Cara Mengatasi Perbedaan Dalam Hal Pengelolaan Keuangan

Jika Anda adalah jenis orang yang romantis dan yakin bahwa jalan cerita cinta Anda dan pasangan Anda adalah takdir yang pasti terjadi, maka Anda harus tahu bahwa ada suatu hal yang memiliki pengaruh yang sangat besar pada hubungan cinta Anda, yaitu kondisi finansial serta cara Anda dan pasangan mengelola keuangan.

Sebuah hubungan mungkin bisa melalui berbagai cobaan, selama Anda dan pasangan berusaha sekuat tenaga untuk mempertahankannya. Namun tidak bisa dipungkiri bahwa ada hal-hal tertentu yang jika terjadi ketidakcocokan dan tidak ditangani dengan baik, hubungan Anda bisa berakhir. Salah satu hal tersebut adalah masalah keuangan.

Tanpa diragukan lagi, aspek pengelolaan keuangan adalah suatu hal yang harus di bicarakan dengan seksama antara Anda berdua terutama jika ada perbedaan besar dalah cara Anda berdua “memandang” uang. Jika pasangan Anda sangat senang menjalani gaya hidup yang “wah” dengan semua gadget terbaru, mobil baru dengan merk ternama dan pakaian mahal sementara Anda sukanya bergaya hidup hemat, menolak untuk membeli barang baru selama barang lama masih berfungsi, maka bersiap-siaplah untuk menghadapi masalah! Namun perlu diingat bahwa bertengkar tentang uang bukanlah suatu solusi. Anda harus memahami bahwa tidak ada orang yang sama dan bahwa tidak ada dua individu yang memiliki perasaan dan kebiasaan yang sama persis sehubungan dengan uang.

Jadi sebelum melancarkan perang dunia satu sama lain, duduk dengan santai, rileks dan cek tips-tips berikut untuk mengatasi ketidakcocokan dalam hal keuangan antar Anda dan pasangan:

1) Jika pasangan anda mmiliki impian besar, Jangan hancurkan impiannya

Memiliki impian yang besar tentu sah-sah saja. Jika pasangan Anda senang bergaya hidup mewah, jangan menyalahkan dia. Kita semua tahu bahwa dalam hubungan yang baik diperlukan rasa hormat antara satu sama lain. KAena itu jangan hancurkan impiannya jika Anda tidak ingin melihat dia pergi. Sebaiknya Anda menghargai impiannya dan yakinkan dia bahwa dia bisa lebih mudah meraih impiannya jika bersama dengan Anda. Tapi tetap ingatkan pasangan Anda bahwa menabung tetap harus dilakukan demi meraih impian yang lebih besar seperti membangun rumah dan memiliki anak. Jelaskan bahwa mencari uang dan menabung sebagian dari uang tersebut akan berguna dalam jangka waktu yang panjang.

2) Rencanakan Masa Depan Anda Bersama Dan Berbagi Tanggung Jawab

Jangan egois dan merencanakan kehidupan Anda sendiri. Libatkan pasangan Anda dalam hal tujuan finansial Anda di masa depan. Dengan cara ini Anda bisa saling mengingatkan untuk menabung demi meraih impian Anda. Hal ini juga berguna jika Anda berdua berbagi tanggung jawab keuangan seperti membayar tagihan lisrik dan bergantian dalam membayar untuk makan malam di restoran.

3) Sesekali Manjakan Diri Anda

Jangan terlalu hemat dan bergaya hidup “kere”. Hal ini dapat menyebabkan frustrasi dan rasa tidak bahagia yang malah kahirnya bisa menyebabkan hubungan Anda berakhir. Jadi, memanjakan diri dan beli hal-hal mewah sekali-sekali. Ini akan sangat membantu agar hubungan Anda tetap bahagia dan sehat.

@RitaManggulu
@RitaManggulu
Cewek sederhana dengan 3 hobi: menulis, masak dan main bareng Lil' Tomi. Semua tulisan ini adalah bukti bahwa keinginan tulus berbagi tidak dapat dipatahkan oleh keterbatasan jarak maupun waktu. XoXo

More from author

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel terkait

Advertisment

Artikel terbaru

6 Kelebihan Memiliki Kekasih yang Pemalu

Pada kebanyakan wanita, akan menjadi cenderung menjalin hubungan asmara dengan seorang pria yang memiliki karakter yang serius ketika ia sudah pernah menjalani...

Obat Yang Dapat Memadamkan Gairah Bercinta Anda

Ada beberapa jenis obat yang didapatkan dari resep dapat memadamkan gairah Anda untuk melakukan hubungan seks. Jadi, jika Anda mengalami masalah dalam...

8 Tips Menciptakan Zona Nyaman Ketika Pria Melakukan PDKT

Kembali dengan hubungan asmara, tentunya menjadi hal yang  dapat memberikan berbagai manfaat dalam menjalani hubungan Anda dengan si dia. 'Cinta kadang kala...