Tantangan yang Sebaiknya Anda Ketahui Saat Berpacaran Dengan Duda

Tantangan yang Sebaiknya Anda Ketahui Saat Berpacaran Dengan Duda oleh SegiEmpatKehidupan asmara tentulah memiliki lika-liku dan tantangan yang beragam. Setiap kehidupan asmara pastinya akan mengalami kondisi yang serupa. Baik disaat Anda menjalani hubungan asmara dengan pria single terlebih saat Anda menjalin hubungan asmara dengan seorang pria yang sebelumnya telah pernah menjalani kehidupan rumah tangga bersama mantan pasangannya. Status duda yang disandang seorang pria tentu masih menjadi polemik tersendiri bagi kebanyakan orang.

Sehingga menjalin hubungan asmara dengan seorang duda tentunya akan lebih sulit ketimbang Anda menjalin hubungan asmara dengan seorang pria single. Terdapat banyak hal yang menjadi pemicu tidak berjalan harmonisnya hubungan asmara yang Anda jalin dengan si dia yang berstatus duda. Ingin tahu lebih jauh tantangan dan kendala apa saja yang rentan Anda alami pada kondisi demikian?

Wulan Ayu Ramadhani, M.Psi, yang merupakan salah seorang Psikolog Klinis Dewasa ini pu mengutarakan bahwa menjalani hubungan asmara dengan pria yang berstatus sorang duda tentunya bukan perkara mudah bagi Anda untuk membawa hubungan yang terjalin bersamanya ke arah yang Anda harapkan. Tidak hanya faktor internal antara Anda dan si dia yang sudah memiliki pengalaman yang lebih dari Anda, faktor eksternal yakni berupa stigma sosial orang lain yang melihat hubungan Anda tentu akan menjadi suatu tantangan yang harus Anda hadapi dengan bijak.

Keberadaan mantan istri dan anak dari kekasih Anda juga menjadi kendala eksternal lainnya yang dapat membuat Anda harus matang dalam menerima dan menyikapinya. “Kita harus membedakan mana masalah kita, masalahku, dan masalah dia. Anak dan istri juga biasanya menjadi masalah yang cukup berat ya, tergantung pengertian kita saja,” ujar Wanita Lulusan Fakultas Psikologi Universitas Indonesia ini. Ia pun kembali menambahkan, perpisahan si dia dengan istrinya yang bisa saja dikarenakan karena perceraian ataupun karena pasangannya terdahulu meninggal dunia akan memiliki efek tersendiri bagi dirinya.

Saat si dia menyandang status duda karena pasangannya yang terdahulu meninggal dunia, meskipun ia sudah bersama menjalani hubungan bersama Anda kini, sosok mantan istrinya yang telah meninggal tersebut tetntu masih melekat kuat dalam benaknya. Lain halnya jika perpisahan keduanya dilatarbelakangi oleh ketidakcocokan yang kemudian membuatnya berkeputusan untuk bercerai, keberadaan mantan istri tentu berpotensi membuat Anda merasa insecure. Terlebih jika kehidupan rumahtangganya yang terdahulu meninggalkan buah hati. “Akan ada masanya juga kita tidak bisa mendengar terus-menerus betapa dia sakit kehilangan istrinya. Kalau cerai pasangan barunya mesti mengerti mereka masih bisa ketemu, apalagi kalau bawa anak,” ujarnya.

Selain itu, psikolog yang juga mengaku bahwa dirinya kini menjalin hubungan dengan duda yang sudah memiliki tiga orang anak ini pun kembali menuturkan bahwa stigma sosial dari lingkungan berpotensi menjadi pemicu terjadinya permasalahan antara Anda dan si dia pada kondisi demikian. Tidak sedikit orang yang masih memandang status duda merupakan predikat yang ‘ganjil’ menurut pemahaman mereka. Sehingga saat Anda mengalaminya, bersikap bijak dan tidak perlu menanggapi secara berlebihan menjadi langkah yang tepat untuk menghadapi tantangan tersebut. Menurutnya, siapas saja tentu memungkinkan untuk berpendapat tentang hubungan Anda. Namun, apapun yang menjadi pandangan orang terhadap Anda dan hubungan yang Anda jalin, bersikap positif akan membawa Anda lebih cerdas dan mampu membawa hubungan Anda menjadi lebih baik kedepannya.

Avatar
Ardiansyah Arafah
Penggebuk drummer yang juga hobi menuangkan isi pikirannya dalam bentuk tulisan. Kebanyakan tulisannya berbentuk tips dan trik percintaan yang tampaknya diangkat dari pengalaman pribadinya saat sering menjadi sasaran timpuk penonton waktu manggung (heh?)

More from author

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel terkait

Advertisment

Artikel terbaru

4 Pertanyaan Besar Terhadap Asmara Anda

Dalam sesuatu hubungan yang Anda jalani dengan kekasih, Anda tentunya sudah mengalami berbagai bentuk ujian dan cobaan. Cobaan ataupun ujian sendiri kadang kala bisa...

5 Sikap Terbaik Saat Bertemu Sang Mantan

Hubungan asmara yang kandas, jangan sampai membuat Anda menjadi sempit berfikir. Mengambil hikmah dan menjadi pribadi yang tidak pendendam dapat membuat Anda bisa menikmati...

Beberapa Momen Memalukan Saat ‘First Date’

Suatu hubungan asmara tentunya terlebih dahulu diawali dengan tahap pendekatan. Hal ini tentunya bertujuan agar masing-masing bisa lebih saling mengenal karakter dan kepribadian satu...