Puasa-puasa gini rugi banget dong kalau sampe kualitas puasamu terganggu? Karena yang namanya puasa kan semua amal ibadah kita bakal dilipat gandakan? Rugi dong kalau sampe itu terganggu? Apalagi yang namanya bulan puasa itu adanya Cuma sekali dalam setahun, tahun depan mah belum tentu bisa kamu rasain lagi.

Jadi ketimbang kamu malah menumpuk dosa di bulan puasa ini, mending hindarin deh hal-hal kayak gini. Apa aja? nih 4 hal yang wajib kamu hindari saat puasa biar tak menumpuk dosa.

Jangan Kelamaan Main Sosmed

Kalau kamu selama ini tiap hari ampe ngehabisin hampir 12 jam buat main sosmed, mending mulai kurangin deh selama puasa. Kenapa? karena main sosmed kelamaan juga bisa bikin kamu jadi numpuk dosa.

Apalagi belakangan ini mulai ada tuh yang resek, yang ampe bikin live di grup-grup. Kalau live-nya soal jualan sigh gak papa tapi kalau yang di live itu video skidipapap gimana? bukannya ngegedein pahala malah jadi numpuk dosa.

Jauhi Ghibah

Sebenernya kita sebagai manusia itu emang gak bisa hidup sendirian, dan kita juga gak bisa hidup bersosial kalau gak ada komunikasi. Cuma kadang karena hal itu ada aja orang-orang yang malah gak sadar udah ngelakuin ghibah. Yang tadinya Cuma ceritain hal biasa waktu beli sayur tapi malah kelewatan ampe nyeritain aib orang lain.

Ada satu alasan jelas kenapa tidurnya orang puasa itu disebut ibadah. Ya salah satunya karena hal kayak gitu, sayangnya sih kebanyakan orang gak mengartikan positif tapi malah dijadikan pembenaran buat malas-malasan.

Hati-hati ya, ghibah itu bisa menggugurkan puasa kamu bahkan denger-denger sih bisa membatalkan puasa juga.

Hindari Riya

Bulan puasa itu emang jadi waktu yang pas banget buat beribadah, meski di luar bulan puasa juga bagus sih tapi kan selama puasa ini semua amal ibadah dilipat gandakan. Jadi ya kesempatan banget buat nutupin semua dosa-dosa di masa lalu.

Cuma meski kamu semangat kamu juga gak mesti kelewat semangat sob! yang saking semangatnya kamu malah ampe update status di semua sosmed kamu setiap kali kamu beribadah. Hal kayak gitu mah riya namanya alias pengen pamer.

Hindari Nge-net Berlebihan

Sekarang ini internet emang udah jadi hal yang susah terpisahkan dari kita, Cuma ya di bulan puasa gini mending gak usah kelewatan deh main internetnya. Bukan apa-apa soalnya makin lama kamu nge-net potensi dosa yang bakal kamu dapat makin besar. Apalagi yang cowok tuh yang kalau nge-internet tahunya Cuma brazz*r aja haha.

Dan salah satu yang paling penting untuk kamu hindarin adalah melupakan lailatul qodar, jadi ketimbang 10 hari terakhir kamu habisin banyak waktu untuk ngejar baju mending kamu banyakin waktu ibadah demi ngejar lailatul qodar.

Well gitu aja deh dari saya, selamat berpuasa ya kalau dapet THR jangan lupa berbagi hehe.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY