Indonesia memang memiliki kekayaan alam yang besar. Salah satunya adalah flora yang beragam dan bahkan mungkin sangat sulit ditemui di belahan bumi lainnya. Salah satu flora itu adalah tanaman buah-buahan yang dianggap paling aneh berikut ini. Kira-kira buah apa sajakah itu? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

 

1. Rambutan

Foto Rambutan Oleh Unik SegiEmpat

Salah satu buah-buahan teraneh yang berasal dari Indonesia tersebut adalah rambutan. Rambutan merupakan jenis laci-lecian yang memiliki warna dominan merah dan memiliki “rambut-rambut” yang mengelilingu daging buahnya yang beerwarna putih. Selain berwarna putih, beberapa buah dari rambutan juga memiliki warna yang nyaris bening. Saat belum masak, rambutan akan berwarna hijau sedangkan setelah masak, rambutan akan berubah warna menjadi merah. Bahkan, jenis rambutan lainnya memliki warna kuning dan ada pula yang berwarna-warni. Anda dapat mengkonsumsinya dengan cara mengeluarkan daging buah dari kulitnya kemudian mencucinya terlebih dulu. Rambutan biasanya dapat dimakan langsung dan bisa juga dijadikan campuran buah kaleng untuk bahan es buah cocktail.

 

2. Durian

Foto Durian Oleh Unik SegiEmpat

Lain halnya dengan buah yang satu ini. Durian memiliki aroma yang sangat menonjol. Sedangkan kulit buahnya memiliki duri-duri yang menutupi seluruh bagian tubuhnya. Durian memiliki berbagai varian ukuran. Ada yang berukuran kecil ada juga yang berukuran besar. Durian memiliki daging buah yang tipis namun ada juga yang tebal. Warna daging buahnya juga bermacam-macam, ada yang berwarna putih bahkan ada pula yang kekuningan. Biasanya durian tak hanya dikonsumsi langsung, namun juga digunakan sebagai bahan dasar pembuatan kue, es krim, hingga dodol yang rasanya begitu nikmat bagi penggemarnya.

 

3.Manggis

Foto Manggis Oleh Unik SegiEmpat

Ekstrak dari buah yang biasa digunakan sebagai obat kanker ini biasa hidup di daerah tropis. Manggis memiliki warna merah keungunan dan memiliki daging buah berwarna putih. Manggis memiliki sebuah keunikan, yakni Anda dapat mengetahui jumlah dari buah yang ada di dalamnya dengan cara melihat bagian pantat kulit buah. Tahu kah Anda? Kabarnya, buah yang memiliki rasa asam-manis ini merupakan buah favorit Rau Victoria.

 

4.Buah Naga

Foto Buah Naga Oleh Unik SegiEmpat

Awalnya, buah naga merupakan jenis buah yang pertama kali dikenalkan oleh China. Lambat laun, buah naga kemudian ditanam di Indonesia. Buah naga pun menghasilkan buah yang cukup banyak. Para ahli meyakini jika buah naga dapat tumbuh dan berkembang dengan baik saat dikembangkan di negara beriklim tropis seperti Indonesia. Buah naga memiliki dua jenis, yakni buah naga dengan daging yang berwarna putih dan buah naga dengan daging yang berwarna merah. Buah naga memiliki rasa yang segar. Biji-bijinya mengelilingi seluruh bagian buah dan aman untuk dikonsumsi. Dikatakan sebagai “buah naga” karena kulitnya mirip dengan sisik naga.

 

5. Buah salak

Foto Salak Oleh Unik SegiEmpat

Buah teraneh lainnya adalah salak. Salak memiliki berbagai varian yang sangat digemari oleh banyak orang. Salah satunya, adalah salak pondoh asal Yogyakarta, Bali, dan Banyuwangi. Setiap jenis salak memiliki ciri dan keunggulan yang khas baik dari ukuran maupun rasanya. Salak dapat dikonsumsi dengan mudah dengan cara dikupas kulitnya. Biasanya salak digunakan sebagai manisan dengan cara dicampur dengan garam, gula, serta irian cabe. Campuran tersebut kemudian direndam dengan air kapur sirih.

* * * * *
Buku Formula Cinta

1 COMMENT

LEAVE A REPLY