Praktek jual beli sebenernya hal yang sederhana tapi entah kenapa kadang itu malah jadi ribet, bahkan gak jarang malah nyebelin. Ya sebut saja seperti saat antrian kamu diserobot orang barbar, atau disaat kamu udah lama antri tapi tiba-tiba kasirnya malah minta kamu pindah ke kasir sebelah karena dia pengen istirahat.

Sering kejadian kayak gitu kan? ribet kan jadinya? Bahkan kamu pasti kesel banget, gimana gaka kesel kalau udah lama antri tiba-tiba diserobot atau pindah kasir, yang berarti kamu mesti ngantri lagi dari awal. Biasanya sih ada yang jadi emosi tingkat tinggi hmm . . .

Tapi selain kejadian kayak gitu ada lagi nih satu hal yang bisa dibilang legend banget di dunia per-jual-beli-an yaitu saat si kasir bilang “gak ada kembalian”, yang berarti sebenernya sih bukan gak ada duit kembalian tapi si kasih gak punya duit receh buat ngembaliin sisa pembayaran. Kadang juga sebenernya ada sih tapi karena udah kepalang disatuin dan dihitung jadinya males aja gitu buat ngebongkar-bongkar lagi.

Momen kayak gitu biasanya jadi momen yang nyebelin juga, karena biasanya . . .

Duit Kembalian Diganti Permen

Ini nih salah satu hal yang paling legend di Indonesia, gak Cuma di warung-warung rumahan aja tapi juga kadang di beberapa mart. Yang mana saat kamu beli sesuatu terus kembaliannya gak sampe seribu biasanya bakal diganti dengan segepok permen. Eh tapi itu dulu sih, sekarang paling Cuma satu atau dua biji aja haha.

Hal kayak gini ya nyebelin lah soalnya permen yang dikasih biasanya bukan permen terlaris, udah gitu kamu juga gak bisa bawa permen segepok buat belanja.

Untungnya sih sekarang hal kayak gitu Cuma kejadian di warung rumahan, di supermarket udah enggak gitu. Ya paling kalau gak ada kembalian bakal dibilang “sisanya mau di donasikan?” . . .

Malah Disuruh Beli yang Lain

Ini juga sering banget nih, saat gak ada kembalian terus biasanya permen yang disediain buat kembalian udah abis. Bukannya duit kembalian dibalikin malah disuruh beli item yang lain.

Hal kayak gini ya nyebelin lah, yang mau dibeli kan Cuma item yang dipengen aja kok malah disuruh beli item lain? Yang paling nyebelinnya ya kadang item yang disuruh beli itu harganya melebihi kembalian. Alhasil ya kamu bakal nombok lagi, abis itu gak ada kembalian lagi, terus disuruh beli lagi. Gitu aja terus ampe badak bisa manjat pohon.

Disuruh Tuker Dulu

Ini nih yang paling nyebelin menurut saya, kenapa? karena ya masa iya kita yang jadi pelanggan kita juga yang repot nukerin duit? Yang gak ada kembalian kan dia? Terus yang jualan kan dia? Kenapa kitanya yang disuruh? Kalau emang jualan ya mesti sediain duit kecil dong ya gak?

Disuruh Pulang

Kadang ini bisa nyebelin sih, ya soalnya kan kita ke tempat dia itu pengen beli sesuatu yang kita butuhkan. Tapi karena gak ada duit kembalian malah kita gak bisa dapet item yang pengen dibeli.

Well, ya gitu deh namanya Indonesia yang emang penuh dengan keunikan yang kadang bikin ketawa pengen nampol gitu haha.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY