Apa Sih Sebenarnya Hubungan Yang Sehat Itu?

Apa sih itu hubungan yang sehat? Memang agak sulit ya mencari definisi hubungan yang sehat. Ketika kita mengatakan seseorang mengalami hubungan yang sehat, di pikiran kita mungkin orang itu pasti merasa senang hampir setiap saat. Padahal, sebenarnya seseorang bisa saja berada dalam hubungan yang buruk tetapi merasa bahagia dan berlagak seperti tidak ada yang salah dalam hubungannya.

Kayak kebanyakan pasangan yang hobinya foto di mobil, yang mana ekspresi si wanita yang memperlihatkan senyuman termanis setelah puluhan kali jepret. Sedangkan cowoknya duduk dengan tegap dengan ekspresi yang cool, padahal kita kan gak pernah tahu si cowok yang tegap apa emang lagi konsen bawa mobil atau lagi nahan bo**er hehe.

Apa-Sih-Sebenarnya-Hubungan-yang-Sehat-Itu-oleh-SegiEmpatHubungan yang sehat itu sudah jelas berbeda dengan hubungan yang buruk, tapi seperti apa sih hubungan yang buruk itu? Kita mungkin bisa menyebut hubungan yang buruk itu bila di dalamnya ada pihak yang terlalu dominan, ada diskriminasi, ada egoisme, dan kadang ada kekerasan, verbal maupun nonverbal. Contoh nih ya:

Cowok: bebii aku anterin kamu pulang aja ya soalnya nih klien udah

Ceweknya: lho kok gitu bebii kamu kan kemaren udah janji

Cowok: sebenarnya kemaren itu aku gak janji bebii kan udah aku bilang kalau aku gak janji soalnya udah janji ketemu ama klien juga cuma kemaren masih gak pasti soalnya klien aku tuh lagi sama keluarganya juga tadi dia ngabarin kalau jam 7 ini dia bisa

Ceweknya: pokoknya gak mau karena kamu udah janji kamu harus tepati janji kamu

Cowok: ya udah aku temenin tapi gak hari ini besok aja ya?

Ceweknya: gak mau pokoknya sekarang! *mulai ngambek terus lempar hp, heels, banting meja, cangkir, piring plus lauk-lauknya

Cowok: kejang-kejang kena timpuk

Ya, yang seperti itulah hubungan yang buruk, disatu pihak yang katanya cinta tapi gak berusaha untuk mengerti. Jadi yang kayak gimana hubungan Anda dengan pasangan sekarang? Tapi jangan langsung ambil kesimpulan dulu ya, karena bisa jadi hubungan Anda dengan pasangan anda sedang kurang mesra, namun itu tidak berarti bahwa Anda mengalami hubungan yang tidak sehat atau hubungan yang buruk. Naik-turun dalam kehidupan cinta adalah hal yang wajar karena memang tidak ada yang konstan dalam hidup ini, bukan?

Jadi apa sih sebenarnya sebuah hubungan yang sehat itu?

Hubungan yang sehat terdiri dari beberapa aspek subjektif. Pertama, Anda harus merasa senang dalam menjalaninya. Kedua, Anda harus lebih sering merasa senang dibanding merasa susah dalam menjalaninya. Dan ketiga, Anda harus bisa merasa senang ketika Anda memilih untuk menjadi bahagia, dan bukan sebaliknya. Apa artinya ini? Seringkali kita orang bertengkar dengan pasangannya tentang hal-hal sepele, tidak ada toleransi dan mempertahankan ego masing-masing. Anda tidak puas tetapi untuk menjaga harga diri Anda pada teman dan keluarga Anda, Anda mengatakan bahwa Anda senang, padahal batin anda tersiksa. Mengapa Anda mengatakan bahwa Anda senang? Mungkin karena Anda sangat mencintai pasangan Anda. Tapi apakah ini berarti Anda memiliki hubungan yang sehat? Jawabannya adalah tidak. Jika Anda merasa hubungan Anda sudah mulai membuat Anda tersiksa, bisa jadi Anda sedang berada dalam hubungan yang tidak sehat. Tapi jangan pernah lupa untuk merenungkan apakah Anda selama ini sudah cukup berusaha untuk membuat hubungan anda tetap sehat. Jadi bisa dikatakan hubungan yang sehat itu seperti beberapa poin berikut ini.

Hubungan yang Sehat itu yang Gak Pake Drama Buka yang Dikit-Dikit Ngambek Apalagi Pake Ngancam Minta Putus

Seperti yang sudah disebutkan di atas, hubungan yang sehat itu adalah hubungan dimana Anda senang menjalaninya. Nah, apakah Anda bisa senang, apakah Anda bisa bahagia kalau hubungan Anda penuh drama? Yang gak Cuma dikit-dikit ngambek tapi yang dikit-dikit curigaan, dikit-dikit ngancam minta putus tapi giliran kita minta kebebasan langsung “iya aku emang selalu salah aku gak pernah baik dimata kamu” udah gitu nangis-nangis makan beling.

Hubungan yang Sehat itu yang Gak Cuma Cinta Aja tapi Ada Kasih Sayang, Pengertian, Saling Menghargai dan Saling Mendukung Satu Sama Lain

Hubungan sehat itu adalah hubungan yang gak ada drama di dalamnya, tapi yang penuh dengan cinta. Cuma sebenarnya hubungan yang hanya modal cinta aja itu gak selalu bisa dibilang hubungan yang sehat, pasti Anda bingung kan? Kok gak Cuma cinta sih? Bukannya hubungan ada itu karena cinta. Memang hubungan itu ada karena cinta tapi kalau Cuma modal cinta apa bedanya hubungan Anda dengan pasangan sama hubungan Anda dengan sahabat? Lagian seperti yang sudah saya sebutkan di atas, ada banyak orang yang berusaha bertahan karena cinta padahal dia sendiri menderita.

Jadi hubungan yang sehat itu adalah hubungan yang ada rasa saling percaya, saling mengerti, saling menyayangi, saling menghargai dan saling mendukung satu sama lain.

Hubungan yang Sehat itu yang Gak Dikit-Dikit “BO Wisma Yuk Beb Malam Minggu Nih”

Ini nih kelakuan banyak pasangan jaman sekarang, entah itu yang masih ABG atau yang udah tua tapi kelakuan masih ABG yang dipikirannya Cuma selangkangan mulu. Pada akhirnya hubungan serius memang akan berakhir sama tapi kalau menjalin hubungan hanya untuk urusan selangkangan itu sama sekali bukan hubungan yang sehat. Emangnya hati itu Cuma ada di selangkangan aja, enggak kan?

Hubungan yang Sehat itu yang Diperjuangkan Bersama Bukan yang Satunya Berusaha Mati-Matian tapi yang Satunya Cuma Bisa Mikirin Selangkangan Aja

Berada dalam hubungan yang sehat itu harus menjadi pilihan Anda bersama pasangan. Karena hubungan yang sehat itu diperlukan usaha Anda berdua untuk mencapainya. Yang mana tentu saja, Anda berdua harus berusaha untuk menjaga komitmen, kepercayaan, kehormatan diri, cinta, kasih sayang dan bahkan sedikit memberikan kebebasan individu kepada pasangan Anda. Semua hal ini dibutuhkan untuk mempertahankan hubungan yang sehat. Bukannya yang tahunya Cuma ngambek karena gak ditemenin atau karena gak ngasih kabar langsung tuduh selingkuh.

Tapi Anda sadari juga bahwa pasangan Anda adalah manusia biasa yang tentu saja tidak luput dari kesalahan. Karena itu, hubungan yang sehat tidak selalu berarti bahwa hubungan tersebut harus sempurna. Tidak ada hubungan yang sempurna di dunia ini, dan tidak ada orang yang sempurna di dunia ini juga. Insting Anda akan memberi petunjuk apakah Anda memiliki hubungan yang sehat atau tidak dengan pasangan Anda. Ketika Anda berada dalam hubungan yang sehat, pikiran Anda akan mengatakan begitu dan orang di sekitar Anda akan merasakannya juga. Ingatlah bahwa dalam hubungan yang sehat, tidak ada tekanan dan Anda serta pasangan merasa senang menjalaninya.

Avatar
Erwin Miradi
Internet marketer, PHP geek, dan seorang gamer sejati. Sebagai Internet Marketer yang sudah bergelut dengan situs dan blog sejak 2006, Erwin Miradi banyak menulis tentang turorial WordPress yang diambil dari pengalamannya sendiri.

More from author

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel terkait

Advertisment

Artikel terbaru

4 Pertanyaan Besar Terhadap Asmara Anda

Dalam sesuatu hubungan yang Anda jalani dengan kekasih, Anda tentunya sudah mengalami berbagai bentuk ujian dan cobaan. Cobaan ataupun ujian sendiri kadang kala bisa...

5 Sikap Terbaik Saat Bertemu Sang Mantan

Hubungan asmara yang kandas, jangan sampai membuat Anda menjadi sempit berfikir. Mengambil hikmah dan menjadi pribadi yang tidak pendendam dapat membuat Anda bisa menikmati...

Beberapa Momen Memalukan Saat ‘First Date’

Suatu hubungan asmara tentunya terlebih dahulu diawali dengan tahap pendekatan. Hal ini tentunya bertujuan agar masing-masing bisa lebih saling mengenal karakter dan kepribadian satu...