Survei: 61% Wanita Masih Menyimpan Foto Sang Mantan

Berakhirnya hubungan asmara seseorang tentu akan menjadi suatu kondisi yang berat untuk ilalui oleh mereka. Fase kritis demikian tentu harus membuat mereka mampu untuk melewatinya. Menyimbukkan diri ataupun berkumpul dengan keluarga ataupun sahabat merupakan beberapa cara yang dilakukan oleh sebagian besar oleh mereka guna agar mereka teralihkah untuk memikirkan hubungan asmara yang telah berakhir dengan sang mantan. Jalan bersama seorang pria dengan tujuan untuk mengisi kekosongan hati mereka belum menjadi suatu kondisi yang dapat membuat mereka move on bersama pasangan yang baru. Hal demikian tentu menunjukkan bahwa sepenuhnya Anda belum bisa menerima hubungan asmara Anda yang telah berakhir bersama sang mantan sehingga membuat Anda belum bisa move on darinya.

Sulitnya wanita untuk move on bersama orang tentu akan semakin parah jika mereka masih menyimpan berbagai bentuk peninggalan sang mantan seperti yang paling umum yaitu dokumentasi dalam bentuk foto. Tentu Anda pun pernah melakukan hal yang sama, dimana meskipun hubungan asmara Anda sudah berakhir dengan sang mantan, namun Anda masih menyimpan foto Anda bersamanya dulu. Mungkin dengan tujuan untuk dapat dijadikan sebagai pengingat untuk sebuah kenangan dengan mantan yang indah. Namun sebenarnya, menyimpan dokumentasi sang mantan berupa foto, hal tersebut menunjukkan bahwa Anda seutuhnya belum mampu untuk melupakannya dan bahkan Anda masih memiliki rasa cinta terhadap si dia.

Berdasarkan sebuah hasil survei yang diadakan oleh salah satu situ jejaring sosial Friends Reunited sebagai salah satu jejaring sosial yang diperuntukkan bagi mereka yang ingin berjumpa dengan sahabat lama, dimana survei tersebut hanya ditujukan kepada kaum wanita saja dan ditemukan bahwa terdapat 61% wanita yang masih menyimpan dokumentasi dalam bentuk foto sang mantan.

Sedangkan bila diperbandingkan dengan pria terhadap hal yang serupa, pada pria hanya terdapat 56 persen dari mereka yang masih menyimpan foto sang mantan kekasihnya. Tentu kuantitas dari hasil survei yang ditemukan dapat disimpulkan bahwa presentasi kaum wanita yang menyimpan dokumentasi sang mantannya masih lebih besar bila dibandingkan dengan kaum pria. Terdapat pula 17 % dari kaum pria yang beranggapan bahwa menyimpan dokumentasi mantan mereka adalah suatu kesalahan yang justru dapat membuat mereka semakin terjebak dan terdapat 11 % kaum wanita juga menganggap demikian.

Responden berasumsi bahwa dengan menyimpan dokumentasi sang mantan dalam bentuk foto merupakan suatu bentuk apresiasi terhadap kenangan indah yang pernah mereka lalui sebelumnya hubungan asmara masing-masing berakhir. Sehingga membuat mereka tak ingin melupakan salah satu momen terindah dalam hidup mereka. Tentu hal tersebut menggambarkan bahwa wanita ataupun pria yang masih menyimpan foto sang mantannya tersebut menunjukkan bahwa mereka masih memiliki perasaan cinta terhadapnya. Asumsi tersebut semakin diperkuat dengan sebuah hasil survei yang menunjukkan bahwa terdapat 12% kaum pria dan 5% kaum wanita yang mengaku masih menyimpan foto sang mantan dengan alasan karena mereka masih memiliki perasaan cinta terhadapnya meskipun hubungan asmara masing-masing telah berakhir.

Menurut salah seorang psikolog Corinne Sweet sebagaimana yang dilansir oleh Daily Mail mengemukakan bahwa, “Tak mengejutkan kalau hampir setengah dari kita masih menyimpan kenang-kenangan dari mantan kekasih; foto membangkitkan emosi yang kuat sekaligus melepaskan memori dari hubungan dan waktu di masa lalu,” ujarnya.

Corrinne pun beranggapan bahwa mereka yang masih menyimpan dokumentasi dalam bentuk foto sang mantan meskipun mereka sudah mempunyai kekasih lagi, maka hal tersebut menandakan bahwa salah satu dari mereka belum dapat move on seutuhnya bersama pasangan mereka saat ini. “Ketika seseorang sudah bisa menyingkirkan foto mantan pasangannya (setelah putus, cerai atau kematian), biasanya itulah saat di mana mereka secara emosional sudah siap untuk move on,” tambah Corrine. 

Merupakan suatu hal yang wajar bila salah satu pasangan masih menyimpan dokumentasi dalam bentuk foto mereka karena dipandangnya sebagai suatu kenangan yang tak bisa mereka lupakan. Dokumentasi yang disimpan tersebut merupakan wujud ekspresi dan refleksi seseorang dalam menggambarkan hubungan asmara dengan pasangan mereka terdahulu.

Terdapat 48 % responden yang menyimpan dokumentasi mereka dengan sang mantan dalam bentuk album foto dan 31% responden memilih untuk menyimpan dokumentasi foto mereka bersama pasangan dengan cara menempelkannya di lemari ataupun menyelipkannya di laci. Sedangkan 12% persen dari responden memilih menyimpan dokumentasi foto mereka bersama sang mantan dengan cara menyimpannya peti gudang, bahkan dengan menguburnya.

Hubungan asmara yang telah berakhir tentu akan pernah meninggalkan suatu cerita yang manis dan indah untuk dikenang. Hal tersebut tentu akan teringat dalam memori masing-masing pasangan sehingga dulunya mereka mempunyai cerita cinta yang indah. Dengan asumsi demikian tentulah mereka akan merefleksikan asmara mereka dulu dengan cara menyimpan dokumentasi foto mereka sewaktu pacaran dulu.

Jika perilaku doi memberi tanda mantan masih mencintai Anda, tentu menyimpan fotonya menjadi peluang Anda untuk kembali padanya. Tapi jika tidak? ayolah jangan jadikan diri Anda terlihat murahan ladies.

Avatar
Ardiansyah Arafah
Penggebuk drummer yang juga hobi menuangkan isi pikirannya dalam bentuk tulisan. Kebanyakan tulisannya berbentuk tips dan trik percintaan yang tampaknya diangkat dari pengalaman pribadinya saat sering menjadi sasaran timpuk penonton waktu manggung (heh?)

More from author

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel terkait

Advertisment

Artikel terbaru

4 Pertanyaan Besar Terhadap Asmara Anda

Dalam sesuatu hubungan yang Anda jalani dengan kekasih, Anda tentunya sudah mengalami berbagai bentuk ujian dan cobaan. Cobaan ataupun ujian sendiri kadang kala bisa...

5 Sikap Terbaik Saat Bertemu Sang Mantan

Hubungan asmara yang kandas, jangan sampai membuat Anda menjadi sempit berfikir. Mengambil hikmah dan menjadi pribadi yang tidak pendendam dapat membuat Anda bisa menikmati...

Beberapa Momen Memalukan Saat ‘First Date’

Suatu hubungan asmara tentunya terlebih dahulu diawali dengan tahap pendekatan. Hal ini tentunya bertujuan agar masing-masing bisa lebih saling mengenal karakter dan kepribadian satu...