Indonesia, negara dengan pulau terbanyak di dunia katanya sekarang sedang dilanda kesusahan. Apa-apa serba susah, mau seneng-seneng susah, cari kerja susah ampe mau makan aja katanya 100rb Cuma cukup beli cabe. Hmm bener apa Cuma lebay nih?

Jawabannya saya balikin ke kamu-kamu lagi deh, supaya gak ada prasangka yang bilang “ah ujung-ujungnya ikutan politik juga nih”. Yang seolah gak suka padahal Cuma gak terima karena pilihan politiknya terbantah.

Tapi untuk hal yang lain saya sih setuju kalau Indonesia sekarang ini sedang dilanda kesusahan. Karena nyatanya emang sih ada yang susah bahkan susahnya ampun-ampunan, yaitu soal jatuh cinta. Pasti pada heran kan kenapa jatuh cinta itu susah di Indonesia? Nih 5 hal yang bikin jatuh cinta itu susah di Indonesia.

Banyak Hal yang Mesti Dikompromikan

Kamu semua setuju deh pasti kalau yang namanya jatuh cinta itu perasaan kamu bakal dibuat melayang. Emang kayak gitu sih rasanya, Cuma di Indonesia jatuh cinta itu gak seindah kelihatannya. Perasaannya sih sama tapi nyatanya saat kamu ngejalaninnya kamu juga mesti berkompromi dengan banyak hal. Mulai dari orang-orang terdekatnya, keluarganya sampai adat istiadatnya.

Pada akhirnya ya kamu siap-siap puyeng aja deh, apalagi yang paling sering menginterfensi itu ya orang-orang di sekitarnya.

Gengsi yang Gede

Satu fakta yang gak terbantahkan, sekuat apapun cinta kamu ke dia atau sebaliknya tapi pada akhirnya kamu bakal terpisah kalau kamu gak bisa ngejamin masa depan. Ya kamu pikir sih kamu mampu tapi kalau pekerjaanmu bukan sekelas berbaju rapih, berjas, berdasi yang kantornya 7 lapis bumi siap-siap aja deh kamu bakal terpisah. Kenapa? karena dibalik itu ada sebuah gengsi yang mesti dipertahankan. Masa sih anak pejabat nikahnya ama sales konter hp pinggir jalan? Itu misalnya.

Biaya Hidup Mahal

Kamu dan pasangan kamu sama-sama cinta, kamu udah ngebuktiin seberapa besarnya cinta kamu dengan pengorbananmu. Begitu juga dia yang udah ngebuktiin cinta saat harus ngelewatin malam berdua di wisma (haha tahu lah yang kayak gimana). Indah banget emang, tapi kalau kamu Cuma punya modal cinta ujung-ujungnya ya bakal susah juga. Kenapa? ya kamu tahulah jawabannya. Tapi wajar sih namanya juga manusia kan gak ada yang pengen hidup susah, katanya sih nikah itu ibadah hmm . . .

Perbedaan Gak Menyatukan tapi Memisahkan

Antara cowok dan cewek itu beda, tapi dari perbedaan itulah yang bisa mempersatukan. Cuma di Indonesia mah perbedaan itu gak menyatukan tapi malah memisahkan. Gak Cuma soal beda Agama dan suku aja, sekarang malah kalau berbeda pilihan politik juga mesti pisah. Kalau soal Agama sih kita emang gak bisa ngapa-ngapain kalau udah ketentuannya segitu, tapi kalau soal suku bahkan pilihan politik?

Uniknya nih yang jadi penghalang itu adalah orang-orang terdekat yang bikin kamu jadi mikir berat. Kadang malah mulai menjelek-jelekkan.

Pacaran Lama tapi Nikahnya ama yang Lain

Nah ini nih yang paling susah, pacaran udah sekian lama ampe udah akrab dengan keluarga tapi kadang malah hubungan yang selama ini terbina Cuma sebatas ngejagain jodoh orang. Emang gampang? Emang kamu bisa ngehadepinnya? Susah kan? berat kan?

Hmm yang jomblo jangan keburu seneng dulu, seenggaknya mereka udah ngerasain lha situ kapan? hahaha piss.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY