Udah masuh hari ke 15 Ramadan nih, gimana kabar puasa kalian sob? lancar-lancar aja kan? atau udah sering kena hipnotis warteg bertirai? Yang tahu-tahu baru sadar pas udah kenyang? Hayoo itu yang dibelakang kenapa senyum-senyum gitu? Bikin curiga aja haha.

Di pertengahan puasa kayak gini, biasanya sih bakal muncul satu fenomena aneh dari segi keuangan. Yang mana sebenernya di bulan puasa gini bisa lebih ngirit tapi malah gak beda dari bulan-bulan biasa, yang masih pertengahan bulan udah serasa tanggal tua.

Ada banyak hal yang ngebuat kondisi keuangan jadi kayak gitu, tapi salah satu hal yang paling sering adalah karena ajakan buka puasa bareng. Mulai dari teman kampus, teman sekolah, teman nongkrong, teman kantor, teman sekampung, teman sehobi ampe teman sependeritaan. Kenapa hal kayak gini bisa bikin keuangan bak dihantam badai? Ya bayangin aja kalau kalau tiap weekend kamunya buka puasa bareng temen, udah gitu buka puasanya di tempat yang harganya gak bersahabat gimana gak oleng ya gak?

Nah ngomong-ngomong soal buka puasa bareng sebenernya di momen-momen kayak gini orang yang bukber itu ada banyak macam tipenya. Yakin sih salah satu diantara kamu ada yang termasuk! Kayak gimana? nih tipe orang saat buka puasa bareng.

Yang Datangnya Telat

Seperti udah jadi budaya buat mayoritas orang Indonesia itu buat ngaret. Yang janjiannya jam 5 sore datengnya jam 7, yang janjiannya mau buka puasa bareng tapi datengnya setelah buka.

Biasanya sih tipe yang kayak gini juga paling sering ngibul, yang bilangnya udah OTW padahal masih males-malesan di kamar.

Rada aneh sih tipe kayak gini, soalnya ya kalau bawaannya telat kan bakal jadi susah sendiri. Entah itu gak kebagian tempat, gak kebagian makanan, ngobrol gak nyambung ampe yang paling parah ya temen-temen yang ngajakin buka puasa bareng udah keburu pulang.

Yang Serasa Panitia

Selain guru, tipe kayak gini juga termasuk pahlawan tanpa tanda jasa. Kenapa? karena tipe kayak gini sebenernya gak dapet keuntungan apa-apa tapi mau diribetin dengan segalanya, bahkan kadang malah dapet nyinyiran gak jelas dari temen yang gak sependapat Cuma karena soal tempat.

Yup! Dia adalah orang-orang yang bekerja di balik layar, orang yang saat puasa rela keringetan buat ngatur buka puasa bareng. Mulai dari harinya, tempatnya, ngajaknya dan segala hal yang bertema buka puasa bareng. Biasanya sih yang kayak gini bakal dateng paling cepet untuk berburu tempat, bahkan kadang udah mesen duluan biar gak nunggu lama.

Yang Gak Ikutan Buka Tapi Pengen Reunian

Buka puasa bareng itu emang spesial dilakuin ama temen-temen, tapi gak mesti juga dong bukbernya Cuma ama temen-temen yang puasa aja?

Yang namanya buka puasa bersama itu adalah momen yang menyatukan, jadi ya gak masalah dong orang yang gak puasa ikut buka puasa bareng? Entah itu karena emang lagi halangan atau karena emang doi gak diwajibkan.

Yang Sok Ngatur

Yang kayak gini sebenernya sih bukan termasuk tipe ketiga di atas, Cuma entah karena pengen unjuk gigi, pengen nebeng eksis atau Cuma karena pengen ikutan aja.

Sayangnya tipe kayak gini mah kebanyakan malah bikin nambah ribet, kenapa? karena biasanya tipe yang kayak gini bawaannya suka mengacaukan aja. Yang awalnya udah pada sepakat tapi tiba-tiba jadi ribet saat dia bersuara. Saran sih mending kurang-kurangin deh nyusahin orang lain, kalau emang mau ngebantu ya udah ngebantunya yang ada guna dikit jangan yang bawaannya nyusahin.

Yang Bawaannya Pamer

Kalau di tanya, tipe kayak gini pasti bakal kelihatan gak ada, tapi kalau diperhatiin biasanya baru deh kelihatan aslinya.

Tipe kayak gini biasanya sih yang paling semangat buat buka puasa bareng, yang awalnya bilang pengen silaturahmi, pengen reuni atau pengen ngobrol panjang lebar tapi nyatanya pas dateng bawannya malah pamer. Entah itu pamerin gadget baru, pamerin jam berlian baru, pamerin mobil baru dan apa aja yang berbau dengan materi dan mahal.

Kadang sih tipe kayak gini juga termasuk tipe paling pertama, yang emang bawaannya sengaja dateng telat biar bisa ditanya dari mana atau abis ngapain aja. Biar apa? ya biar bisa ngejawab tapi sambil pamer.

Yang Banyak Alesan

Soal buka puasa bareng, saya sih yakin kalau semua orang Indonesia bakal semangat, ya kapan lagi kan bisa ngumpul bareng, ngobrol kesana kemari sambil buka puasa? Pastilah bakal semangat, Cuma . . . soal bayar hmm tunggu dulu, karena meski udah disepakatin dari awal berapa yang mesti dibayar tiap orang, orang-orang tipe kayak gini ada aja pasti.

Yang ikutan dateng, makannya paling banyak tapi giliran bayar make 1001 alesan. Mulai dari kelupaan dompet, ATM keblokir, belum sempet narik duit ampe yang paling legend adalah sok-sok-an ke toilet yang lama biar ada yang bayarin atau mungkin langsung kabur.

Yang Nombokin

Kalau ada orang yang make 1001 alesan buat gak ngeluarin duit saat buka puasa bareng, maka pasti bakal ada orang yang kayak gini. Yup! Orang yang bakal nombokin duit buat bayarin semua makanan dan minuman kalian.

Tipe kayak gini sih biasanya bakal jadi tipe yang wajib diajak kalau buka puasa bareng, karena doi adalah harapan terakhir semua orang yang ikutan bukber di tempat mahal. Karena itu tipe kayak gini mah amalnya yang paling gede.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY