Bisakah Hubungan Dengan Beda Usia Jauh Berjalan Sukses?

Hubungan cinta antara pria dan wanita dengan perbedaan usia yang signifikan umum kita temui di sekitar kita. Dari kalangan selebritis tanah air kita bisa menyebut pasangan Yuni Shara dan Rafi Ahmad yang berbeda usia 14 tahun sebagai contoh. Ada berbagai alasan yang berbeda mengapa dua orang yang berbeda bisa menjalin hubungan. Dulu mungkin alasannya untuk memastikan adanya ahli waris atau untuk memperoleh kekayaan. Tapi saat ini, banyak dari mereka yang menjalin hubungan karena memang saling mencintai. Masyarakat juga saat ini lebih bisa memaklumi hubungan seperti ini.

Berapa perbedaan usia yang bisa dianggap signifikan?

Tentu saja ini tergantung pada dua orang yang terlibat dan harus dikaitkan dengan berbagai tahap kehidupan yang kita lalui. Jika, misalnya, seorang gadis remaja berusia 14 tahun, memiliki hubungan dengan seorang mahasiswa berusia 20 tahun, maka perbedaan usia 6 tahun diantara mereka sudah bisa dianggap signifikan karena perbedaan tahap kehidupan dan kematangan secara emosional yang cukup jauh. Namun jika seorang wanita berusia 30 tahun menjalin hubungan dengan seorang pria berusia 36 tahun, maka perbedaan usia 6 tahun ini tidak lagi signifikan karena mereka berdua berada dalam tahap kehidupan yang kurang-lebih sama.

Perbedaan antara wanita dan pria

Sebagaimana dijelaskan di atas, tahap kehidupan yang berbeda sangat mempengaruhi apakah pasangan bisa membuat jembatan antara usia mereka yang berbeda. Aspek lain yang perlu dipertimbangkan adalah bahwa pria umumnya masuk ke dunia karir lebih awal, sedangkan wanita, biasanya mencapai kesuksesan dalam karir pada usia yang lebih tua. Inilah sebabnya mengapa dalam dunia bisnis, banyak pria yang lebih muda (misalnya berusia 28 tahun) yang jatuh cinta kepada wanita yang lebih tua (misalnya berusia 42 tahun).

Hubungan ayah dan anak perempuan?

Hal menarik lain yang patut dicermati ada hubungan “ayah-anak perempuan”, di mana seorang pria menjalin hubungan cinta dengan seorang wanita yang jauh lebih muda dari dirinya. Bagi kebanyakan pria, memiliki pasangan yang jauh lebih muda bisa membantu meningkatkan ego mereka dan membantu mereka mengatasi krisis paruh baya atau ketika mereka baru saja bercerai. Di sisi lain, bagi wanita muda yang terlibat dalam hubungan seperti ini dapat, hubungan ini bisa menjadi cara mereka untuk mengobati “luka lama” dalam hubungan mereka dengan ayah kandung. Inilah sebabnya mengapa banyak wanita yang secara emosional tidak dekat dengan ayahnya jatuh cinta kepada pria yang jauh lebih tua. Mereka yang dulunya tidak menikmati kasih sayang seoang ayah akan bisa puas bermanja-manja kepada pasangannya yang lebih tua.

Penilaian Masyarakat

Secara tidak sadar, masyarakat lebih memaklumi suatu hubungan yang melibatkan dua orang manusia dengan perbedaan usia yang tidak terlalu jauh. Tentu saja karena hubungan seperti ini memang memliki banyak keuntungan dari sisi kesehatan dan sosial. Tapi tentu saja kita harus selalu ingat bahwa cinta bisa datang kepada siapa saja tanpa perduli usia mereka berapa.

Apakah hubungan seperti ini bisa berhasil?

Tidak ada aturan atau pedoman tentang berapa perbedaan usia yang ideal antara pria dan wanita. Hal ini hanya bisa dijawab oleh kedua orang yang terlibat dalam hubungan tersebut. Dapatkah mereka hidup dengan perbedaan kepentingan, pandangan, keyakinan, dan rutinitas dalam hidup? Dan pertanyaan ini dapat ditanyakan dalam hubungan siapa pun, tidak peduli berapa perbedaan usia antara Anda dan pasangan Anda.

@PriskaYan
@PriskaYan
Freelance writer, event organizer, animal lover and K-Pop freak.

More from author

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel terkait

Advertisment

Artikel terbaru

6 Kelebihan Memiliki Kekasih yang Pemalu

Pada kebanyakan wanita, akan menjadi cenderung menjalin hubungan asmara dengan seorang pria yang memiliki karakter yang serius ketika ia sudah pernah menjalani...

Obat Yang Dapat Memadamkan Gairah Bercinta Anda

Ada beberapa jenis obat yang didapatkan dari resep dapat memadamkan gairah Anda untuk melakukan hubungan seks. Jadi, jika Anda mengalami masalah dalam...

8 Tips Menciptakan Zona Nyaman Ketika Pria Melakukan PDKT

Kembali dengan hubungan asmara, tentunya menjadi hal yang  dapat memberikan berbagai manfaat dalam menjalani hubungan Anda dengan si dia. 'Cinta kadang kala...