planner itu juga musti ada yang diperjuangkan.

Berikut adalah 7 kualitas yang bisa membuat Anda seorang perencana pernikahan yang bisa membuat Anda tenar dan kaya raya dalam menjalankan bisnis pernikahan Anda.

Menjadi yang Terbaik

Seorang perencana pernikahan yang ideal selalu bekerja dengan tenang. Keberhasilan setiap upacara pernikahan berada di tangan Anda dan jika ada sesuatu yang tidak berjalan sesuai rencana, Anda harus dapat bertindak cepat namun tetap tenang dengan rencana alternatif yang telah Anda siapkan. Karena itulah jika Anda ingin sukses menjalankan bisnis wedding planner idealism utama yang wajib Anda tanam dalam diri Anda dan tim adalah bagaimana menjadi yang terbaik.

Memiliki Pesona dan keanggunan

Penampilan Anda menggambarkan bisnis perencanaan pernikahan Anda. Pesona dan keanggunan akan menarik perhatian semua orang untuk menggunakan jasa Anda. Berkomunikasi dengan pesona dan keanggunan menunjukkan minat Anda yang tulus pada klien. Jadilah pribadi yang fleksibel dan hangat bagi semua orang. Bersiaplah untuk bekerja sama dengan penyedia jasa lainnya untuk pertumbuhan bisnis Anda ke depan.

Perunding yang Hebat

Seorang perencana pernikahan tidak hanya peduli tentang pernikahan itu sendiri tetapi lebih merupakan pihak yang bertanggung jawab dalam mempersiapkan segala sesuatunya agar dapat berjalan dengan benar-benar sempurna. Kedua calon mempelai bergantung pada kekuatan fantastis Anda untuk membuat mimpi mereka menjadi kenyataan. Tugas Anda mencakup, dekorasi, menyewa band dan fotografer, memesan bunga, mecarikan tempat resepsi, catering sampai bagaimana jalannya acara. Tugas Anda adalah mendapatkan pelayanan terbaik dengan biaya lebih rendah dari jaringan vendor pernikahan Anda. Ini akan memberikan keunggulan dalam bisnis. Plus, jaringan penyedia dan vendor bahkan bisa mempromosikan Anda atau memberikan lebih banyak klien bagi perusahaan Anda.

Ahli Keuangan

Wedding organizer memang sudah menjadi ladang bisnis yang menjanjikan keuntungan tinggi. Hanya saja dari yang banyak kejadian, diantara sekian banyak wedding planner tak sedikit yang istilahnya “timbul tenggelam” yang muncul dengan berbagai gagasan tapi tak lama kemudian tenggelam karena kehabisan modal. Anda pasti tak ingin seperti ini bukan? karena itulah menjalankan wedding organizer itu bukan Cuma soal seberapa besar modal Anda tapi juga seberapa pandai Anda mengatur keuangan. Dalam hal ini, Anda tidak perlu menjadi seorang manajer bank untuk menangani masalah keuangan. Aturlah anggaran dengan baik dan selalu mencari cara untuk mengurangi biaya tanpa mengorbankan kualitas. Jadilah perencana pernikahan yang bijaksana untuk menghindari kekurangan uang.

Terorganisir

Pengaturan adalah tidak hanya jadi kunci Anda untuk promosi. Tapi juga penting untuk memudahkan perkembangan dan kemajuan bisnis Anda. Lakukan pengaturan waktu dengan cermat dan selesaikan setiap urusan sebelum tanggal jatuh tempo datang untuk menghindari habisnya waktu.

Kaya akan Informasi

Seorang perencana pernikahan yang hebat harus memperkaya diri dengan semua pengetahuan dalam segala yang berkaitan dengan tema pernikahan, musik, fashion, tren saat ini atau bahkan mode, serta paket bulan madu. Mengetahui berbagai tradisi dan upacara agama untuk pernikahan merupakan faktor plus untuk membuka perspektif klien yang lebih luas.

Ketenangan dan Humor

Dengan segala tekanan yang ada, Anda harus tetap mempertahankan keharmonisan di tempat kerja. Humor adalah cara terbaik untuk membuat Anda dan tim tetap semangat mengerjakan tugas.

Strategi dan gaya dalam menjalankan bisnis sebagai wedding planner menciptakan pengalaman unik dari segala macam karakter dan kondisi yang Anda hadapi. Semuanya akan berjalan dengan sempurna jika Anda belajar untuk mengatur dan mengelola rencana pernikahan dalam setiap cara yang ideal dan nyaman.

 

Avatar
Erwin Miradi
Internet marketer, PHP geek, dan seorang gamer sejati. Sebagai Internet Marketer yang sudah bergelut dengan situs dan blog sejak 2006, Erwin Miradi banyak menulis tentang turorial WordPress yang diambil dari pengalamannya sendiri.

More from author

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel terkait

Advertisment

Artikel terbaru

4 Pertanyaan Besar Terhadap Asmara Anda

Dalam sesuatu hubungan yang Anda jalani dengan kekasih, Anda tentunya sudah mengalami berbagai bentuk ujian dan cobaan. Cobaan ataupun ujian sendiri kadang kala bisa...

5 Sikap Terbaik Saat Bertemu Sang Mantan

Hubungan asmara yang kandas, jangan sampai membuat Anda menjadi sempit berfikir. Mengambil hikmah dan menjadi pribadi yang tidak pendendam dapat membuat Anda bisa menikmati...

Beberapa Momen Memalukan Saat ‘First Date’

Suatu hubungan asmara tentunya terlebih dahulu diawali dengan tahap pendekatan. Hal ini tentunya bertujuan agar masing-masing bisa lebih saling mengenal karakter dan kepribadian satu...