Yang namanya pekerjaan sebenernya setiap pekerjaan itu punya tingkat kesulitan tersendiri, Cuma ya itu dari sisi bijaknya aja sih. Karena dari sisi realitanya banyak orang yang malah kadang menganggap remeh suatu pekerjaan. Yang paling seringnya itu bilang kayak gini:

“idih gitu aja, itu mah gampang! Semua orang juga bisa ngerjainnya”.

Sering denger kan hal kayak gitu? Atau jangan-jangan nih kamu salah satu orang yang suka bilang gitu? Seperti pas ngeliat temen yang jadi PNS, yang bilangnya “enak banget ya jadi PNS? Kerjaan dikit dapet gaji penuh udah gitu pekerjaannya gampang lagi”, hayoo lho siapa nih yang suka kayak gitu?

Padahal nyatanya berprofesi sebagai PNS itu susah! masuknya aja harus bersaing dengan ratusan ribu orang, udah gitu mesti ngejalanin beberapa tahap seleksi, belum lagi mesti jual kebon, ternak ampe tanah buat nyetor ke onkum pemerintah biar lancar masuknya hehe udah gak ada sih (eh tapi beneran udah gak ada kan?). Udah gitu kalau pun keterima ya gak bisa langsung dapat jabatan tinggi, tapi harus mulai dari nol, pokoknya ribet deh! Jangan kira main zuma itu gampang! Ehh hehe.

Well, intinya setiap profesi itu gak segampang kelihatannya, sayangnya sih ada aja orang yang tetep gak bisa ngerubah stigma kayak gitu. Dan biasanya nih selain PNS, 4 profesi ini juga kelihatannya gampang banget padahal nyatanya susah!

Jadi Supir Taksi

“Cuma nyetir doang”

Itu yang paling sering dibilang orang kalau ngeliat supir taksi, entah itu konvensional atau online. Padahal nyatanya jadi supir taksi itu gak gampang. Gak Cuma mesti punya SIM aja tapi ada banyak hal lainnya, mulai dari tahu nama-nama jalan, ngehapal jalan dan mesti punya tingkat kesabaran yang tinggi.

Sayangnya sih karena kelihatannya gampang pas jadi supir taksi beneran baru deh kelihatan belangnya. Entah itu bawa taksinya sembarangan, suka ngeluh, ngedulem ampe suka lama soalnya mesti nyari tahu lewat mana dulu. Hmm . . .

Jadi DJ

“enak banget, tinggal milih lag uterus diputer udah gitu tepuk-tepuk tangan aja”

Emang sih profesi satu ini yang paling gampang kelihatannya, apalagi nyatanya di jaman sekarang para DJ-DJ karbitan bisanya Cuma ngelakuin itu, jadi gak heran kalau ada aja orang yang bilang kayak gitu.

Tapi nyatanya jadi DJ itu gak gampang, kalau orang yang beneran DJ yang tahu seluk beluk DJ bilangnya malah jadi DJ itu mesti punya teknik dan mesti punya soul karena ngeremix lagu yang bikin penonton terbawa itu gak gampang. Bukan Cuma modal heboh aja.

Jadi Telemarketer

“Cuma modal pulsa dan ngomong doang”

Telemarketer juga sering tuh kena sasaran akan stigma yang nganggep pekerjaan itu gampangan. Emang sih kalau dipikir seorang telemarketer itu kerjanya emang Cuma butuh pulsa dan banyakin kata-kata, karena kerjanya emang telponin orang-orang terus nawarin produk.

Padahal nyatanya ya gak gampang, kalau pulsa sih emang gampang tinggal beli. Tapi ngomongnya itu sob! ngomong ama orang buat ngeyakinin beli itu gak gampang! Apalagi mereka juga ditarget dalam sebulannya dimana orang-orang sekarang malah kalau udah dapet telpon dari telemarketer malah dikiranya penipu.

Jadi Tukang Tambal Ban

Ini nih profesi yang paling legend yang suka dipandang sebelah mata. Jangan salah lho! Jadi tukang tambal itu gak gampang! Gak percaya? coba aja sendiri, gak usah jadi tukang tambal ban dulu, cukup ganti ban mobil kamu aja sendiri. Berani taruhan deh baru 5 menit udah ngos-ngosan kamunya.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY