Kalau dibandingkan dulu dengan jaman sekarang emang udah beda, gak Cuma soal tapi juga soal ilmu pengetahuan. Paling kelihatan sih pola pikir masyarakat kita yang emang udah bisa ngebedain mana orang yang ngomong sesuai fakta ama mereka-mereka yang hobinya Cuma bisa nyebar hoax demi menang pemilu. Yang dikit-dikit nuding pencitraan tapi Cuma bisa terdiam waktu diliatin bukti nyata.

Emang harus diakui sampai sekarang masih banyak orang yang entah sengaja atau disengajain emang ngebatasin diri dengan pengetahuan, yang ada Cuma bisa nebar fitnah demi tujuan. Padahal sebenarnya jaman sekarang itu ilmu pengetahuan makin berkembang, seperti halnya saat ingin mengetahui kehamilan. Sekarang mah tinggal sediain test pack yang bahkan diklaim memberikan hasil 99 persen akurat. Sedangkan dulu para pendahulu kita harus menjalani beberapa ritual aneh.

Well, sebelum ada yang protes sampe ngeledek dengan istilah cebong-cebongan cs langssung aja deh nih cara aneh mengetes kehamilan jaman dulu.

Dulu Buat Tahu Hamil Anak Laki-Laki atau Perempuan Make Biji Gandum dan Barley

Para tabib mesir di masa lalu dikenal punya berbagai macam cara aneh dalam metode pengobatannya. Nah, sekitar 4000 tahun lalu konon para tabib mesir juga punya cara khusus untuk tahu apakah seorang wanita hamil atau tidak plus bisa mengetahui jenis kelamin yang dikandung.

Caranya, para tabib bakal membungkus biji gandum dan barley dan meminta wanita untuk mengencinginya. Jika si wanita hamil maka gandum atau barley akan tumbuh. Kalau gandum yang tumbuh maka si wanita hamil anak perempuan. Sedangkan kalau yang tumbuh adalah barley konon dipercaya jika si wanita hamil anak laki-laki. Aneh kan?

Buat Tahu Hamil atau Tidak Jaman Dulu Ada yang Diminta Minum Bir

Gak Cuma aneh tapi bahaya! Namun tetap saja dilakukan oleh beberapa wanita. Menurut ceritanya, jaman dulu wanita akan diminta minum bir yang emang disediakan khusus untuk tahu dia hamil atau tidak. Kalau dia hamil maka dia akan merasa kalau bir tersebut pahit, tapi kalau rasanya sama seperti bir yang ia minum itu berarti dia tidak hamil.

Lucu juga sih gimana seandainya ada yang ngeganti birnya sama air kencing udah gitu dicampur ama air jamban? Haha sadis banget ya?

Jaman Dulu Untuk Tahu Hamil atau Tidak Bawang Putih di Masukin ke Vagina

Ini yang menurut saya lumayan ekstrim, sekitar abad 18 dulu tepatnya di Perancis. Wanita yang ingin tahu dia hamil atau tidak gak perlu sampe ke dokter atau bidan mereka hanya harus memasukkan bawang putih sebelum tidur ke dalam vaginanya.

Konon kalau bangun nafasnya beraroma bawang putih berarti dia tidak hamil. Tapi kalau nafasnya tidak berbau bawang putih berarti dia hamil. Katanya sih jamin yang dia kandung bisa menghalangi aroma bawang putihnya. Aneh kan?

Yang Klasik ke Dukun Alias Peramal

Ini mungkin masih banyak dilakuin nih sampe sekarang, apalagi mereka yang jauh dari hingar bingar kehidupan kota. Di abad ke 19 dulu, konon para wanita yang ingin tahu dia hamil atau tidak harus datang ke dukun atau peramal. Tapi bukan sembarangan dukun, konon Cuma dukun yang menggunakan media air yang bisa mengetes kehamilan. Hebatnya lagi si dukun bisa tahu jenis kelamin janin yang dikandung sejak awal. Pasti dukunnya handal nih, sering hangout bareng jin kayaknya haha.

Kamu-kamu pasti lega kan gak harus sampe ngalamin keanehan kayak gitu? emang udah seharusnya bersyukur gak hidup di jaman dulu, kalau masih pada ngeluh sih mending balik aja ke jaman purba sekalian!

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY