Studi: Pacaran LDR Lebih Harmonis Dibandingkan Dengan Pacaran Biasa

Studi Pacaran LDR Lebih Harmonis Dibandingkan Dengan Pacaran Biasa oleh SegiEmpat

Membawa hubungan asmara ke arah yang harmonis jelas bukan perkara yang mudah. Timbulnya masalah yang tentu dapat merenggangkan hubungan asmara seseorang bersama kekasihnya jelas menjadi sebuah konsekuensi yang harus siap dihadapi pasangan dalam kehidupan asmara yang dijalani keduanya. Namun dengan berkomunikasi dan saling bertatap muka langsung, tentu masalah yang ada pun selalu dapat di atasi dan terselesaikan dengan baik.

Lantas apakah hanya dengan model pacaran biasa saja suatu kehidupan asmara dapat menjadi lebih harmonis? Tentu tergantung bagaimana pola hubungan yang dijalani seseorang dalam kehidupan asmaranya. Salah satu contoh yakni pada hubungan long distance. Perbedan jarak dan waktu antara kedua pasangan jelas dapat menjadi pemicu berbagai permasalahan yang dimungkinkan terjadi. Keterbatasan keduanya untuk menjalin kedekatan yang lebih guna membangun ikatan emosional di antara keduanya dengan berbagai aktifitas yang menyehatkan hubungan tentu tidak dapat diwujudkan pada model hubungan demikian. Pertanyaan yang muncul kemudian tentu apakah pasangan LDR tidak bisa menciptakan kehidupan asmara yang harmonis bersama kekasihnya meskipun berada dalam keterbatasan?

Pada faktanya, mungkin banyak orang yang memandang pesimis saat melihat model hubungan long distance. Perbedaan jarak dan waktu membuat seseorang menjadi sangat terbatas dalam membangun kedekatan yang ada satu sama lain. Jika Anda termasuk pasangan long distance, maka apa yang menjadi persepsi orang selama ini yang memandang bahwa hubungan LDR adalah hubungan yang jauh dari keharmonisan dalam hubungan merupakan suatu persepsi yang keliru. Bahkan hubungan memiliki kualitas keharmonisan dalam hubungan asmara ketimbang dengan model pacaran biasa.

Sebagaimana hasil studi yang ditulis pada Journal of Communication yang kemudian di lansir dalam She Know’s menegaskan perbedaan jarak dan waktu justru merupakan effect positif terbesar yang dapat membuat hubungan menjadi semakin kuat dan membahahagiakan. Peneliti pun mendapati bahwa komunikasi pasangan LDR akan sangat berkualitas karena melakukan percakapan yang tulus dari hati ke hati di antara kedua, sehingga komunikasi merupakan suatu hal yang sangat dihargai oleh mereka. Selain itu, bagi pasangan LDR memandang suatu hubungan yang akan selalu memupuk dan membangun rasa cinta serta masa depan dari pencapaian keduanya di kemudian hari.

Kristal Jiang yang merupakan salah satu peneliti menjelaskan bahwa perasaan dekat yang dirasakan oleh pasangan LDR akan tumbuh dan berkembang secara psikis dan tidak pada sentuhan fisik dikarenakan adanya keterbatasan tempat dan waktu di antara keduanya. “Keintiman dapat berkembang secara psikologis, bukan keintiman dalam arti sentuhan fisik,” paparnya. “Sebagai peneliti, saya tidak terkejut dengan hasilnya, karena dapat dijelaskan melalui sifat adaptif komunikasi manusia. Tapi untuk masyarakat umum, saya yakin mereka terkejut, karena mereka lebih percaya bahwa hubungan jarak jauh sangat rentan,” tambahnya.

Sehingga bagi Anda yang kini berada dalam model hubungan seperti di atas, tetaplah membangun hubungan Anda ke arah yang lebih baik bersama kekasih meskipun harus berada dalam keterbatasan dalam membangun perasaan dekat dengannya. Namun, dengan komunikasi intens yang terjaga antara Anda dan si dia, hubungan yang Anda jalin pun akan selalu membuat Anda merasa bahagia. Menujukkan rasa saling percaya satu sama lain, akan menghindarkan Anda dan kekaish dari pihak ketiga yang berpotensi setiap saat mengganggu keharmonisan hubungan asmara Anda bersamanya. Sehingga dengan begitu, rasa saling percaya yang kuat tidak hanya membangun keyakinan dan perasaan dekat, melainkan cinta yang terus tumbuh dan berkembang akan membuat hubungan asmara Anda bersamanya menjadi semakin kuat dari waktu ke waktu yang Anda lalui dengan si dia.

Avatar
Ardiansyah Arafah
Penggebuk drummer yang juga hobi menuangkan isi pikirannya dalam bentuk tulisan. Kebanyakan tulisannya berbentuk tips dan trik percintaan yang tampaknya diangkat dari pengalaman pribadinya saat sering menjadi sasaran timpuk penonton waktu manggung (heh?)

More from author

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel terkait

Advertisment

Artikel terbaru

4 Pertanyaan Besar Terhadap Asmara Anda

Dalam sesuatu hubungan yang Anda jalani dengan kekasih, Anda tentunya sudah mengalami berbagai bentuk ujian dan cobaan. Cobaan ataupun ujian sendiri kadang kala bisa...

5 Sikap Terbaik Saat Bertemu Sang Mantan

Hubungan asmara yang kandas, jangan sampai membuat Anda menjadi sempit berfikir. Mengambil hikmah dan menjadi pribadi yang tidak pendendam dapat membuat Anda bisa menikmati...

Beberapa Momen Memalukan Saat ‘First Date’

Suatu hubungan asmara tentunya terlebih dahulu diawali dengan tahap pendekatan. Hal ini tentunya bertujuan agar masing-masing bisa lebih saling mengenal karakter dan kepribadian satu...