Lebaran kita semua tahu kalau lebaran adalah momen dimana kita seluruh umat Muslim meraih kemenangan setelah sebulan penuh berpuasa. Tapi yang bikin lebaran itu jadi spesial sebenernya sih bukan Cuma karena besoknya udah gak puasa tapi yang bikin spesial itu adalah momen silaturahminya, setuju kan?

Makanya buat kita masyarakat Indonesia tradisi silaturahmi setiap momen lebaran itu mesti tetap dijaga. Nah biasanya sih pas silaturahmi gini suka ada tuh satu rumah saudara yang bakal dijadiin tempat ngumpul. Ya entah itu di rumah saudara atau rumah nenek sih, dan biasanya momen ngumpul bareng itu juga suka tiba-tiba ada muncul satu saudara yang gak terlalu akrab. Jangankan akrab kenal namanya aja kagak, iya kan?

Yang kayak gitu deh yang biasanya paling sering nanya basa-basi biar bisa mengakrabkan diri. Ya bagus sih Cuma kadang basa-basinya itu malah bikin awkward seperti kayak gini. Yang biasanya nih ya obrolannya itu emang kayak ada tingkatannya gitu.

Soal Pendidikan

Ini nih hal pertama yang paling sering jadi bahan obrolan kalau udah ngumpul bareng, yang biasanya itu yang ditanyain kayak gini:

“kamu sekarang kegiatannya apa? kuliah atau kerja?”

“kuliah di mana?”

“udah semester berapa?”

“kalau skripsi gak usah ambil judul yang susah biar cepet selesainya”

Anak mahasiswa sih ngerti banget obrolan kayak gitu, ya kalau pertanyaan satu sampai tiga sih santai aja, tapi kalau udah masuk yang keempat biasanya suka ada yang pura-pura gila tuh haha.

Soal Pasangan

Ajang silaturahmi bareng keluarga itu emang suka lucu, katanya sih silaturahmi tapi suka ada tuh yang baru aja lebaran eh udah bikin dosa. Ya gimana gak dosa kalau yang diobrolin itu yang soal sensitif sampai bikin emosi seperti soal pasangan misalnya.

Biasanya sih yang diobrolin kayak gini:

“pasangan kamu mana? Gak usah lama pacaran kalau udah cocok segerakan aja”

Udah-udah sabar namanya juga saudara jauh yang gak tahu gimana kabar terbaru kamu, ehh tapi bukannya jomblonya udah dari dulu ya ehh ups haha.

Soal Keluarga

Obrolan kayak gini biasanya bakal muncul kalau semua pertanyaan di atas udah gak pas ama momennya, seperti misalnya kalau kamu-kamu udah nikah. Jangan salah, meski kamu udah nikah jangan pikir kamu bisa lolos dari pertanyaan kayak gini, yang mirisnya lagi kadang obrolan kayak gini gak Cuma muncul dari saudara jauh tapi dari om, tante dan semua yang di tuakan. Biasanya sih kayak gini:

Kalau baru nikah: “kapan nih ngasih cucu ke nenek?”

Kalau udah punya anak: “kapan nih ngasih adek ke kakanya?”

Dan kalau udah punya dua anak: “kapan nih nambah lagi?”

Udah gitu aja terus sampai punya anak udah kayak kesebelasan sepakbola ampe pemain cadangannya haha.

Well kamu-kamu yang ngalamin kayak gitu sih mending disabarin aja, jangan dibawa stres karena kalau kamu stres kamu jadi emosi, terus kamu jadi marah kan momen lebarannya jadi gak berkah?

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY