Sedih gak sih kamu sekarang ini? Jujur aja sih saya mah sedih banget kenapa? karena gak asik aja puasa yang ditunggu-tunggu selama 11 bulan bentar lagi bakal selesai. Padahal kan belum juga puas-puasin numpuk pahalanya, meski ya kadang bawaannya suka tidur sih tapi kan kata orang tidurnya orang puasa itu berpahala hehe.

Tapi mau gimana lagi, bulan puasa juga ada batas waktunya jadi mau gak mau kita mesti pisah ama bulan yang spesial itu. Lagian kamunya emang bisa kalau puasanya setahun penuh? Jangankan setahun penuh lha baru dua minggu aja puasa udah mulai mereng-mereng ke warteg bertirai. Yang bilangnya stir belok sendiri, kayak kena hipnotis yang sebenernya emang udah direncanain sejak subuh.

Nah, ngomongin soal lebaran yang bentar lagi bakal kita dapetin nih sebenernya tiap tahun itu orang-orang terbagi dalam beberapa tipe khususnya orang Indonesia. Gak percaya? pengen tahu tipenya kayak gimana? nih

Yang Suka Suruh-Suruh

Yang kayak gini biasanya bapak-bapak nih, ya kalau kamu masih jadi benalu orangtua ngerti banget lah. Cuma biasanya sih suruh-suruhnya juga gak seberapa nyusahinnya, paling Cuma suruh beli makanan, nyuruh minggat anak kecil yang ngeganggu atau mungkin nyuruh ngecet rumah.

Ya biasalah orang Indonesia, bawaannya tiap kali lebaran ya suasana rumah juga jadi kembali seger kelihatannya.

Yang Berjuang Mati-Matian Buat Dapet Pacar

Yakin sih diantara kamu ada yang termasuk tipikal orang yang berjuang mati-matian buat dapet pacar selama bulan puasa ini, yang bahkan sebelum puasa kamu udah ngelakuin aksi kesana kemari. Jadinya kalau lebaran nanti gak perlu ngerasa risih lagi ama pertanyaan-pertanyaan basi yang gak penting.

Yang ngebedain sih, ada yang berhasil punya pacar tapi ada juga yang (lagi-lagi) gagal. Jelang lebaran ya dua insan manusia yang berbeda status hubungan kayak gitu juga bakal beda. Kalau yang baru punya pacar biasanya sih jelang lebaran itu bawaannya semangat banget, yang gak Cuma buka puasa bareng tiap hari tapi juga belanja buat keperluan lebaran juga bakal dilakuin bareng-bareng. Bahkan kalau seandainya boleh mah lebaran nanti juga pengennya berdua.

Ya maklumlah namanya juga baru punya pasangan, apalagi kata orang kan mereka itu masih anget-angetnya. Terus yang (lagi-lagi) gagal ngapain? sebenernya sih mereka gak peduli amat Cuma itu mereka ungkapin biar gak dicengin. Padahal dalem hati mah ngerasa miris karena bisanya Cuma ngeliat orang lain ama pasangannya haha.

Yang Mudik

Salah satu tipe orang yang legend juga di Indonesia, wajar sih namanya juga perantau yang emang lagi berjuang demi sesuap nasi dan sebongkah berlian (katanya) demi keluarga di kampung halaman (katanya juga).

Yang kayak gini biasanya jelang lebaran sih bakal ngerasain tingkat stres yang lumayan tinggi, kenapa? karena bakal ribet mulai dari mikirin jadwal mudik, mikirin biaya mudik, mikirin jadwal libur ampe mikirin oleh-oleh buat keluarga di kampung.

Cuma biasanya sih yang kayak gini kalau udah mudik, yang dibawa saat mudik dan saat balik suka beda. Banyakan saat balik ketimbang waktu mudik, apalagi kalau mahasiswa haha.

Yang Nawarin Jasa

Karena mayoritas orang Indonesia mudik, maka ada juga orang-orang minoritas yang nawarin jasa keamanan. Biasanya kan kalau jelang lebaran gini rumah-rumah atau gedung perkantoran udah mulai pada libur tuh, yang berarti pada kosong.

Nah, katanya demi keamanan orang-orang kayak ginilah yang bakal muncul bak pahlawan. Dari orang personal, kelompok tertentu ampe ormas-ormas tertentu. Kenapa rada kaget ya ada ormas yang kayak gitu? Emang sih kalau ngomongin ormas bawaannya kayak ngedenger keributan aja tapi ya emang bener ada yang kayak gitu.

Yang Rempongnya Ultimate

Sibuk mikirin menu lebaran, sibuk mikirin baju lebaran, sibuk mikirin kondisi rumah dan sibuk ama semuanya. Kayak gitu dah tipe orang satu ini, dan dari kesibukannya sih kamu seharusnya udah bisa nebak! Ya siapa lagi kalau bukan emak kita tercinta.

Jelang lebaran emang jadi tipe orang yang paling rempong, mulai dari mesen gordern baru, beli cat rumah, nyewa tukang, benerin sofa, beli toples, ampe beli apapun yang dipikirnya bisa dipergunakan saat lebaran meski sebenernya punya barang yang sama gak dipake dari lebaran tahun kemaren.

Ya gitu deh emak-emak itu, apalagi kalau udah menyangkut soal makanan hmm udah paling ribet dah. Yang ngebeli semua jenis makanan, masak semua jenis makanan ampe numpuk bahan makanan di kulkas biar gak ribet lagi belanja. Yang nanti seminggu atau dua minggu abis lebaran udah gak bisa dipake karena udah kadaluarsa.

Yang Baru Dapet THR tapi Langsung Abis

Dan salah satu tipe orang yang paling legend di bumi pertiwi ya tipe yang kayak gini. Yang biasanya tiga hari sebelum lebaran udah kehabisan THR, ya gimana gak habis kalau segitu dapet THR langsung kalap padahal kalau diliat yang dibeli Cuma beberapa. Yang kayak gini mah bukan misteri, soalnya kalau gak abis buat bayar utang atau cicilan ya abis buat beli baju yang sebenernya kemahalan. Bisa juga abis buat bayar cicilan baju lebaran tahun kemarin. Ya gitu kan sebagian orang di negara +62 ini, yang bawaannya suka bergaya tapi gak sesuai kemampuan dompet hahah.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY