3 Hal Utama yang Menyebabkan Menurunnya Libido Pada Wanita

Melakukan hubungan sex dengan pasangan Anda tentunya merupakan hal yang sangat berguna dalam membangun keintiman didalamnya. Hubungan sex tentunya sangatlah menguras energi. Namun, tidak akan begitu terasa energi jikalau Anda memiliki gairah yang besar dalam melakukannya. Gairah yang besar tentunya sangat menopang asupan energi Anda dalam berhubungan sex. Namun, apa jadinya pula jika Anda kekurangan gairah ketika hendak berhubungan sex dengan pasangan Anda. Pada dasarnya, terdapat beberapa hal yang dapat mengakibatkan menurunnya gairah pada wanita dalam berhubungan sex misalnya seperti stress, mengurus anak, masalah asmara,pengobatan fisik atau juga ketidakmampuan fisik dan rasa sakit. Libido wanita ini sangat rawan. Sisi emosional, mental, fisik dan spiritual bisa menjadi penyebab utama mereka malas bercinta sehingga nantinya tidak akan tercipta suatu klimaks ketika Anda berhubungan sex dengan pasangan Anda.

Terdapat banyak hal yang bisa dilakukan dalam mengendalikan hormon seks wanita, yang mungkin beberapa hal dimaksud Anda telah mengetahui sebelumnya danmu sangat sulit bagi Anda untuk mendefenisikannya. Berikut ini adalah tiga hal utama yang menyebabkan menurunnya libido pada wanita, sebagaimana yang dilansir Livestrong, antara lain :

1. Faktor Biologis

Kondisi fisik ataupun alam juga bisa digunakan sebagai variabel terjadinya penurunan libido pada wanita. Rutinitas yang banyak sehingga mengakibatkan fisik Anda menjadi lelah, misalnya ketika Anda mengurus rumah tangga dan anak-anak, bahkan karena kebanyakan bekerja Anda mengalami insomnia, tentunya bisa dipandang sebagai hal-hal yang dapat mengakibatkan menurunnya gairah seks. Hal lain yang juga dapat mengakibatkan menurunnya gairah seks misalnya yang berhubungan dengan seksualitas seperti sakit yang dirasakan saat bercinta atau ketidakmampuan untuk orgasme.

Menurut Ashley Hill, MD, spesialis OB/GYN, “kelahiran dan masa menyusui juga bisa menjadi penyebab turun atau hilangnya hasrat seks. Hal ini terjadi, karena pada masa-masa tersebut tingkat hormon seks pada wanita atau estrogen juga menurun. Ketidakseimbangan hormon juga berkontribusi pada berkurangnya libido“. Kondisi seperti ini pada umumnya dialami bagi mereka yang menginjak usia menopause atau perimenopause. Kondisi di atas, menyebabkan terjadinya kekeringan pada daerah¬†¬† Miss V sehingga dapat mengakibatkan rasa sakit oleh karena gesekan yang tidak disertai dengan lumasan alami yang bersumber dari vagina dan tentunya membuat seks menjadi hal yang tidak terlalu diinginkan.

Terjadinya masalah kesehatan pada seseorang seperti obesitas, hipertensi, diabetes, kanker, penyakit jantung, dapat dipandang sebagai faktor yang dapat mengakibatkan menurunnya gairah seks pada wanita. Kondisi medis lainnya dapat pula dikarenakan oleh pengobatan medis, seperti penggunaan suplemen dan pasca operasi pun juga dapat dipandang sebagai penyebab menurunya gairah seks pada wanita.

2. Faktor Psikis

Terjadinya gangguan kesehatan yang menyerang mental pada wanita seperti masalah kurangnnya kepercayaan diri, depresi, ataupun gangguan psikologis lainnya, dapat dipandang sebagaipenyebab menurunnya gairah seks pada wanita. Hal lain misalnya seperti stress juga dapat dipandang sbagai faktor kuat menurunnya libido pada seseorang.

Menurut majalah Good Housekeeping USA, “para wanita usia 20-an yang mengasuh anak 6 tahun mengklaim keinginan mereka untuk bercinta berkurang dua hingga tiga kali lipat. Beberapa wanita juga mengalami penurunan libido karena rasa bersalah terhadap aktivitas seksual yang mereka lakukan. Hal ini bisa terjadi disebabkan nilai-nilai dan perilaku yang ditanamkan oleh orangtua tentang pandangan dan persepsi keliru mereka tentang seks saat masih kecil (seks itu tabu, bertentangan dengan agama, dan sebagainya)“. Profesor di Penn State University Patricia Koch, Ph.D. yang mengajar Biobehavioral Health & Women’s Studies menjelaskan, “pesan yang wanita tangkap dari lingkungan tentang perilaku seksual mereka juga berpengaruh langsung pada libido mereka“.

3. Faktor Hubungan Dengan Pasangan

Hadirnya masalah dalam hubungan Anda dengan pasangan Anda yang kemudian berlarut-larut bahkan hingga berkepanjangan oleh karena tidak ditemukannya solusi dalam menyelesaikannya, tentunya dapat dipandang sebagai faktor utama yang menyebabkan menurunnya libido pada kaum wanita. Terjadinya masalah didalam rumah tangga, tentunya akan sangat mempengaruhi dan mengurangi keintiman pasangan secara emosional. Tidak terciptanya kedekatan dalam rumah tangga Anda sehingga secara emosional membuat seseorang semakin menjadi tidak intim tentunya akan mengakibatkan hilangnya gairah seks/ libido pada wanita.

Komunikasi yang tidak berjalan dengan baik antar sesama pasangan tentunya dapat memperparah kondisi tersebut dan akan menjadi hal yang pasti bahwa akan semakin mengurangi keinginan wanita untuk berhubungan seksual. Hilangnya ruang berdisikusi yang sepatutnya dilakukan dengan sesama pasangan ketika hendak ingin ataupun tidak untuk melakukan hubungan sex, apa yang dibutuhkan dan bagaimana memenuhi kebutuhan pasangan merupakan hal yang akan semakin membuat wanita kehilangan libidonya. Selain itu, kurangnya kepercayaan terhadap pasangan dapat pula dipandang penyebab utama hilangnya gairah seks.

Avatar
Ardiansyah Arafah
Penggebuk drummer yang juga hobi menuangkan isi pikirannya dalam bentuk tulisan. Kebanyakan tulisannya berbentuk tips dan trik percintaan yang tampaknya diangkat dari pengalaman pribadinya saat sering menjadi sasaran timpuk penonton waktu manggung (heh?)

More from author

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel terkait

Advertisment

Artikel terbaru

4 Pertanyaan Besar Terhadap Asmara Anda

Dalam sesuatu hubungan yang Anda jalani dengan kekasih, Anda tentunya sudah mengalami berbagai bentuk ujian dan cobaan. Cobaan ataupun ujian sendiri kadang kala bisa...

5 Sikap Terbaik Saat Bertemu Sang Mantan

Hubungan asmara yang kandas, jangan sampai membuat Anda menjadi sempit berfikir. Mengambil hikmah dan menjadi pribadi yang tidak pendendam dapat membuat Anda bisa menikmati...

Beberapa Momen Memalukan Saat ‘First Date’

Suatu hubungan asmara tentunya terlebih dahulu diawali dengan tahap pendekatan. Hal ini tentunya bertujuan agar masing-masing bisa lebih saling mengenal karakter dan kepribadian satu...