Masjid merupakan tempat yang memiliki fungsi penting dalam diri setiap umat islam. Sebab, selain digunakan sebagai tempat untuk melakukan peribadahan, masjid pun juga kerap digunakan sebagai tempat pendidikan Al-Qur’an ataupun tausyiah. Namun, ada lagi fungsi menarik masjid yang perlu kita ketahui, yakni mampu menarik perhatian wisatwan dunia lantaran bentuk dan warna bangunannya yang begitu mempesona. Seperti dua masjid unik berikut ini. Warna yang dimilikinya kerap membuatnya dibanjiri oleh banyak wisatawan dari berbagai manca negara. Penasaran dengan kisah lengkapnya? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

 

Masjid Maguindanao (Filipina)

Salah satu masjid yang memiliki warna begitu unik dan mampu menyedot perhatian wisatawan dari berbagai belahan dunia ini adalah Maguindanao. Ya, masjid yang terletak di Filipina ini begitu menyita rasa penasaran para wisatawan lantaran bangunannya yang penuh dengan warna merah muda. Masjid Maguindanao merupakan salah satu lokasi yang digunakan sebagai kegiatan ibadah umat muslim yang ada di Filipina. Banyak sekali umat muslim yang mengunjungi terutama saat bulan Ramadhan tiba. Masjid Maguindanao resmi dibuka untuk umum tepat di bulan Ramadhan tahun ini. Bahkan, masjid ini telah dibuka untuk khayalak umum pada hari Sabtu kemarin. Uniknya, masjid yang berlokasi di kota Datu Saudi Ampatuan ini merupakan satu-satunya masjid yang memiliki warna merah muda di dunia.

Foto Masjid Maguindadano Oleh Unik SegiEmpat

Selain menambah kehangatan nuansa Ramadhan, masjid yang dibangun oleh Walikota Samsodin Dimaukom ini juga akan menambah semarak datangnya Ramadhan dengan membuka pasar kuliner Ramadhan yang akan menjual berbagai makanan buka puasa dengan harga yang dijamin terjangkau. Pasar tersebut rencananya akan dibuka di sekitar area masjid. Seluruh rencana yang telah disusun oleh pemerintah Filipina ini merupakan program yang diperuntukkan untuk menghormati umat muslim yang tengah menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Tertarik untuk mengunjunginya?

Masjid Sultan Ahmet (Turki)

Kini kita akan beranjak ke Turki. Ternyata, masjid yang memiliki warna unik tersebut tak hanya ada di Filipina saja. Sebab sebuah masjid bernama Blue Mosque atau yang dikenal juga dengan sebutan Masjid Sultan Ahmet juga menjadi salah satu masjid terindah yang pernah dimiliki oleh Turki. Tak hanya terindah di Turki, Masjid Sultan Ahmet ternyata juga didaulat menjadi salah satu bagian dari daftar masjid paling indah di dunia. Masjid Sultan Ahmet dikenal dengan enam buah kubahnya yang nampak begitu cantik. Seluruh bagian masjid dilapisi oleh lebih dari 2.000 keramik berwarna biru sehingga masjid ini pun juga disebut dengan Blue Mosque.

Foto Masjid Sultan Ahmet Oleh Unik SegiEmpat

Kabarnya, Masjid Sultan Ahmet telah menyimpan banyak sejarah lantaran keberadaannya yang sudah ada sejak tahun 1600-an. Menurut legenda yang beredar, Sultan Ahmet pernah meminta untuk membangun kubah masjid dengan emas agar masjid nampak berbeda. Namun, lantaran dana pembangunan tidak mencukupi, maka kubah masjid pun dibangun sebanyak enam buah sekaligus untuk memunculkan keunikannya. Masjid Sultan Ahmet tak hanya digunakan sebagai tempat ibadah umat islam, namun juga dijadikan sebagai sekolah, rumah sakit, hingga penginapan oleh banyak orang. Di masjid ini juga terdapat tempat peristirahatan Sultan Ahmet. Masjid yang terletak di kota Istanbul, Turki, ini selalu ditutup selama 90 menit selama waktu sholat dan akan dibuka kembali untuk wisatwan-wisawatan yang mengunjunginya.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY