5 Langkah Untuk Mengontrol Hasrat Seksual Berlebihan

Kecenderungan yang ditunjukkan oleh kebanyakan pria yang selalu menuntut pasangannya untuk selalu berhubungan secara intim melalui hubungan seks merupakan hal yang wajar. Seorang pria akan selalu berusaha mengajak pasangan wanitanya untuk berhubungan seks pada setiap waktu luang bahkan menyelipkan waktu untuk berhubungan seks ditengah rutinitasnya sehari. Hal di atas tentunya menunjukkan bahwa pasangan pria tersebut, memiliki hasrat seksual yang kuat. Terpupuknya hormon tertosteron dengan baik pada tubuh pria tentunya akan mengekspresikan hasrat seksual yang tinggi. Dalam suatu ikatan pernikahan, pasangan pria yang memiliki hasrat seksual yang tinggi merupakan hal yang positif oleh karena pasangan pria selain untuk memuaskan dahaga seks nya sebagai suatu kebutuhan batin dan biologis, berhubungan seks menurutnya sebagai upaya untuk bisa menciptakan keintiman guna memaksimalkan kehidupan seks dirinya dan pasangan wanitanya yang tentunya pula akan lebih mendekatkan mereka dalam ikatan emosional yang kuat. Namun, yang menjadi masalah disini yakni ketika pasangan pria tersebut memiliki hasrat seksual yang over sehingga hal tersebut dapat memicu hasrat seksual yang tidak terkontrol, misalnya ketika suami Anda meminta untuk melakukan hubungan seks dengan Anda walaupun Anda dalam kondisi menstruasi. Tentunya melakukan hubungan seks pada kondisi ini, sangatlah tidak diajunrkan oleh karena dapat memicu timbulnya berbagai jenis penyakit seperti kanker rahim pada pasangan wanitanya ataupun pada contoh lain misalnya ketika Anda memiliki hasrat bercinta yang sedang memuncak dan meninggi kemudian pasangan Anda menjadi lelah oleh karena rutinitas aktifitas yang telah dilakukannya seharian. Kedua kondisi di atas tentunya dapat memicu terjadinya gangguan dalam hubungan asmara Anda bersama pasangan Anda. Terjadinya hal di atas, dimana tidak dapat terkontrolnya hasrat seksual tentunya harus menjadi perhatian Anda untuk segera diatasi sedini mungkin.  Anda dapat memulainya dari diri Anda sendiri dan kemudian meminta bantuan orang lain misalnya dengan melakukan konsultasi pada teman ataupun psikologi seks ataupun seksolog apabila sudah menginjak fase yang cukup serius. Berikut terdapat 5 langkah yang dapat menjadi alternatif dalam menekan gairah seks yang berlebih sehingga Anda dapat mengontrolnya sebagaimana yang dikutip dari Livestrong, antara lain :
Langkah Pertama

Jika Anda sudah merasa gairah seksual Anda sudah tidak dapat tertahankan dan terkontrol, maka Anda dapat melakukan konsultasi pada seksolog terhadapa gairah seksual berlebihan dan tidak terkontrol seperti yang Anda alami. Tingginya dorongan untuk selalu melakukan aktfitas seksual seperti bercinta dengan pasangan pada umumnya dikenal dengan istilah ‘hyper seks’ ataunymphomania tentunya dapat membahayakan kesehatan Anda. Hal tersebut dapat berakibat terjadinya gangguan medis serius seperti bipolar disorder (perubahan mood yang sangat cepat) ataupun dapat mengakibatkan terjadinya kanker pada bagian ginjal. Namun, jika ternyata hasil diagnosa dokter yang menyatakan Anda hanya mengalami kecanduan seks, dokter akan hanya merekomendasikan Anda pada psikolog seks ataupun seksolog yang nantinya akan memberikan terapi dalam mengatasinya.

Langkah Kedua

Agar Anda bisa berhasil untuk dapat mengontrol harsat seksual Anda yang berlebihm terlebih dahulu tentunya harus memulai dari dalam diri Anda sendi. Terlebih dahulu Anda harus memahami alasan Anda untuk mengurangi gairah seksual yang tidak terkontrol tersebut. Misalnya dengan alasan keagamaan sehingga Anda berkeinginan untuk mengurangi libido Anda dengan cara melakukan konsultasi dengan guru spritual yang Anda percayakan guna memperoleh nasihat dan panuan seusia aturan dan keyakinan agama Anda. Perasaan dan rabu tidak perlu Anda khawatirkan oleh karena Anda bukanlah kasus pertama yang dihadapi olehnya.

Langkah Ketiga

Langkah berikut yang dapat Anda lakukan agar dapat mengontrol libido berlebih yang Anda alami tentunya Anda harus menghindar untuk sementara waktu dengan segala bentuk visualisasi yang berbau pornografi ataupun sensualitas seksual yang pada umumnya terdapat pada film dewasa, novel erotis, ataupun majalah dewasa oleh karena hal-hal demikian dapat kembali memupuk libido berlebih yang ada pada Anda. Menghindari hal-hal di atas sangatlah membantu Anda dalam mengurangi hasrat seksual berlebih sehingga nantinya Anda dapat memngontrolnya dengan baik.

Langkah Keempat

Menyibukkan diri Anda pada waktu-waktu luang untuk melakukan aktifitas olahraga seperti memasak, melakukan latihan yoga dan gym dapat membuat Anda teralihkan dari aktifitas seksual yang dimungkinkan terjadi pada waktu-waktu luang Anda bersama pasangan Anda. Anda tidak perlu serius menanggapi waktu luang Anda yang tidak di isi dengan aktifitas seksual dalam membangun keintiman Anda bersama pasangan Anda. Kegiatan-kegiatan di atas juga dapat menjadi alternatif dalam membangun keintiman Anda bersama pasangan guna mengeratkan kedekatan emosinal dengannya.

Langkah Kelima

Masturbasi merupakan metode onani yang biasanya dilakukan oleh kaum wanita yang miliki hasrat seksual yang tinggi. Hal seperti ini biasanya dilakukan untuk memberikan kepuasan kebutuhan seksual wanita untuk dirinya sendiri selain melakukannya dengan pasangan. Namun, hal ini dapat meningkatkan risiko medis pada bagian kelamin Anda oleh karena lebih bersifat melukai diri Anda sendiri terlebih ketika Anda melakukannya dengan menggunakan sex toys yang sebenarnya hal tersebut sangat tidak dianjurkan dalam melampiaskan libido Anda. Untuk dapat menghindari kondisi tersebut, Anda bisa memikirkan hal lain yang bersifat non seksual dan Anda dapat melibatkan diri Anda dengan aktifitas lain hingga hasrat tersebut menjadi pudar.

Avatar
Ardiansyah Arafah
Penggebuk drummer yang juga hobi menuangkan isi pikirannya dalam bentuk tulisan. Kebanyakan tulisannya berbentuk tips dan trik percintaan yang tampaknya diangkat dari pengalaman pribadinya saat sering menjadi sasaran timpuk penonton waktu manggung (heh?)

More from author

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel terkait

Advertisment

Artikel terbaru

4 Pertanyaan Besar Terhadap Asmara Anda

Dalam sesuatu hubungan yang Anda jalani dengan kekasih, Anda tentunya sudah mengalami berbagai bentuk ujian dan cobaan. Cobaan ataupun ujian sendiri kadang kala bisa...

5 Sikap Terbaik Saat Bertemu Sang Mantan

Hubungan asmara yang kandas, jangan sampai membuat Anda menjadi sempit berfikir. Mengambil hikmah dan menjadi pribadi yang tidak pendendam dapat membuat Anda bisa menikmati...

Beberapa Momen Memalukan Saat ‘First Date’

Suatu hubungan asmara tentunya terlebih dahulu diawali dengan tahap pendekatan. Hal ini tentunya bertujuan agar masing-masing bisa lebih saling mengenal karakter dan kepribadian satu...