4 Alasan Teknologi dan Sosial Media Bisa Merenggangkan Hubungan Asmara

4 Alasan Teknologi dan Sosial Media Bisa Merenggangkan Hubungan Asmara oleh SegiEmpatPerkembangan teknologi yang semakin canggih tentu dapat membawa berbagai dampak positif dengan segala kemudahan yang diperoleh setiap orang dalam membangun komunikasi baik dengan orang lain ataupun orang terdekat alam kehidupannya. Dunia maya yang semakin berkembang dengan berbagai situs yang memudahkan seseorang terhubungan dengan orang lain ataupun kekasihnya seperti facebook, twitter ataupun path, tentu dapat menjadikan komunikasi dengan semuanya semakin berjalan lancar.
Membangun komunikasi dengan orang terdekat yang dalam hal ini adalah kekasih tentu pula akan menjadi lebih mudah. Bagaimana tidak meskipun harus terpisah jauh, keduanya mampu menggunakan fitur teknologi untuk tetap memangun kedekatan yang intens. Meskipun kecanggihan teknologi yang semakin berkembang seperti sekarang ini membuat Anda terkoneksi dengan kekasih, kecanggihan teknologi yang tidak terkontrol juga berpotensi menjadi bumerang yang dapat menghancurkan kehidupan asmara yang Anda bina dengan kekasih.
Dari hasil studi terkini, terdapat sebuah hasil penelitian yang menemukan kecanggihan teknologi menjadi pemicu renggangnya hubungan asmara. Penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Oxford University ini mengemukakan bahwa kehidupan asmara yang kurang memuaskan karena semakin terkurasnya rasa ketertarikan satu sama lain disaat komunikasi seseorang bersama kekasihnya menggunakan teknologi yang terlalu intens. Dengan kata lain, tidak terkontrolnya pola komunikasi dalam hubungan dapat berakibat hubungan asmara seseorang menjadi tidak menarik dan lama kelamaan akan merenggang.

Para peneliti pun melibatkan 3.500 respoden pasangan yang dimana angka tersebut merupakan pasangan yang secara akltif menggunakan dan mengedepankan sosial media dalam menjalin hubungan. Artinya keberadaan sosial media dijadikan oleh responden sebagai sebuah pola kebiasaan dalam berinteraksi dengan kekasihnya.

Twitter, facebook, hingga pesan singkat yang terdapat pada fitur pada handphone merupakan beberapa pilihan media dari para pengguna aktif teknologi ini. Lantas apa saja hasil temuan yang ditemukan para peneliti dalam studinya yang memandang kecanggihan teknologi membawa dampak buruk bagi kehidupan asmara seseorang bersama kekasihnya? Berikut empat dampak buruk kecanggihan tekologi terhadap hubungan asmara seseorang dengan kekasihnya, sebagaimana yang dilansir dari Your Tango, antara lain :

1. Kesalahpahaman dalam sosial media antara seseorang bersama kekasihnya tentu membawa dampak buruk bagi hubungan keduanya. Hasil postingan curahan hati seseorang di sosial media seseorang dengan keadaan hubungan asmaranya yang sedang bermasalah, jelas dapat mengundang orang baru masuk dalam kehidupan keduanya. Komentar pada status yang telah diposting oleh orang lain, tentu akan memicu dan membuat hubungan asmara seseorang semakin renggang.

2. Membangun kedekatan emosional tentu menjadi hal positif yang dapat membuat hubungan asmara Anda bersama kekasih semakin kuat. Namun apa jadinya jika Anda menjadi korban candu dari kecanggihan teknologi, misalnya dengan menjadi aktif pada semua akun sosial media Anda terlebih saat menikmati waktu bersama kekasih, Anda tidak ingin ketinggalan dilingkungan dunia maya Anda. Akhirnya kebersamaan Anda bersama kekasih tentu akan membuat Anda tidak mendapatkan kualitas waktu untuk membangun kedekatan saat bersamanya. Mengecek, membalas, berkutat dengan segala hal dalam sosial media jelas akan menguras waktu dan nikmatnya kebersamaan Anda saat bersama kekasih. Tentu akan lebih parah jika Anda dan kekasih adalah pasangan sibuk yang sangat terbatas dan jarang bertatap muka secara langsung.

3. Menggunakan pola komunikasi dunia maya melalui sosial media terhadap hubungan asmara Anda bersama kekasih juga dapat membawa dampak buruk pada hormon oksitosin yang merupakan hormon penununjang yang dapat menigkatkan rasa sayang Anda terhadap kekasih. Kemudahan teknologi tentu tidak akan mungkin membuat Anda mendapatkan keintiman secara fisik dalam hubungan Anda dan kekasih. Pola komunikasi yang tercipta tidak lain hanya akan didominasi dalam bentuk teks. Tentu akan lain halnya disaat Anda bertatap muka secara langsung dengan kekasih, hal demikian akan membantu meningkatkan hormon yang akan medekatkan Anda secara emosional bersama kekasih. Dengan adanya rangsangan sentuhan baik dengan saling berpegangan tangan, berpelukan, hingga saling tertawa, tentu akan lebih efektif membangun rasa intim bersama kekasih ketimbang hanya menjalin komunikasi secara virtual melalu fitur dari teknologi yang canggih tersebut.

4. Komunikasi yang terbangun melalui pesan singkat akan sangat rentan dengan kesalahanpahaman yang kemungkinan besar terjadi antara Anda dan kekasih. Tentu akan menjadi hal yang sulit untuk mengukur banyaknya kalimat yang Anda gunakan dengan sejuta makna yang dapat tergambarkan saat Anda mengutarakannya dan memperlihatkan ekspresi secara langsung dengan kekasih. Mulai dari bahasa tubuh, mimik wajah, intonasi saat berbicara pun tidak akan tampak pada pola komunikasi demikian. Sehingga mengutamakan komunikasi dalam membangun kedekatan dengan kekasih jelas tidak akan membawa Anda mendapatkan kedekatan emosional bersamanya dan akan menggiring hubungan Anda menjadi semakin renggang lama kelamaan.

Oleh karena itu, keberadaan teknologi bukan berarti membuat Anda dan kekasih tidak lagi harus membuang-buang waktu untuk bertemu. ‘Membuang-buang waktu’ dan menikmati waktu bersama kekasih akan lebih menjadi pola yang sehat dalam membangun kedekatan dalam kehidupan asmara Anda bersamanya ketimbang menjadikan keberadaan teknologi sebagai pola utama dalam membangun hubungan Anda bersamanya yang hanya berpotensi membuat hubungan Anda menjadi renggang.

Avatar
Ardiansyah Arafah
Penggebuk drummer yang juga hobi menuangkan isi pikirannya dalam bentuk tulisan. Kebanyakan tulisannya berbentuk tips dan trik percintaan yang tampaknya diangkat dari pengalaman pribadinya saat sering menjadi sasaran timpuk penonton waktu manggung (heh?)

More from author

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel terkait

Advertisment

Artikel terbaru

4 Pertanyaan Besar Terhadap Asmara Anda

Dalam sesuatu hubungan yang Anda jalani dengan kekasih, Anda tentunya sudah mengalami berbagai bentuk ujian dan cobaan. Cobaan ataupun ujian sendiri kadang kala bisa...

5 Sikap Terbaik Saat Bertemu Sang Mantan

Hubungan asmara yang kandas, jangan sampai membuat Anda menjadi sempit berfikir. Mengambil hikmah dan menjadi pribadi yang tidak pendendam dapat membuat Anda bisa menikmati...

Beberapa Momen Memalukan Saat ‘First Date’

Suatu hubungan asmara tentunya terlebih dahulu diawali dengan tahap pendekatan. Hal ini tentunya bertujuan agar masing-masing bisa lebih saling mengenal karakter dan kepribadian satu...