Gejala dan Cara Mencegah Stres

Kehidupan sudah pasti banyak suka dan dukanya, bahkan ada kalanya hal yang begitu kita inginkan kadang harus diawali dengan berbagai kesulitan dan masalah. Hal ini sebenarnya wajar-wajar saja karena memang dibutuhkan usaha untuk bisa mendapatkannya. Cuma faktanya kondisi seperti ini juga bisa memicu gangguan, tidak hanya pada pikiran tapi juga kesehatan.

Banyaknya masalah yang datang bertubi-tubi terkadang membuat pikiran kita menjadi kacau. Dan hal itu membuat pekerjaan yang harusnya dapat terselesaikan tepat waktu malah kacau karena kita tidak dapat fokus untuk menyelesaikannya. Pikiran yang kacau ternyata dapat membuat diri kita menjadi stress.

Mungkin sebagian orang sudah biasa dengan stres, apalagi kalau itu memang merupakan tuntutan pekerjaannya. Hanya saja stress itu sendiri sebenarnya tidak boleh dibiarkan begitu saja, karena dapat berbahaya bagi diri kita. Karena itu, kita perlu mengenali tanda-tanda stress sejak dini. Sebab stress merupakan salah satu gejala dari gila. Wah.. Sangat fatal sekali ya? Jangan sampai kita mengalami gangguan jiwa tersebut.Karena impian dan masa depan yang telah kita susun sedemikian rapinya pasti akan kacau.

Stress bukanlah gaya hidup sehat yang dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Kita membutuhkan ahli kejiwaan yang dapat membantu diri kita keluar dari stress. Tidak perlu malu untuk menemui ahli kejiwaan tersebut. Sebab sebenarnya ahli kejiwaan itu tidak hanya berurusan dengan orang-orang yang dilanda kelainan jiwa seperti orang gila. Tapi ahli kejiwaan itu adalah mereka yang memang dapat membantu kita menghadapi masalah kejiwaan. Jangan salah stress itu sendiri termasuk kategori gangguan kejiwaan meski dalam tingkatan yang ringan.

Jika kita tertahan karena rasa malu, kondisi kejiwaan kita akan semakin parah. American Psychiatric Association, menyebutkan bahwa ada beberapa gejala yang merupakan tanda diperlukannya bantuan dari ahli, antara lain:

  • Merasa tegang setiap saat, atau takut terhadap hal-hal yang irasional atau tidak masuk akal.
  • Perasaan sedih atau depresi yang menetap.
  • Perubahan suasana hati atau mood secara signifikan yang tidak sesuai dengan karakter sebelumnya.
  • Merasa sulit untuk berhadapan dengan kondisi atau tanggungjawab harian.
  • Mengalami delusi atau pemikiran yang tidak biasa.
  • Mengalami perubahan kebiasaan pola makan dan tidur.
  • Mengalihkan perhatian pada obat-obatan atau alkohol.
  • Merasa sangat marah atau cenderung melakukan kekerasan.
  • Memikirkan kemungkinan bunuh diri.
  • Sering mengalami mimpi yang aneh.

10 gejala stres di atas mungkin sangat mengerikan saat Anda membacanya, karena memang sebenarnya stress itu bukanlah hal yang biasa. Oleh karena itu, ada 10 tips yang bisa membantu Anda untuk mencegah datangnya stress, apa saja?

Berusaha Mandiri

Kemandirian itu akan membuat mental Anda lebih kuat dalam menghadapi masalah dikemudian hari. Karena itu jangan selalu tergantung pada orang lain, berusahalah untuk selalu mandiri.

Hindari Berburuk Sangka

Jangan berburuk sangka bahwa orang lain akan menghina atau membicarakan Anda, sebab belum tentu orang itu sesuai dengan sangkaan Anda. Apa yang kita lihat dan dengar terkadang tidak sesuai dengan kenyataan. Hal itu disebabkan karena setiap orang memiliki persepsi yang berbeda-beda

Masa Lalu Adalah Masalalu Tak Perlu Diungkit Melulu

Jangan selalu mengingat kesalahan dimasa lalu, karena rasa bersalah dan menyesal akan mempersulit dan menguras banyak pikiran dan tenaga Anda. Selalu fokus ke depan dan mengintrospeksi diri pada saat kesalahan masa lalu it mulai terngiang dalam pikiran Anda.

Ada Kalanya Amarah itu Perlu Dibicarakan

Jangan menyimpan kemarahan dan frustasi. Utarakan dan bicarakan dengan orang yang bertanggung jawab atas terjadinya hal tersebut.

Belajarlah untuk Tidak Menunda-Nunda

Jangan menunda-nunda pekerjaan. Terkadang seseorang merasa waktu 24 jam tidak cukup untuk menyelesaikan tugasnya. Padahal semua bergantung dari diri kita, bagaimana menerapkan cara yang tepat untuk memanajemen waktu dengan baik agar waktu dapat digunakan semaksimal mungkin.

Mulailah untuk Melangkah dengan Kegiatan Baru

Luangkan waktu setiap hari untuk memulai kegiatan baru. Hal ini memang terdengar sederhana tapi sesuatu yang baru itu akan memudahkan Anda.

Rasa Dengki dan Cemburu itu Ada tapi Tak Perlu Dipendam dalam Hati

Jangan menyimpan rasa dengki dan cemburu, karena rasa itu memakan banyak energi pada tubuh.

Belajarlah untuk Memulai Hari dengan Santai

Jangan membiasakan bersikap terburu-buru, karena tindakan terburu-buru akan menjurus pada kesalahan, penyesalan, dan stres.

Semua Masalah yang Kita Alami Pasti Sesuai dengan Kemampuan Kita

Yakinkan pada diri Anda bahwa sebesar apapun cobaan yang Tuhan timpakan diri Anda, pasti sudah sesuai dengan kadar kemampuan kita untuk menghadapinya.

Usahakan Agar Semua Rasa Amarah tidak Dibawa Ke Rumah

Rasa amarah itu kadang membuat kita sulit untuk mengendalikan diri. Jika Anda membawanya ke rumah yang seharusnya menjadi tempat untuk bersantai dan melepas semua penat, Anda tidak akan pernah bisa terlepas dari stress. Dan satu lagi jika anda sedang berkendaraan janganlah menjadi pengendara yang agresif, berkendaralah sesuai dengan standar yang ada.

@AqilAkbar
@AqilAkbar
Pemuda introvert sederhana yang menjadikan tulisan sebagai ekspersi seni sekaligus pekerjaan. Stay motivated and stay positive.

More from author

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel terkait

Advertisment

Artikel terbaru

6 Kelebihan Memiliki Kekasih yang Pemalu

Pada kebanyakan wanita, akan menjadi cenderung menjalin hubungan asmara dengan seorang pria yang memiliki karakter yang serius ketika ia sudah pernah menjalani...

Obat Yang Dapat Memadamkan Gairah Bercinta Anda

Ada beberapa jenis obat yang didapatkan dari resep dapat memadamkan gairah Anda untuk melakukan hubungan seks. Jadi, jika Anda mengalami masalah dalam...

8 Tips Menciptakan Zona Nyaman Ketika Pria Melakukan PDKT

Kembali dengan hubungan asmara, tentunya menjadi hal yang  dapat memberikan berbagai manfaat dalam menjalani hubungan Anda dengan si dia. 'Cinta kadang kala...