Dimasa kecil kita, kadang ada banyak hal yang diberitahu oleh orang-orang dewasa yang sebenarnya belum tentu benar. Biasanya sih karena dia juga “dibego-begoin” atau karena dia sendiri tidak tahu kebenarannya.

Berhubung sebentar lagi puasa, masih ingat gak waktu kecil dulu ada beberapa larangan yang dianggap membatalkan puasa. Mulai dari gak boleh menangis, gak boleh liatin orang makan sampai beberapa larangan lainnya. Sedikit bernostalgia dengan masa kecil, berikut 5 larangan yang dianggap membatalkan puasa.

Gak Boleh Nelan Ludah Bisa Membatalkan Puasa

Larangan yang Dianggap Membatalkan Puasa oleh SegiEmpatJujur deh, pernah gak waktu kecil dulu kalau kedapatan teman pas nelan ludah diledekin? “eh si anu nelan ludah puasanya batal HAHAHAHA”. Jujur sih waktu SD dulu saya pernah mengalaminya, jadi merasa bersalah, malu terus pulang deh ke rumah lapor ke nyokap.

Larangan seperti ini faktanya hanyalah mitos belaka. Tidak ada aturan sama sekali kalau menelan ludah bisa membatalkan puasa. Ya kecuali pas nelan ludah eh ek krim plus pempeknya ikut ditelan.

Gak Boleh Menangis Bisa Membatalkan Puasa

Larangan yang Dianggap Membatalkan Puasa oleh SegiEmpatKalau Anda kelahiran 90-an pasti pernah mendengar hal ini bukan? biasanya bukan Cuma omongan teman, nyokap juga biasa ngomong “eh Jono kalau lagi puasa itu gak boleh nangis, nanti puasanya batal lho” padahal kita nangisnya karena baju lebaran dirobek Joni.

Larangan seperti itu hanyalah mitos belaka, menurut Ustad Subki seperti dilansir dari salah satu media tanah air mengatakan kalau menangis sama sekali tidak membatalkan puasa. Hanya saja menangis yang membuat kita tidak bisa mengendalikan diri bisa mengurangi pahala berpuasa. Kecuali pas nangis air mata yang udah kecampur ingus jadi tertelan.

Gak Boleh Keramas Bisa Membatalkan Puasa

Larangan yang Dianggap Membatalkan Puasa oleh SegiEmpatAnda juga pernah dengar “kalau mandi jangan keramas ya puasa kamu bisa batal!” dari kakak atau mungkin nyokap. Kita dulu dilarang untuk keramas karena keramas bisa membatalkan puasa. Benarkah?

Tentu larangan itu hanyalah mitos belaka, sama seperti larangan di atas tidak ada aturan yang menyebut kalau keramas bisa membuat puasa kita batal. Kebayang gak kalau sebulan penuh kita gak sampooan? Bisa jadi gimana tuh rambut? Cuma memang yang ditakuti dulu pas lagi keramas apalagi kalau sambil nyanyi-nyanyi air tertelan. Apalagi kalau udah dicampur ama sirup DHT.

Gak Boleh Marah-Marah Bisa Membatalkan Puasa

Larangan yang Dianggap Membatalkan Puasa oleh SegiEmpatWaktu kecil dulu pada suka main kelereng kan? Nah biasanya kalau udah sore sih, sebagai hiburan menunggu beduk buka. Pernah gak dulu ada teman Anda yang main kelereng curang, kita sibuk konsen biar tepat sasaran, eh dia malah sibuk pindahin kelerengnya. Bikin emosi kan? Tapi pas kita marah ada aja temen yang godain “nah lo nah lo puasa kamu batal”.

Marah saat puasa tidak membatalkan puasa, namun marah bisa membuat pahala puasa hilang. Tapi ada sih marah membatalkan puasa, biasanya marah sambil ngomel terus ngunyah makanan. Kalau itu pasti batal puasanya.

Selain 4 larangan di atas masih ada satu larangan lagi “Gak Boleh Liatin Orang Makan Bisa Membatalkan Puasa”, itu juga Cuma mitos. Liatin orang makan sama sekali tidak membatalkan puasa, bahkan pahala pun justru berlipat kalau di depan orang makan kita bisa menahan dorongan makan. Kecuali kalau gak kuat ya melambai ke kamera aja.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY