Kamu-kamu pasti sudah akrab dengan istilah “cinta pandangan pertama”, bener kan? pasti deh karena emang istilah kayak gini paling sering disebut waktu masih remaja dulu yang katanya sih cinta pandangan pertama itu selalu membekas di hati. Ciyee yang ngebaca ini terus langsung keinget mantan yang dulu, yang waktu itu langsung suka sejak pertama ketemu hahayyy.

Nah kamu-kamu percaya gak kalau cinta pandangan pertama itu beneran ada? Yang waktu itu gak sengaja ketemu karena saling senggol terus gak sengaja pegangan tangan waktu mau ngambil sapu tangan yang jatuh di kubangan. Haha adegannya klasik amat sih, persis era film-film kolosal yang kalau adegannya terbang bagian bawahnya malah kelihatan datar haha.

Buat saya pribadi sih emang cinta pandangan pertama itu Cuma sekedar istilah belaka, yang Cuma digambarkan lewat film-film sinetron romantis yang selalu berakhir manis. Tapi di dunia nyata cinta pandangan pertama tak pernah ada. Ternyata nih para ahli juga sependapat dengan saya (haha enggak lah saya juga baru tahu waktu nulis ini sob haha), yang dari hasil penelitian cinta pandangan pertama itu Cuma hoax belaka.

Kamu mungkin bakal ngerutin dahi nih sob! tapi menurut penelitian beberapa ahli yang dituangkan dalam jurnal berjudul ‘Personal Relationship’, menyebut kalau cinta pandangan pertama itu sebenarnya Cuma sekedar ilusi semata.

Para peneliti menyebut kalau sebenarnya cinta pandangan pertama itu tak lebih dari sekedar passion yang sifatnya sementara. Memang saat pertama kali melihat si dia ada sebuah perasaan spesial yang bakal ngebuat kamu jadi suka dengan cepat tapi sebenarnya hal tersebut hanya terjadi disaat itu. Para peneliti juga mengatakan kalau kebanyak orang terlalu cenderung menjadikan memori pertemuan pertama sebagai hal yang spesial, karena itu cinta pandangan pertama dipercaya banyak kalangan.

Hanya saja dalam penelitian yang dilakukan di University of Groningen, yang melibatkan 396 partisipan cewek dengan rentan usia rata-rata 24 tahun mereka tidak menemukan adanya rasa cinta yang sebenarnya. Melainkan hanya perasaan kagum semata.

Hal itu ditemukan saat semua partisipan tersebut diminta untuk melihat sejumlah foto cowok yang sesuai dengan kriteria mereka. Tujuannya untuk membuktikan apakah benar ada cinta pandangan pertama di sana. Tidak Cuma itu semua partisipan pun diikutkan dengan kencan buta yang sudah disiapkan. Hasilnya ternyata cukup bikin kamu kaget mungkin sob, karena nyatanya cewek-cewek yang selama ini selalu getol ngomong soal cinta pandangan pertama bahkan sama sekali tak merasakannya setelah kencan buta selama 90 menit.

Dalam penelitiannya, 30 persen cewek-cewek waktu ngeliat foto emang mengaku ada rasa suka yang mereka rasakan itu diakui karena ketertarikan mereka secara fisik. Tapi setelah kencan buta selama 90 menit mereka sama sekali tidak merasakan adanya jatuh cinta sejak pandangan pertama.

Dari hal ini bisa kita simpulkan dua hal, pertama cinta pandangan pertama itu Cuma hoax dan kedua anggapan cinta pandangan pertama itu muncul Cuma karena ketertarikan fisik di awal, atau istilahnya sih karena ngeliat mukanya aja. Jadi sob! kamu-kamu para cowok gak perlu berkecil hati kalau emang kamu gak seganteng Christian Sugiono, toh kakek Sugiono aja sering gonta ganti cewek haha.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY