Negara dengan Puasa Paling Lama Sampai yang Paling Singkat oleh SegiEmpatBulan Ramadhan menjadi bulan yang mewajibkan semua umat Muslim berpuasa. Puasa adalah salah satu ibadah yang wajib selama bulan Ramadhan, dimulai sejak adzan subuh berkumandang hingga adzan magrib yang lebih dulu diawali dengan bersantap sahur.

Di Indonesia sendiri terhitung kita berpuasa kurang lebih 13 jam lamanya, sebuah hal yang tidak mudah tentunya. Tapi bagi umat Muslim di tanah air berpuasa selama 13 jam lamanya masih tergolong cepat. Pasalnya di beberapa Negara ternyata umat Muslim justru harus berpuasa dengan waktu yang lebih lama. Bahkan di beberapa Negara sampai 20 jam lamanya. Namun ada pula beberapa Negara yang memiliki waktu puasa paling singkat dari Negara lainnya.

Di setiap Negara memang memiliki perbedaan waktu berpuasa, hal tersebut terjadi karena letaknya dan juga perputaran bumi dalam mengelilingi matahari. Selain itu pada waktu-waktu tertentu seperti pada periode Maret sampai September Negara yang berada di bagian utara bumi menerima cahaya matahari lebih lama di banding Negara yang berada di bagian Selatan. Sementara periode Oktober sampai Februari sebaliknya.

Nah, bulan puasa kali ini pun mencatatkan beberapa Negara dengan waktu puasa paling lama sampai paling singkat. Dimana saja? Berikut ulasannya.

Denmark

Negara dengan Puasa Paling Lama Sampai yang Paling Singkat oleh SegiEmpatUmat Muslim di Denmark di bulan puasa kali ini sepertinya menjelani ibadah puasa yang sangat berat. Pasalnya disini umat Muslim harus menahan rasa lapar dan haus selama 21 jam penuh. Hal ini pula yang tercatat sebagai waktu puasa paling lama diantara Negara-negara lainnya.

Swedia

Negara dengan Puasa Paling Lama Sampai yang Paling Singkat oleh SegiEmpatSekarang ini Negara-negara Skandinavia seperti Swedia tengah memasuki musim panas. Musim ini mungkin identik dengan liburan tapi bagi umat Muslim di Swedia musim ini menjadi waktu berpuasa yang sangat lama. Musim panas di Swedia, Finlandia dan Norwegia akan berlangsung cukup terik, bahkan di musim ini matahari akan terbit kurang lebih 20 jam lamanya.

Rusia

Negara dengan Puasa Paling Lama Sampai yang Paling Singkat oleh SegiEmpatRusia dijuluki sebagai negeri beruang putih, hal ini pun tidak terlepas dari posisi Rusia pada peta dunia. Rusia menjadi salah satu Negara yang berada di bagian paling utara bumi, dan karena hal tersebut pula umat Muslim di Rusia harus menjalani Ibadah Puasa selama 19 jam. Dimulai sejak 03.15 dini hari sampai 21.37 di malam harinya.

Belanda dan Belgia

Negara dengan Puasa Paling Lama Sampai yang Paling Singkat oleh SegiEmpatBelanda dan Belgia merupakan salah satu Negara Eropa yang memiliki umat Muslim yang cukup besar. Di bulan puasa kali ini umat Muslim di kedua Negara juga menjalani waktu puasa yang cukup lama. Berdasarkan lansiran salah satu media, di Belanda dan Belgia waktu puasa berlangsung selama 18 jam lebih 30 menit.

Inggris

Negara dengan Puasa Paling Lama Sampai yang Paling Singkat oleh SegiEmpatMeski minoritas tapi umat Muslim di Inggris pun tetap menjalankan ibadah berpuasa, bahkan dengan waktu puasa yang lebih lama dengan masyarakat tanah air. Di Inggris waktu puasa mencapai 17 jam lebih 14 menit atau lebih cepat 2 jam 30 menit dari Rusia.

Nah, itulah ke 5 negara dengan waktu puasa paling lama di dunia. Tapi selain Negara-negara tersebut di sisi lain bumi terdapat pula Negara dengan waktu puasa paling singkat. Negara mana saja yang memiliki waktu puasa paling singkat? Berikut 5 diantaranya.

Arab Saudi

Negara dengan Puasa Paling Lama Sampai yang Paling Singkat oleh SegiEmpatNegara dengan mayoritas Islam ini sebelumnya disebut sebagai salah satu Negara dengan waktu puasa terlama yaitu sekitar 14 jam lebih 40 menit. Namun lansiran terbaru ternyata waktu puasa di Arab Saudi hanya berlangsung selama 12 jam lebih 40 menit. Waktu tersebut berdasarkan penghitungan ilmu falak. Hal ini pula yang membuat Arab Saudi kini menjadi salah satu Negara dengan waktu puasa paling singkat.

Kepulauan Komoro

Negara dengan Puasa Paling Lama Sampai yang Paling Singkat oleh SegiEmpatPulau besar yang mayoritas penduduknya termasuk Jazirah Arab ini juga menjadi Negara dengan waktu puasa paling cepat. Di bulan puasa kali ini masyarakat Kepulauan Komoro menjalani waktu puasa selama 12 jam lebih 31 menit. Meski singkat namun masyarakat kepualuan Komoro tengah dilanda kekeringan tapi hal tersebut tentunya tidak menghalani umat Muslim untuk berpuasa.

Afrika Selatan

Negara dengan Puasa Paling Lama Sampai yang Paling Singkat oleh SegiEmpatDi benua hitam Afrika, umat Muslim di Negara Afrika Selatan juga menjalani waktu puasa yang paling singkat. Di Negara ini umat Muslim hanya berpuasa selama 10 jam 30 menit. Disini Negara dengan mayoritas beragama Krsiten ini memiliki toleransi yang snagat tinggi hal ini pun terbukti dari kurangnya kasus kekerasan atau pelecehan antara umat beragama. Hal ini tentu patut di contoh bukan?

Argentina

Negara dengan Puasa Paling Lama Sampai yang Paling Singkat oleh SegiEmpatNegara yang menjadi tanah kelahiran pesepakbola legendaris ini merupakan Negara dengan mayoritas penduduknya beragama Kristen. Namun meski begitu di Negara ini masyarakatnya pun dapat hidup berdampingan dengan umat Muslim. Hal ini tentu semakin memperindah bulan puasa kali ini. Disini umat Muslim berpuasa hanya selama 9 jam lebih 37 menit, yang sekaligus mencatatkan Argentina sebagai Negara dengan waktu berpuasa paling singkat.

Chili

Negara dengan Puasa Paling Lama Sampai yang Paling Singkat oleh SegiEmpatChili menjadi Negara dengan waktu berpuasa paling singkat dibanding Negara-negara lainnya. Di Negara ini umat Muslim menjalankan ibadah Puasa dari pukul 05.31 subuh sampai pukul 15.00 atau jam 3 siang, atau selama 9 jam 12 menit. Tapi jangan salah meski waktu puasa mereka tergolong cepat namun kekeringan dan cuaca yang tidak bersahabat adalah tantangan yang cukup berat bagi umat Muslim di Chili. Belum lagi dengan maraknya kasus kekerasan yang menjadikan Chili sebagai salah satu Negara yang paling tidak aman.

Dimanapun dan berapa lama waktunya ibadah Puasa tentu menjadi ibadah yang tidak boleh kita lewati. Selamat berpuasa ya.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY