Halo mblo gimana kabarmu hari ini? Baik-baik aja kan? gimana puasanya masih lancar jaya dong ya gak? masa sih udah mulai mereng-mereng ke warteg bertirai? Udah mau abis lho ini?

Kalau masih pertengahan kayak gini mah biasanya emang masih baik-baik aja, tapi segitu udah deket lebaran disaat orang-orang udah makin semangat untuk menyambut hari kemenangan yang jomblo mah makin gelisah. Kenapa? ya apalagi kalau bukan karena soal pertanyaan “kapan nikah?”

Tahu lah gimana nyeseknya tuh pertanyaan apalagi kalau sebenernya dalem hati udah mau banget tapi apa boleh dikata jangankan nikah gebetan aja gak punya? Hmm kok kayak udah nyesek duluan ya?

Kita mah tahu banget lah gimana perasaan kamu saat-saat genting kayak gini, apalagi emang hal kayak gitu kan udah bukan hal baru lagi tapi udah seolah mendarah daging diantara persantanan di hari lebaran.

Cuma kali ini sih kita gak bakal ngebagiin trik-trik yang bisa kamu lakukan saat dicecar pertanyaan-pertanyaan legendaris kayak gitu. Kenapa? karena ya percuma aja kalau kamunya Cuma ngehindar terus tanpa nunjukin siapa jodohmu.

Nah, buat kamu-kamu yang sampai sekarang masih kesulitan nemu jodoh coba deh kamu koreksi dikit dulu kali aja selama ini kamu masih ngelakuin 5 hal salah kayak gini. Kayak gimana? nih 5 hal yang salah tapi sering dilakukan saat cari jodoh.

Nunggu

“saya percaya Tuhan menyiapkan jodoh terbaik buat saya”

Hal yang bijak dan udah paling legend buat para jomblo-ers, apalagi kalau udah dicecar ama pertanyaan “kapan nikah?”.

Emang sih kita gak bisa ngelawan apalagi ngerubah apa yang Tuhan rencanakan ama kita, Cuma jangan lupa kalau Tuhan itu juga menyuruh kita untuk berusaha gak Cuma nunggu aja. Jadi ya jangan Cuma nunggu sampai itu tiba tapi diusahain biar datengnya lebih cepet.

Nyari Pasangan untuk Dapat Kebahagiaan

Hal kayak gini sebenernya sih emang gak salah, ya masa sih kita gak pengen bahagia ama pasangan ya gak? Cuma nih ya kalau kamu lebih mengutamakan itu dalam artian kamu tahunya Cuma nuntut untuk dibahagiain terus gimana dengan pasanganmu? Siapa yang ngebahagiain dia?

Karena itu hal kayak gitu salah sob! karena yang namanya hubungan itu gak Cuma ngebahagiain aja tapi kamu juga mesti bikin dia bahagia. Istilahnya take and give gitu deh, ya masa sih kamu doang yang pengen seneng-seneng?

Jadi coba deh buat kamu-kamu yang lagi cari jodoh, koreksi lagi diri kamu. Kalau kamunya aja gak bisa bahagiain dia ya sampai kapan mah jodohmu makin seret sob! Karena itu kamu selalu disaranin biar bahagia dulu ama hidupmu biar kamu bisa ngebahagiain orang lain. Kalau kata temen-temen MBDC sih menjalin hubungan itu bukan untuk bahagia tapi berbagi kebahagiaan.

Nyari Pasangan Cuma untuk Asik-Asik aja

Ini nih salah satu hal salah yang bisa dibilang legend bagi para jomblo. Kenapa? karena sebenernya sih dia sendiri belum siap punya pasangan tapi karena ngeliat temennya, ngeliat keluarganya bahkan anak tetangganya yang udah punya pasangan bahkan nikah bawaannya jadi ikut buru-buru. Demi apa? ya demi sebuah statuslah biar orang-orang gak mikir aneh-aneh.

Kalau hal kayak gitu masih terjadi ama kamu, ya disitu deh salah satu masalah yang bikin jodohmu ibarat nyari kutu di tumpukan jerami. Karena kalo kamu Cuma sekedar status atau Cuma buat asik-asik aja itu sama ama aja kalau kamu ngabisin waktu.

Bawaannya Terserah

“Terserah aja deh gimana dikasihnya aja”

Berserah diri emang gak papa, apalagi kalau kita percaya bahwa Tuhan sudah menyiapkan yang terbaik buat kita. Cuma kalau kamu bawaannya terserah ya gimana caranya Tuhan bisa nyiapin yang terbaik buat kamu.

Emang kita gak perlu terlalu berlebihan saat menentukan kriteria, ya istilahnya sih sadar diri aja gitu. Cuma jangan juga kamunya ampe gak punya kriteria sama sekali. Jadi mending mulai sekarang coba deh kamu tentuin kriteria kamu, dari yang kriteria utama ampe kriteria yang bisa kamu maklumin. Tapi ingat nentuinnya juga mesti pake nyadar diri ya.

Nyari Pasangan yang Terbaik

“Kamu nyarinya yang kayak gimana sih?”

“yang terbaik aja tante/om/kakek/nenek . . .”

Semua orang kalau nyari jodoh pastilah pengen dapet pasangan yang terbaik, emang ada yang mau punya pasangan yang ternyata penjahat? Teroris? Pedofil? Kagak ada!

Emang bener dan hal itu sama sekali gak salah, ya siapa aja pasti pengen dapet yang terbaik. Cuma nih ya kalau kamu Cuma berpikir kayak gitu kamu salah sob! bahkan bisa aja hal kayak gitu jadi salah satu alasan kenapa jodohmu tak kunjung datang. Ya soalnya kamu Cuma pengen yang terbaik tapi gak berusaha jadi baik.

Jadi coba deh mulai dari sekarang kamu tanyakan dulu ama diri kamu, “apakah kamu emang orang yang tepat yang selama ini dicari calon jodohmu?” jangan Cuma nanya “dia baik gak ya? dia cocok gak ya?”. Stop ngarepin orang yang terbaik kalau kamu sendiri gak memantaskan diri.

Well, ya udah deh segitu aja dulu dari saya semoga bisa jadi bahan koreksi buat diri kamu ya.

“jadi min kalau udah ngelakuin itu terus dapet jodoh gak bakal dicecar lagi ama pertanyaan nyebelin kayak gitu?”

Ya enggak sih, kalau udah dapet jodoh paling nanti bakal ditanya “kapan punya anak?” . . .

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY