Bangga akan sesuatu yang gak dipunya orang lain, atau bangga karena udah ngelakuin sesuatu yang gak bisa dilakuin orang lain adalah sebuah hal yang wajar. Seperti misalnya kita bangga karena negara kita Indonesia yang punya banyak kebudayaan beragam.

Membanggakan sesuatu itu wajar-wajar saja, tapi yang mesti dibanggain juga harus bener-bener bisa bikin bangga dong ya gak? Cuma buat sebagian orang Indonesia ada aja hal yang sering dibanggakan padahal sebenernya gak mesti. Kayak 7 hal ini. . .

Presiden Negara Lain yang Pernah Tinggal di Indonesia

Kamu-kamu yang lahirnya telat mungkin sih kagak tahu atau ngerasa kagak penting ama sosok Berry alias Barack Obama. Tapi buat yang udah duluan lahir pasti tahu banget deh.

Gak tahu kenapa, dulu di tahun 2009 disaat orang-orang Amerika lagi Pilpres dan seorang Barack Obama keluar sebagai pemenang, orang Indonesia itu ikut ngerasa bangga. Jujur sih saya salah satu diantara mereka-mereka yang lahirnya cepet juga, tapi nganggap kalau hal ini salah satu kebanggaan yang paling gak jelas. Tapi yang lain malah pada bangga soalnya Obama itu waktu kecilnya pernah sekolah di Indonesia. Sampai-sampai malah dibikinin patung bahkan dibikinin film yang nyeritain masa kecilnya.

Faktanya, apa yang mesti dibanggain coba? Bangga karena Obama pernah sekolah di Indonesia? Tapi ngaruhnya apa sama Indonesia? Toh doi jadi Presiden Amerika, udah jelaslah semua keputusannya buat nguntungin Amerika bukan Indonesia.

Jadi Trending Topik

“om telolet om”

Pada masih inget kan ama hal kayak gitu? Indonesia sebagai salah satu negara yang masuk dalam 5 besar pengguna sosial media di dunia emang sering banget jadi trending topik. Ya kayak itu deh salah satunya.

Tapi anehnya jadi trending topik malah bikin sebagian orang Indonesia malah bangga, oke lah kalau hal kayak gitu bikin Indonesia jadi dikenal. Tapi ya liat dulu dong trending topiknya apaan? Kalau trending topik kayak “om telolet om” apanya coba yang mesti dibanggain? Manfaatnya apa buat Indonesia? Gak usah Indonesia dulu deh, kamu aja dapat apa karena itu?

Kalau yang jadi trending topik semisal “pemuda putus sekolah berhasil mengubah upil jadi emas” nah itu bisa dibanggain. Lha kalau yang gak jelas? Kagak bakal ada gunanya.

Orang Keturunan Indonesia

Di luar negeri ada orang yang jadi CEO terus ternyata setelah ditelusuri silsilah keluarganya nenek buyutnya adalah orang Indonesia. Ada pemain bola di liga Eropa yang jago dan ternyata dia juga punya keturunan orang Indonesia.

Sebagian orang langsung pada bangga, apalagi kalau semacam artis terkenal atau Cuma seorang artis dadakan yang nyokapnya orang Indonesia. Padahal sih faktanya yang bangga itu kagak tahu juga apanya yang mesti dibanggain.

Kalau emang dia pemain bola yang jago terus ngebela timnas ya gak masalah, bahkan itu yang mesti dibanggakan. Karena diakui atau enggak doi udah rela turun kasta untuk ngebela Indonesia. Bukan ngeremehin timnas kita ya tapi bandingin aja timnas Eropa ama timnas Indonesia, kastanya gak sama kan?

Lha kalau doi gak bikin apa-apa untuk Indonesia apa coba yang mesti dibanggain? Kagak ada kan?

Artis Luar yang Manggung di Indonesia

Belakangan Indonesia jadi target band-band luar negeri untuk nguras isi dompet para penikmat musik. Hal kayak gini seringnya juga dibanggain ama sebagian orang Indonesia. Karena katanya Indonesia jadi salah satu tempat pilihan untuk manggung.

Padahal mah nyatanya ya seperti yang saya sebutin tadi, mereka itu dateng buat kerja bukan karena pengen manggung di Indonesia. Lagian mereka dateng ke Indonesia itu dibayar mahal bukan gratisan, ya terus apa yang dibanggain kalau mereka dateng Cuma buat nguras dompet kamu?

Film yang Gak Ada Orang Indonesianya

Nah ini salah satu hal yang miris. Sebagian orang Indonesia bangga banget ama film-film luar yang bahkan sama sekali gak ada orang Indonesianya. Buktinya segitu filmnya diputar langsung pada sibuk ngefotoin tiket nontonnya bahkan ada yang rela ngantri ampe berjam-jam, ada juga yang malah sibuk nyari foto dim bah google terus di post di sosmed biar dikata nonton.

Emang sih film-film luar negeri itu kualitasnya masih di atas, udah gitu kalau ditonton juga bikin seneng karena puas. Cuma ya gak mesti dibanggain juga kali, ya untungnya apa kalau dibanggain? Yang ada mah duit kamu jadi habis apalagi kalau nontonnya ama gebetan yang ikut ngajak temennya.

Tim Sepakbola Eropa

Sepakbola itu emang udah jadi salah satu olahraga paling terkenal di dunia dan digilai oleh hampir semua orang yang ada di Indonesia. Jadi punya salah satu tim sepakbola Eropa yang diidolakan sah-sah aja dan kalau dibanggain sih juga gak salah.

Tapi kalau dibanggainnya sampai ngebuat kamu jadi ngeledekin fans tim Eropa lain yang bahkan ngebuat kamu jadi perang kata-kata sampai fisik ya begok namanya. Ya buat apa coba dibanggain sampai segitunya?  Toh itu adalah tim Eropa terus kita orang Indonesia, dan kalau pun mereka juara emang bakal bikin persepakbolaan Indonesia maju? Kagak!

Bule yang Ngomong Bahasa Indonesia

Segitu dapet kabar kalau ada bule yang ngomong bahasa Indonesia, semua orang entah itu di sosmed atau di dunia nyata langsung pada bangga. Bahkan sampai ikutan nge-viralkan si bule terus jadi salah satu trending di dunia maya.

Aneh banget deh! Apanya coba yang mesti dibanggain? Dia bule terus dia bisa ngomong bahasa Indonesia, ya terus kenapa? toh orang Inggris aja kagak pernah ngebangga-banggain orang manapun yang bisa bahasa Inggris?

sWell, bener sih yang disebutin aman temen-temen MBDC kalau sebagian orang Indonesia itu emang kadang suka lucu. Kadang juga suke ngegemesin gitu yang kayak pengen tabokin kepalanya pake bata berkarat biar tuh otak bisa sedikit ada fungsinya gak Cuma jadi motor penggerak haha.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY