7 Hal Mengusir Rasa Sunyi Saat Belum Ingin Pacaran

Berakhirnya hubungan asmara seseorang dengan kekasih tentu akan menjadi suatu kondisi yang sulit baginya. Rasa sepi dan sunyi akan menjadi perasaan utama yang dialami oleh seseorang. Segala aktifitas yang tadinya biasa dilakukan bersama pasangan, tentu akan membuat semuanya menjadi berbeda. Mungkin pasca putus, Anda belum berkeinginan menjalin hubungan asmara yang baru dengan seseorang. Entah karena Anda masih emngalami trauma ataupun masih berkeinginan untuk menetralisir perasaan Anda. Jika Anda berada pada kondisi tersebut, Anda tentunya tidak perlu menjadi khawtir saat menyandang status jomblo selama Anda pandai mengisi aktifitas positif didalamnya. Berikut terdapat 7 hal positif yang dapat Anda lakukan guna mengatasi rasa kesunyiaan saat Anda belum berkeinginan menjalin suatu hubungan asmara yang baru, sebagaimana yang dikutip dari eHow, antara lain :

1. Banyak Bergerak

Bergerak bebas seusia keinginan hati tentu dapat menjadi suatu hal yang dapat membuat Anda yang berada pada kondisi ini menjadi lebih bahagia. Mungkin Anda suka dance, bergeraklah dengan dance yang Anda sukai. Selain dansa, Anda dapat bergerak melalui olah raga yang membutuhkan gerakan seperti jogging, hicking, senam, ballet dan berbagai aktifitas lain yang membutuhkan gerakan. Segala bentuk aktifitas yang membutuhkan gerakan sangat bermanfaat bagi pikiran Anda. Terlepasnya hormon endorfin  tentu dapat membuat Anda menjadi lebih bahagia dan menikmati kesendirian Anda.
2. Membaca
Membaca berbagai jenis bahan bacaan seperti novel, komik, majalah tentu selain menambah pengetahuan Anda, hal tersebut juga mampu membuat pikiran Anda lebih fokus dengan apa yang Anda baca. Membaca berbagai bacaan inspirati tentu akan membuat Anda menjadi lebih termotivasi dalam segala hal. Sehingga nantinya dengan membaca, dapat mengalihkan pikiran Anda yang tadinya merasakan kesunyian.
3. Menulis
Membuat tulisan dalam berbagai media tentu selain akan sangat bermanfaat guna dijadikan sebagai terapi guna mengusir rasa sunyi yang Anda rasakan saat ini. Menulis berbagai hal yang Anda sukai seperti hobi, rutinitas, dan segala sesuatu tentang Anda ataupun yang Anda rasakan tidak hanya sebagai media curhat melainkan pula secara tidak langsung akan mengasah kemampuan Anda dalam membuat suatu tulisan. Mungkin saja apa yang menjadi tulisan Anda, akan menjadi suatu hasil yang yang bagus dimata orang lain atau mungkin nantinya dapat mengarahkan Anda untuk menjadi seorang penulis.
4. Membuat Karya Seni
Bagi Anda yang gemar dengan segala bentuk karya seni, tentu Anda dapat mengisi waktu luang Anda untuk membuat suatu karya seni seperti lukisan, gambar, grafiti guna mengusir rasa sunyi yang Anda rasakan saat ini. Hal demikian tentunya akan sangat menyita waktu Anda dan membuat Anda menjai lebih fokus dengan karya seni yang Anda ciptakan sehingga nantinya Anda akan lupa dengan rasa sunyi yang sebelumnya Anda rasakan. Bergabung dengan komunitas pencinta seni tentu akan menjadi aktifitas yang dapat membuat Anda menjadi tidak merasakan kesepian dan sekaligus mengasa kemampuan Anda guna menciptakan suatu karya seni yang lebih berkualitas.
5. Berkomunisi
Curhat dengan teman terdekat tentu dapat membuat perasaan Anda menjadi lebih tenang. Dengan melakukan komunikasi bersama sahabat terdekat Anda dapat membuat Anda menjadi sadar bahwa berakhirnya hubungan asmara Anda dengan sang mantan tidak lantas membuat Anda menjadi tidak dapat berbuat apa-apa lagi. Hang out bersama teman-teman terdekat akan semakin menambah komunikasi Anda menjadi lebih seru sehingga rasa sepi pun akan teralihkan bersama mereka.
6. Mengadopsi Hewan Peliharaan
Berdasarkan hasil penelitian pada tahun 2009 yang dilakukan oleh Psychiatric Institute di New York State, maka diperoleh hasil temuan bahwa,  “Kepemilikan binatang peliharaan memberikan sumbangan besar terhadap terapi dan rehabilitasi untuk orang dewasa dan mengurangi risiko penyakit mental yang serius,”. Hal tersebut tentunya menunjukkan bahwa dengan memelihara hewan peliharan tentu dapat membuat seseorang terhindar dari segal bentuk strees terlebih perasaan sunyi. Keberadaan hewan peliharan dapat membuat Anda menjadi lebih merasa terhibur dan tidak merasa sunyi dengan kesendirian yang Anda alami. Hal tersebut tentunya akan sangat menunjang perasaan bahagia terhadap seseorang, sehingga membuatnya lupa dengan beban pikiran yang dirasakannya.
7. Banyak Tertawa
Tertawa tentunya harus didasari dengan hal-hal yang jelas seperti menoton film komedi ataupun bentuk lawakan lainnya seperti stand up comedy. Menunjukkan ekspresi tertawa dari hal demikian ataupun hal-hal lucu lainnya tentu sangat bermanfaat bagi Anda untuk mendapatkan perasaan bahagia. Banyak tertawa terhadap hal-hal yang menurut seseorang terasa lucu dapat meminimalisir tingkat stress yang dialami seseorang. Dengan demikian, banyak tertawa akan membuat Anda menjadi lebih bahagia dan tentunya dapat menghindarkan seseorang dari rasa sepi meskipun tanpa pasangan.
Avatar
Ardiansyah Arafah
Penggebuk drummer yang juga hobi menuangkan isi pikirannya dalam bentuk tulisan. Kebanyakan tulisannya berbentuk tips dan trik percintaan yang tampaknya diangkat dari pengalaman pribadinya saat sering menjadi sasaran timpuk penonton waktu manggung (heh?)

More from author

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel terkait

Advertisment

Artikel terbaru

4 Pertanyaan Besar Terhadap Asmara Anda

Dalam sesuatu hubungan yang Anda jalani dengan kekasih, Anda tentunya sudah mengalami berbagai bentuk ujian dan cobaan. Cobaan ataupun ujian sendiri kadang kala bisa...

5 Sikap Terbaik Saat Bertemu Sang Mantan

Hubungan asmara yang kandas, jangan sampai membuat Anda menjadi sempit berfikir. Mengambil hikmah dan menjadi pribadi yang tidak pendendam dapat membuat Anda bisa menikmati...

Beberapa Momen Memalukan Saat ‘First Date’

Suatu hubungan asmara tentunya terlebih dahulu diawali dengan tahap pendekatan. Hal ini tentunya bertujuan agar masing-masing bisa lebih saling mengenal karakter dan kepribadian satu...