Pacaran Itu Apa Sih? (Bagian 1)

arti pacaran

Dulu orang berpacaran itu dianggap tabu. Namun beberapa tahun kemudian, orang berpacaran dianggap biasa—karena sudah banyak yang melakukannya. Berganti waktu, orang berpacaran sambil berpegangan tangan sudah diprotes banyak orang karena dianggap sudah kelewat batas. Tapi beberapa tahun kemudian, ketika masyarakat melihat sepasang pria dan wanita berjalan sambil bergandengan tangan, responnya biasa saja. Hal itu sekali lagi dilakukan karena mereka sudah menganggapnya biasa. Tetapi yang perlu dikhawatirkan, beberapa tahun belakangan in, sebagian masyarakat yang melihat sepasang muda-mudi tengah bermesraan, berpelukan, bahkan berciuman juga hampir saja tidak merespon karena mereka pikir hal itu sudah biasa.

Eittss….tunggu dulu! Jangan sampai seluruh lapisan masyarakat bangsa kita yang terkenal akan budaya ketimurannya merespon hal tersebut dengan sangat acuh. Pergaulan anak muda zaman sekarang memang sangat berbeda dengan beberapa puluh tahun yang lalu. Hal tersebut wajar karena sistem pergaulan, budaya, dan teknologi yang didapatkan oleh mereka sangat berbeda dengan zaman orang tua kita dulu. Jika anak zaman sekarang belum pernah merasakan yang namanya pacaran, bisa-bisa dianggap cupu alias ketinggalan zaman.

Tapi apakah benar demikian?

Sebenarnya, hal itu sangat salah. Banyak anak muda—dan mungkin saja termasuk anda atau teman-teman di sekitar anda—yang beranggapan demikian tanpa tahu maksud dan artinya berpacaran itu apa. Mereka tahu bagaimana rasanya cinta, sayang, dan caranya menyatakan perasaan. Namun pada saat perasaan itu telah direspon positif oleh lawan jenis yang memikat hati anda, dan komitmen antara anda dengan orang yang biasa disebut dengan pacar atau kekasih itu muncul—yang sekarang ini biasa disebut dengan kata “jadian”–maka akan banyak sekali spekulasi dan persepsi yang salah. Dan fatalnya, hal ini banyak dilakukan oleh banyak generasi muda sekarang.

Persepsi seperti apa maksudnya?

Misalnya saja, anda adalah pria dengan pergaulan yang sangat luas dan memiliki kelompok teman yang telah memiliki pacar. Pada saat anda melihat teman anda melakukan sesuatu dengan pacar atau kekasihnya, misalnya berpelukan, bermesraan, atau bahkan berciuman, mendadak muncullah setan-setan yang tak tahu darimana hadirnya, yang mengajak anda untuk melakukan hal yang sama dengan pacar atau kekasih anda. Dan jika kekasih anda tidak mau, sontak anda akan marah, atau bertanya padanya, “Jadi kamu tidak sayang ya sama aku? Kok nggak mau?”

Contoh kecil di atas, tentu banyak sekali dialami dan bahkan mungkin dilakukan oleh anak muda zaman sekarang. Dan percaya atau tidak, hal itulah yang lama-lama dapat menyebabkan kerusakan etika secara perlahan dalam kehidupan masyarakat.

 

Arti kasih dan sayang yang sebenarnya

Tertarik pada lawan jenis tentu bukanlah hal yang salah. Karena setiap manusia memiliki rasa cinta pada dirinya masing-masing. Namun, pada saat anda memberanikan diri untuk mencintai lawan jenis dan lantas menyatakan perasaan anda padanya, tentunya butuh keberanian yang super dari dalam diri anda. Dan pada saat respon dari lawan jenis sangat positif pada anda, hal pertama yang perlu anda lakukan jelaslah menjaga cintanya pada anda dan menjaga cinta anda padanya.

Cinta, kasih, dan sayang, merupakan symbol romantisme dalam kehidupan manusia. Namun, satu hal perlu digarisbawahi bahwa pada saat kita mencintai seseorang jangan kita cinta dia dengan nafsu. Karena nafsu itulah yang akan membuat hubungan anda dengan kekasih menjadi tidak bertahan lama.

Avatar
Erwin Miradi
Internet marketer, PHP geek, dan seorang gamer sejati. Sebagai Internet Marketer yang sudah bergelut dengan situs dan blog sejak 2006, Erwin Miradi banyak menulis tentang turorial WordPress yang diambil dari pengalamannya sendiri.

More from author

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel terkait

Advertisment

Artikel terbaru

4 Pertanyaan Besar Terhadap Asmara Anda

Dalam sesuatu hubungan yang Anda jalani dengan kekasih, Anda tentunya sudah mengalami berbagai bentuk ujian dan cobaan. Cobaan ataupun ujian sendiri kadang kala bisa...

5 Sikap Terbaik Saat Bertemu Sang Mantan

Hubungan asmara yang kandas, jangan sampai membuat Anda menjadi sempit berfikir. Mengambil hikmah dan menjadi pribadi yang tidak pendendam dapat membuat Anda bisa menikmati...

Beberapa Momen Memalukan Saat ‘First Date’

Suatu hubungan asmara tentunya terlebih dahulu diawali dengan tahap pendekatan. Hal ini tentunya bertujuan agar masing-masing bisa lebih saling mengenal karakter dan kepribadian satu...