Kurang lebih 10 hari lagi, kita akan merayakan hari Kemerdekaan Rapublik Indonesia. Pasti dong hari yang jatuhnya tepat di hari Jumat itu rasanya bakal spesial banget.

Cuma nyatanya merdeka itu gak Cuma terlepas dari penjajah, kalau merdeka dalam konteks 17 Agustus ya pastilah itu adalah hari di mana kita merdeka dari penjajah. Tapi karena merdeka itu artinya luas, pasti deh ada banyak momen di mana kamu ngerasa merdeka sebagai anak muda di era millennial seperti 8 hal ini.

Eh tapi emang iya pas kamu ngalamin itu kamu merasa merdeka?

Pas Udah 17 Tahun

17 tahun itu sering banget dianggap sebagai hari spesial, kamu-kamu masih inget gak waktu dulu ulang tahun pas yang ke 17? Yang saking spesialnya kamu sampe ngerayain sambil ngundang artis, emang enggak? Kasian (haha biasa aja sih).

Waktu kamu 17 tahun kemaren, kamu rasanya merdeka banget kan? yang udah enggak lagi dianggap sebagai anak-anak, secara kamu udah bisa punya KTP dan SIM. Cuma yakin nih kamu udah merdeka? Bukannya umur segitu masih aja suka dicariin emak? Yang kalau telat dikit semua temen kamu bakal ditelponin? Kalau perlu sampe ortu temen kamu bakal dihubungin juga haha.

Pas Lulus SMA

Udah deh akui saja kamu pas lulus SMA kemaren ngerasa merdeka banget kan? yang seolah kamu dari 6 tahun pertama, 3 tahun kedua dan 3 tahun ketiga itu kayak ngerasa dijajah banget. Yang bajunya harus masukin celana, yang mesti pake dasi, yang mesti rambut pendek, yang mesti sepatu hitam dan yang gak boleh telat. Bener gak?

Tapi emang iya kamu udah merdeka? Bukannya mesti lanjut kuliah? Biar bisa dapet kerja yang sebenernya gak kamu suka, jadi PNS misalnya?

Waktu Diizinin Pacaran

Pacaran? pasti deh kamu-kamu pernah ada di momen, di mana kamu enggak dibolehin pacaran ama ortu. Alasannya selain belum cukup umur ya apalagi kalau bukan “belajar dulu yang bener”, yang ngebuat kamu terpaksa pacaran diem-diem, yang kalau kegep nelpon bilangnya temen atau waktu pengen jalan bilangnya kerja kelompok. Tapi pas nyokap udah bilang “ajak main dong ke rumah” rasanya luar biasa bahagia.

Seneng banget sih rasanya? Bahkan kamu mungkin dalam hati berpikir “inilah saatnya saat membuktikan diri” iya kan? pokoknya ngerasa bebas banget deh! Eh tapi emang iya ada yang mau? Kemaren aja 12 tahun itu jomblo kan?

Pas Lulus Kuliah

Kuliah itu ya bisa dibilang kamu ada dim omen yang hampir merdeka, ya soalnya gak bakal kayak waktu SMA yang gak masuk kelas bakal dicariin ama guru. Kalau kuliah mah terserah! Tapi yang gak merdekanya itu adalah sewaktu ngurus skripsi.

Tahu sendirilah gimana susahnya, yang kadang Cuma salah titik ama koma aja langsung coret padahal ngerjainnya udah sampe begadang seminggu di goa (gak kemana-mana Cuma di kamar aja). Jadi pas lulus, rasanya itu kayak satu beban udah berhasil kamu lalui. Tapi seperti kata pepatah, gugur satu tumbuh seribu setelah kuliah sih biasanya bakal dijajah ama “tidur aja kerja lo! Cari kerja sana! Sarjana kok pengangguran”. Cup cup cup sabar, eh pacar apa kabar? Haha.

Waktu Dapet Gaji Pertama

Jadi tanggungjawab orangtua itu gak bebas, pengen ngapain aja gak bisa, pengen beli ini itu mesti sesuai ama kebutuhan dan kesanggupan orang tua. Sewaktu dapet gaji pertama bawaannya emang udah kayak orang yang paling kaya, maklum deh namanya juga baru lepas dari beban orangtua.

Eh tapi emang beneran kamu merdeka? Bukannya seminggu gajian udah serasa tanggal tua? Haha.

Pas Mantan Ngajak balikan

Ngapain galau Cuma karena putus?! Masih banyak jomblo di luar sana yang siap berbagi cinta sama kamu. Ya omongan kayak gitu emang bener, tapi itu gak bakal berlaku buat mereka-mereka yang gak bisa move on. Makanya pas mantan nyapa bahagianya itu gak ketulungan.

Memendam perasaan itu gak enak banget! Makanya sewaktu mantan menyapa dan sehari jalan terus besoknya jadian duh bawaannya kayak ngibarin bendera di puncak Monas! Huss! Bangun mblo bangun! Lo ngimpi kali?! Nyatanya mah boro-boro balikan, seminggu putus eh si dia udah ada gandengan baru haha. Merdeka!

Waktu Penghulu Bilang “Sah!”

Pacaran itu gampang, yang susah itu gimana caranya mempertahankan hubungan. Gak Cuma tahan dari godaan orang ketiga tapi juga bertahan dari berbagai situasi suka maupun duka. Entah itu waktu selimut berdua, waktu kegep Sat Pol PP berdua, waktu ketampol karena kegep chatting ama orang lain atau waktu kamu nangis-nangis di pasir minta maaf karena ketahuan selingkuh.

Berat banget deh semua itu, makanya sewaktu kamu akhirnya melenggang ke penghulu rasanya itu kayak pengen teriak sekenceng-kencengnya karena udah berhasil melalui itu semua dan semuanya sudah sah!

Cuma nyatanya sih perasaan kayak gitu ibarat kentut, yang terasa di awal tapi setelah kena angin hilang. Pas udah sah, itu berarti kamu bakal memasuki babak baru dan di mana-mana babak baru itu tingkat kesulitannya lebih tinggi. Belum lagi kalau yang ternyata nge-halalin dia bukan kamu tapi temennya yang kebetulan dia itu anaknya sahabat nyokapnya. Haha bakal dijajah bertahun-tahun tuh haha.

Pas 17 Agustus

Di tanggal ini tiap tahunnya, kita emang bakal merayakan hari Kemerdekaan kita yang udah ratusan tahun lamanya kita dijajah di masa lalu. Tapi emang iya nyatanya kamu-kamu udah merdeka? udah merdeka dari tagihan-tagihan kredit? Udah merdeka dari mantan? udah merdeka dari dari status kejombloan?

Hmm yang ada mah, orang lain sibuk lomba 17-an tingkat RT/RW sampai kecamatan, kamu malah sibuk lomba kayak gini:

Hal-yang-Bikin-Kamu-Merasa-Merdeka-Tapi-Sebenernya-Enggak-oleh-SegiEmpat

Loading...

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY