Mengapa Kita Begitu Sulit Meminta Maaf?

Manusia itu adalah makhluk yang paling sempurna di alam semesta, tapi kesempuarnaan itu tidak membuat kita sebagai manusia benar-benar sempurna. Karena ada kalanya kesempurnaan itu malah membuat kita berbuat salah.

Ya hal itu adalah hal normal yang terjadi dalam kehidupan kita sebagai manusia. Tapi nyatanya kadang kesalahan itu malah tidak disadari, atau sebenarnya disadari tapi kenormalan itu malah dijadikan pembenar untuk tidak meminta maaf.

Mengapa begitu sulit bagi sebagian dari kita untuk meminta maaf bahkan ketika kita tahu bahwa tindakan kita itu salah? Hal seperti itu adalah salah satu fenomena yang palin sering terjadi dalam kehidupan kita benar bukan? bahkan bisa saja Anda salah satu diantaranya. Tapi apakah Anda tahu kenapa? apakah Anda tahu alasannya? Apakah Anda tahu jawabannya?

Kita semua setuju kalau tidak ada orang di dunia ini yang tidak pernah melakukan kesalahan. Kita semua pernah membuat kesalahan dalam kehidupan kita. Sebagai manusia, ada saat-saat dimana kita membuat penilaian buruk dan keputusan yang salah. Tidak ada cara untuk melarikan diri dari kenyataan ini.

Meskipun demikian, tetap saja ada orang yang merasa sangat sulit untuk meminta maaf. Bagi mereka, meminta maaf akan merusak harga diri mereka. Meminta maaf bahkan bisa membuat citra mereka rusak dimata semua orang, atau bahkan seperti fenomena belakangan ini dimana ada yang mengklaim sesuatu tanpa fakta tapi tidak merasa salah. Atau yang sebenarnya tahu dia salah tapi malah menciptakan drama biar tidak disalahkan.

Semua itu mungkin alasannya karena berbagai macam, entah karena takut harga dirinya rusak, takut dinilai buruk atau demi menjaga imagenya. Tapi apapun itu, sebenarnya orang-orang seperti itu cenderung tidak percaya diri.

Sebaliknya, orang yang percaya diri akan mengakui kesalahan mereka karena pengakuan atas kesalahan tersebut tidak akan mempengaruhi konsep diri mereka. Meskipun telah berbuat salah, mereka yakin bahwa mereka mampu untuk memperbaiki kesalahan dan berbuat lebih baik di masa yang akan datang.

Bayangkan jika anak Anda berbuat kesalahan lalu ia dengan manisnya meminta maaf segera setelah ia menyadari bahwa ia salah. Anda pasti akan luluh dan merasa tidak tega untuk memarahinya. Seorang anak kecil tahu bahwa kesalahannya tidak akan merusak hubungan antara ia dan orang tuanya atau pendapat orang tuanya tentang dia. Kita semua dapat mengambil pelajaran dari anak kecil bahwa sebuah kesalahan tidak mendefinisikan karakter Anda jadi jangan takut untuk meminta maaf jika Anda harus melakukannya.

Orang yang mampu meminta maaf setelah melakukan kesalahan memiliki konsep diri yang kuat dan tanggung jawab moral yang besar. Mereka tidak khawatir bahwa orang lain akan memandang rendah mereka jika mereka meminta maaf atas kesalahan mereka karena mereka tidak akan memandang rendah diri mereka sendiri. Mereka tidak akan merasa bahwa dengan meminta maaf, pihak lain akan berada di atas angin. karena mereka tidak khawatir tentang mendapatkan, kehilangan, atau mempertahankan posisi tetap di atas angin.

Meminta maaf atas kesalahan Anda membutuhkan kebijaksanaan. Dengan meminta maaf, Anda dapat mencegah terjadinya hal-hal yang lebih buruk. Permintaan maaf yang tidak diucapkan akan “menggantung” di udara dan menyebabkan ketidaknyamanan. Kadang-kadang, permintaan maaf yang sederhana bisa membawa keajaiban bagi hubungan interpersonal Anda. Jika pihak yang Anda mintai maaf itu menolak untuk memberi maaf, maka setidaknya Anda telah terbebas dari beban. Jika saat ini anda memiliki masalah dalam hubungan Anda dengan seseorang, mungkin dibutuhkan sebuah permintaan maaf demi membuat hubungan tersebut sehat kembali.

Nah, sudahkah Anda meminta maaf atas kesalahan Anda hari ini?

@PriskaYan
@PriskaYan
Freelance writer, event organizer, animal lover and K-Pop freak.

More from author

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel terkait

Advertisment

Artikel terbaru

Katanya Dia Tidak Cinta Saya Lagi. Apa Yang Harus Saya Lakukan?

“Apa yang harus saya lakukan saat si dia mengatakan sudah tak cinta lagi?” Apakah pacar Anda baru-baru ini mengatakan...

Apa yang Harus Saya Lakukan Jika Mantan Saya Berkencan Dengan Orang Lain?

Kehilangan seseorang yang kita anggap penting bisa menjadi salah satu pengalaman hidup yang paling sulit untuk dilalui....

Cara Menaklukkan Wanita Super

Soal memilih wanita, memang kita semua tentu punya pilihan yang berbeda-beda dan itu tergantung selera atau kriteria yang kita idamkan. Tapi sekarang...