Kamu-kamu udah pada tahu dong fungsi SIM C itu untuk apa? yup bener banget, sebagai lisensi biar kamu bisa berkendara dengan aman dan nyaman di jalan raya. Ya biar gak ketilang gitu hehe.

Hayoo yang senyam-senyum sendiri pasti deh mikirnya juga kayak gitu, ya kan? yang nganggep kalau SIM C itu Cuma biar aman dari tilang aja. . .

Hmm pantesan aja sampai sekarang banyak orang yang kayak barbar saat lagi bawa motor, ya pikirannya Cuma kayak gitu. Padahal tujuan penerbitan SIM C gak Cuma buat sebagai lisensi yang sah atau sebagai penanda identitas aja, tapi ya bener-bener tujuannya agar pengendara bisa berkendara dengan baik dan benar. Itu yang aman dan nyaman yang sebenernya, tapi yang terjadi dilapangan malah . . .

Well, sebenernya sih rada miris ngeliatnya karena sebenernya bohong banget deh kalau gak ada yang tahu itu. Tapi yang namanya orang Indonesia mah emang nyatanya ekspektasi ama realita di lapangan itu beda, beda banget malah. Dan biasanya nih ya meski semua pada tahu gimana ribetnya ngurus SIM C tetep aja pas udah turun ke jalan kejadiannya kayak gini . . .

Rambu-Rambu Lalulintas

Kalau ditanya soal rambu lalulintas, mungkin masih ada yang bakal gak ngerti apalagi yang emang jarang ditemui. Cuma seharusnya sih sewaktu pengurusan SIM semua pada tahu, kenapa? karena ada tes yang mengharuskan untuk tahu, jadi seenggaknya semua ya pada belajar lah dan pada tahu. Normalnya sih kalau nemu rambu-rambu di jalan ya dipatuhi ya gak?

Tapi ya itu sih ekspektasi aja, realitanya ya nemu rambu di jalan nengok kanan-kiri dulu buat ngeliat keadaan. Kalau gak ada orang yang make rompi ijo menyala ya dilanggar juga. Miris banget! Karena sebenernya sih semua pada ngeh tapi karena ada kesempatan ya kesempatan itu yang diambil. Kan gampang kalau kena tilang bilang aja gak liat haha sampah!

Kendaraan Prioritas

Semua pengendara gak Cuma motor tapi juga mobil sebenernya sih ngeh banget dan tahu banget kalau berkendara di jalan raya itu ada banyak tipenya. Salah satunya ya kendaraan yang jadi prioritas kayak mobil ambulance, pemadam atau dari aparat keamanan. Yang namanya prioritas ya mesti diprioritaskan.

Ekspektasinya sih kayak gitu yang mestinya tahu kalau denger suara sirine di jalan itu adalah kendaraan yang mesti diprioritaskan alias dikasih jalan duluan. Bahkan idealnya sih dari jauh udah ngebukain jalur, nanti kalau udah lewat baru deh kembali lagi ke jalur. Tapi realitanya, dibukain sih tapi Cuma dikit karena pengen ikutan konvoi biar cepet. Bahkan sering nemu tuh yang malah ikutan nyalain lampu hazard hmm . . .

Tahu Harus Berkendara di Mana

Yang namanya berkendara ya seharusnya di jalan raya, atau jalan-jalan yang emang diperbolehkan untuk dilalui. Ya mau itu jalan raya, jalan setapak, jalan komplek yang pokoknya jalan umum deh.

Seharusnya sih emang kayak gitu, Cuma realitanya malah jalan di trotoar, naik di jembatan penyebrangan orang bahkan sampai ada yang ngelawan arus. Semuanya sih tahu kalau itu melanggar dan membahayakan tapi tetep aja dilanggar, kalau udah kena tilang atau ketabrak baru deh sok ngerasa salah terus pake alasan buru-buru. Eh tapi ada juga sih yang udah salah malah dia yang ngotot, haha bikin gemes deh orang kayak gitu kayak pengen ngelus-ngelus mukanya pake gurinda haha.

Lincah dan Sigap Berkendara

Satu keuntungan naik motor yang gak dimiliki kendaraan lain adalah lincah. Dan karena itu biasanya saat tes SIM bakal ada tes zig-zag dan tes jalan dengan jalur angka 8, tujuannya ya biar bisa lincah saat berkendara dan juga sigap ngadepin kejadian yang gak diinginkan saat di jalan. Jadi kalau pun harus nyalip sana-sini gak ngerugiin orang lain dan diri sendiri.

Ekspektasinya ya emang gitu, Cuma realitanya ya gak kayak gitulah. Kalau dijalan mah yang ada bawa motornya udah kayak orang kesurupan, yang mesti tahu ada kendaraan lain di sampingnya bukannya sabar malah langsung main potong aja. Kadang juga malah pengen belok kiri tapi dari paling kanan. Udah gitu biasanya yang di zig-zag-in juga kebanyakan orang, pohon, tiang listrik. Ya mau gimana kalau jalannya di trotoar.

Bahkan sekarang mah bukan Cuma motor aja yang zig-zag tapi udah ada tuh mobil yang kayak gitu. Bikin heran sih bisa beli mobil tapi gak bisa beli pengetahuan, itu di kepala isinya apa sih? eek kucing?

Sabar dan Disiplin saat di Jalan

Pengurusan SIM dari pertama kali sampai terbit itu ribet banget asli, belum lagi ngadepin prosesnya yang kadang mah gak cukup sehari aja tapi sampai berhari-hari. Cuma hal kayak gitu sebenernya bukan karena pengen ngebikin ribet atau munculin celah pelican. Tapi tujuan sebenernya ya biar pengendara itu tahu bagaimana harus bersabar saat berkendara di jalan dan jadi pribadi yang disiplin.

Tapi ya itu sih Cuma ekspektasi aja yang adanya Cuma di angan belaka, realitanya boro-boro deh sabar yang ada malah pokoknya main paksa. Sabarnya mah kalau udah paling depan di lampu merah, selama masih dibelakang maksa maju terus! Lampu udah merah tapi masih ada celah gass! Pokoknya harus duluan ketimbang kendaraan yang berlawanan, kalau pun kejebak ya tinggal klakson yang kenceng aja biar orang-orang tahu kalau yang di atas kendaraan itu orang terpandang yang pengen lewat, yang lain mah sampah! Itu sih yang paling gemesin kayak pengen nyium dahinya pake bibir kenalpot haha.

Well, ya gitu deh realitanya pengendara motor di Indonesia, emang sih gak semuanya tapi mayoritas kan seperti itu ya gak? ya gak? jadi harepnya sih kamu-kamu pada sadar diri deh ya, inget yang berkendara di jalan itu bukan Cuma kamu! jadi kalau lagi di jalan jangan kayak orang purba yang gak tahu aturan oke? Haha kamu mah paling oke oke aja tapi pas berkendara sama aja gak ada yang berubah haha.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY