Dengarkan dan Renungkan Kritik Pasangan Anda!

Pasangan Anda mungkin mengenal sifat Anda lebih daripada yang Anda pikirkan

Ketika kita sedang mengalami konflik dengan pasangan Anda, kita cenderung tidak setuju dengan hal-hal yang mereka katakan tentang diri kita. Kita menanggapi dengan mengatakan kepada pasangan kita “saya lebih tahu bagaimana sifat saya!”. Tapi Anda salah. Pasangan Anda bisa melihat di dalam diri Anda karakteristik, sifat, sikap, reaksi dan perilaku yang Anda sangkal. Anda menolak mengakui semua hal buruk tentang Anda karena semua hal tersebut bertentangan dengan citra diri yang selama ini Anda yakini.

Jika Anda bersikeras bahwa pasangan Anda salah, bahwa Anda tahu benar siapa Anda, Anda tidak akan mendengarkan dan merenungkan kritik pasangan Anda. Sebaliknya, Anda terus mengulangi reaksi dan perilaku yang sama dalam hubungan Anda. Karena Anda tidak menyadari betapa hal ini bisa merusak hubungan Anda, Anda pun terus mengulangi perilaku yang sama dengan setiap pasangan Anda. Anda harus bisa mendengarkan kritik pasangan Anda. Dengan mendengarkan kritik pasangan Anda, Anda bisa mengetahui apa yang perlu diubah, diperbaiki dan dipertahankan agar hubungan Anda bisa tetap berjalan dengan baik.

Tidak ada orang yang suka dikritik. Tidak ada yang suka diberitahu apa yang harus dan tidak boleh dilakukan. Tidak ada yang suka dimarahi karena berbuat salah. Tetapi orang yang dekat dengan Anda (dalam hal ini pasangan Anda) bisa melihat dan mendeteksi dalam hal-hal yang Anda sendiri tidak lihat. Mereka mungkin akan lebih obyektif tentang siapa Anda dibanding diri Anda sendiri. Jika Anda menyadari ini, Anda akan mendengarkan kritikan pasangan dan berusaha memperbaiki diri Anda.

Salah satu cara yang bisa Anda coba adalah dengan melihat komentar pasangan Anda sebagai kritik yang membangun, bukan sebagai celaan atau hinaan. Komentarnya terlontar karena cintanya untuk Anda, bukan karena kebencian. Pasangan Anda memberi komentar demi kebaikan hubungan Anda berdua, bukan untuk mengakhiri hubungan. Ketika Anda bersedia untuk merenungkan kemungkinan bahwa memang ada hal-hal tentang diri Anda yang tidak Anda ketahui, dan bahwa hal-hal tersebut bisa merusak hubungan Anda, maka Anda bisa menggunakan kritik dari pasangan Anda sebagai dasar untuk memperbaiki diri Anda.

Keberanian untuk mendengarkan, menerima dan berubah

Memang lebih mudah untuk selalu menganggap bahwa Anda yang benar dan pasangan yang salah. Tapi jika Anda mengalami konflik yang sama dengan pasangan yang berbeda, maka bisa disimpulkan bahwa Ada sesuatu yang salah pada diri Anda yang menyebabkan konflik tersebut terus berulang.

Jika Anda ingin dengan sepenuh hati untuk mempertahankan dan memperbaiki hubungan Anda, tetapi Anda merasa tidak tahu harus mulai dari mana, Anda bisa memulai dengan mendengarkan kritik pasangan Anda, luangkan waktu Anda untuk merenungkan kritiknya.

Langkah Anda selanjutnya adalah untuk bekerja pada umpan balik yang Anda terima, membuat perubahan yang diperlukan dan menerapkannya dalam hubungan Anda. Anda tidak akan rugi – hanya untuk mendapatkan!

@AqilAkbar
@AqilAkbar
Pemuda introvert sederhana yang menjadikan tulisan sebagai ekspersi seni sekaligus pekerjaan. Stay motivated and stay positive.

More from author

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel terkait

Advertisment

Artikel terbaru

6 Kelebihan Memiliki Kekasih yang Pemalu

Pada kebanyakan wanita, akan menjadi cenderung menjalin hubungan asmara dengan seorang pria yang memiliki karakter yang serius ketika ia sudah pernah menjalani...

Obat Yang Dapat Memadamkan Gairah Bercinta Anda

Ada beberapa jenis obat yang didapatkan dari resep dapat memadamkan gairah Anda untuk melakukan hubungan seks. Jadi, jika Anda mengalami masalah dalam...

8 Tips Menciptakan Zona Nyaman Ketika Pria Melakukan PDKT

Kembali dengan hubungan asmara, tentunya menjadi hal yang  dapat memberikan berbagai manfaat dalam menjalani hubungan Anda dengan si dia. 'Cinta kadang kala...