Di momen-momen seperti sekarang ini, biasanya jalan-jalan pada mulai rame nih apalagi di sekitar pusat perbelanjaan. Di situ mah bukan Cuma rame aja tapi bisa dipastikan bakal macet yang makin lama bukannya lengang malah makin macet.

Yup! Selamat datang di hari-hari menanti kemenangan. Setelah sebulan penuh berpuasa lebaran emang jadi momen yang paling ditunggu-tunggu. Bukan Cuma karena bakal bebas makan dan minum sepuasnya, tapi di momen kayak ginilah orang-orang pada loyal buat ngehabisin duit demi sebuah baju baru.

Pasti dah diantara kamu udah ada yang beli baju baru kan? atau mungkin masih sekedar hunting-hunting aja, yang kalau masuk toko biasanya Cuma ngelus-ngelus kain biar dikira lagi nyari yang bagus padahal udah kepengen tapi gak bisa beli haha.

Sebenernya sih tanpa baju lebaran pun ya segitu udah waktunya lebaran ya lebaran juga, gak bakal kejadian dah tuh lebarannya ditunda karena kamu belum punya baju baru buat lebaran. Jadi tanpa baju baru juga gak masalah, lagian kan segitu ngumpul keluarga yang ditanyain juga bukan baju kamu baru apa baju lebaran tahun lalu? Paling yang ditanyain kapan kawin lagi haha.

Tapi tanpa semangat baru kayak gitu ya emang sih rasanya kayak ada yang kurang gimana gitu, kan biasanya di momen lebaran kayak gini ya sekalian dijadiin kesempatan juga buat peremajaan  baju-baju yang udah numpuk dalam lemari. Apalagi tawaran diskon saat lebaran kayak gini juga bawaannya gak bisa santai.

Nah, karena itu di momen-momen belanja baju lebaran kayak gini biasanya sih kamu bakal ketemu dengan berbagai tipe orang. Kayak gimana? nih tipe orang saat beli baju lebaran.

Yang Religius

Tipe orang yang paling religius, bahkan orang yang kayak gini kelihatannya paling meresapi makna lebaran. Karena itu yang kayak gini kalau beli baju lebaran mah belinya baju-baju khusus muslim aja biar bisa lebih memaknai lebaran gitu.

Ya gak masalah sih meski makna lebaran juga gak ngeharusin kita buat punya baju baru, senggaknya kan ada usaha buat terlihat kece di depan orang-orang.

Yang Kelewat Semangat

Yang kayak gini sebenernya sih hampir sama dengan tipe di atas, Cuma bedanya orang yang kayak gini memaknai lebarannya lebay banget. Yang nganggep lebaran itu bener-bener harus punya baju baru. Gak mau deh pake baju yang lebaran tahun lalu, bahkan doi juga paling anti make baju yang itu-itu aja.

Makanya tipe kayak gini biasanya kalau beli baju lebaran bakal bakal dengan detail ngehitung jumlah rumah sodaranya yang bakal didatengin. Kenapa? ya biar bisa sesuain berapa banyak baju yang mesti dia beli, lebay kan?

Yang Mental Bisnis

Momen lebaran biasanya sih ada tipe orang yang kayak gini, yang percaya kalau lebaran itu adalah momen di mana orang bakal ngeluarin duit lebih. Yang karena hal itu doi biasanya kalau beli baju lebaran bakal dijual lagi, entah itu tetangga, temen atau sodara sendiri.

Makanya tipe orang kayak gini mah biasanya paling semangat kalau soal diskon. Bahkan biasanya tipe kayak gini itu punya pengetahuan khusus soal diskon. Dari tempat yang ngasih diskon paling gede, jam-jam diskon ampe tahu spot khusus yang ngasih diskon lebih gede dari spot lainnya.

Lumayan sih buat dijadiin pemasukan, apalagi kalau emang lagi ngumpulin duit.

Yang Oportunis

Sebelas dua belas lah ama tipe orang di atas, bedanya orang kayak gini mah gak dijual lagi tapi buat dipake sendiri.

Si oportunis ini biasanya paling tahu deh soal momentum, makanya doi juga punya pengetahuan khusus soal diskon. Pokoknya di mana aja ada event diskon pasti orang kayak gini bakal ada dan biasanya paling semangat belanja dan berburu diskon apalagi kalau udah diskon 50 + 20% kalap dah!

Yang Sayang Keluarga

Tipe orang yang paling didemen ama keluarga, soalnya tipe orang kayak gini loyal banget ama keluarganya. Yang kalau beli baju lebaran pada inget ama keluarganya bahkan detail banget, dari jumlah sodaranya berapa, ukurannya apa ampe warna kesukaannya apa.

Karena itu tipe orang kayak gini biasanya sekali belanja baju lebaran biasanya paling ribet, terus kalau di kasir bisa ampe sekodi tuh belanjanya.

Yang Wannabe Artis

Bukan siapa-siapa sebenernya, jangankan artis di instagram aja followersnya Cuma ratusan itu pun gak tahu akun asli apa bukan.

Cuma tipe yang kayak gini serasa ngartis banget, pokoknya semua hal yang lagi tren bakal dilakuin termasuk kalau itu ngetrennya karena dipake sama artis. Pasti dah bakal dibeli juga mulai dari kaftan, abayya, kerudung ampe mukena. Pokoknya yang ada embel-embel artis bakal dibeli deh.

Yang Kasihan

Diantara orang-orang yang pada sibuk belanja, tipe kayak gini pasti bakal ada yang sebenernya sih waktu beli baju udah naksir ama model baju tertentu. Cuma giliran mau ngambil udah kedulian ama orang lain yang lebih lincah geraknya. Mirisnya lagi sih kadang udah nemu baju lain yang pengen dibeli, pas cek harga ehh diluar dari budget yang dibawa. Hmm mungkin karena itu juga ada orang yang suka sok-sok ngecek kain baju padahal ngecek harga haha.

Well, lebaran itu sebenernya gak mesti punya baju baru karena yang baru itu harusnya bukan baju tapi dirimu. Setuju kan? ciyee yang gak punya baju baru pada setuju hahaiii.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY