Kalau dibandingkan ama negara lain, udah semestinya kita-kita pada bersyukur untuk hidup di Indonesia kenapa? soalnya nih diantara negara lain puasa di Indonesia itu jauh lebih enak. Bukan Cuma soal lamanya waktu berpuasa nih ya tapi tiap bulan puasa di Indonesia bakal banyak hal seru yang bakal terjadi. Gimana gak seru coba kalau hal yang udah jadi tradisi itu adanya Cuma di bulan puasa aja? pasti seru banget kan?

Cuma sayangnya nih ya beberapa tradisi puasa di era sekarang ini udah makin menyimpang. Kalau dulu tradisi itu dilakuin untuk memperbanyak amal sekarang malah menyimpang jauh dari tujuan utamanya. Tradisi puasa yang kayak gimana sih?

Well, sadar atau enggak 4 tradisi puasa ini yang suka disalahgunakan. . .

Itikaf

Ini sebenernya sih gak mesti Cuma ada di bulan puasa aja tapi jauh lebih bagus kalau dilakuin juga diluar bulan puasa. Ya istilahnya sih gak mesti nunggu puasa buat itikaf, tapi gak papa juga sih toh yang namanya itikaf itu kan tujuannya sama yaitu semata-mata demi mendapatkan keridhoan dan mendekatkan diri pada Tuhan.

Sayangnya sih itu dulu, sekarang mah meski niat awalnya sama tapi segitu di masjid sholatnya bentar, dzikirnya dikit, ngaji secukupnya selebihnya foto-foto di dalam masjid terus upload di sosmed. Biar apa? biar kelihatan religius hmm . . .

Ngabuburit

Hal kayak gini sebenernya sih tradisi orang-orang Sunda yang lama kelamaan mulai menyebar ke berbagai daerah di Indonesia. Ngabuburit itu merupakan tradisi yang mana sangat positif karena bertujuan ibadah demi menumpuk pahala. Mulai dari dengerin ceramah, ngaji, dzikir atau apa aja yang bagian dari kegiatan keagamaan.

Cuma ya sekarang entah karena bocah-bocahnya udah gak ngerti atau emang pada bandel, tradisi ini sekarang malah Cuma dijadiin modus. Boro-boro dah nongkrong di masjid yang ada mah nongkrongnya di parkiran minimarket, kadang sih masih suka di masjid tapi itu pun gak ibadah melainkan modusin anak orang.

Sahur on the Road

Jujur sih ini salah satu tradisi yang paling saya demen, kenapa? karena meski kegiatannya bukan ibadah tapi dengan membantu saudara-saudara kita yang gak mampu dengan menyediakan makan sahur ya udaha pasti dong pahalanya juga gede?

Sayangnya sih tradisi kayak gini sekarang juga udah disalahgunakan. Yang ada malah jadi ajang hura-hura dan pamer kekayaan, bagi-bagi makanannya Cuma senemunya aja abis itu mulai deh aksi-aksi gak jelas. Dari yang teriak-teriak gak jelas, ngelemparin orang lain dengan petasan, trek-trekan bahkan ada yang sampe ribut kalau udah ketemu ama rombongan lain.

Konvoi Sahur

Hampir sama nih ama sahur on the road, bedanya kalau ini sih Cuma skala komplek sambil jalan kaki tanpa bawa makanan. Yup bener banget bangunin orang sahur, biasanya sih dilakuin ama anak-anak remaja masjid biar tetangga-tetangga gak pada kesiangan sahur.

Cuma lagi-lagi tradisi ini sekarang malah disalahgunakan, bahkan udah jarang banget ada remaja masjid yang konvoi sahur. Yang ada sekarang para boca tengik yang berisik gak jelas, yang bagunin sahurnya jam 3 tapi ributnya dari jam 1. Yang kalau abis sahur bukannya pulang malah pada main petasan.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY