Makin hari makin kesini tanpa kita sadari makin banyak aja kebutuhan yang ngebuat kita ketergantungan. Seperti kebutuhan akan sosial media yang membutuhkan kuota, kebayang kan gimana seremnya kalau kehabisan kuota? Apalagi pas sedang cari-cari perhatiannya ama gebetan, yang ngepost status galau Cuma biar ditanyain aja kenapa. Atau mungkin pas lagi ngebkp, yang pas lagi klimaks-klimaksnya tiba-tiba berhenti karena kehabisan kuota. Yang cowok ngerti dah gimana seremnya ya kan? ya kan? eh tapi gak juga sih toh biasanya Cuma liat foto juga udah bisa haha.

Well, tapi jujur sih sekarang itu kita emang mulai makin ketergantungan. Gak Cuma soal wifi aja tapi juga ama beberapa benda, yang kalau gak ada tuh benda bawaannya kayak ada yang kurang gimana gitu. Apalagi kamu-kamu yang anak menasbihkan diri sebagai generasi milenial.

Cuma kamu-kamu mungkin pada gak ngeh deh, karena sebenernya sih ada banyak benda yang bikin kamu ketergantungan tapi enggak buat yang udah tua. Penasaran kan benda yang kayak gimana? nih benda yang fungsinya bakal beda tergantung usia.

Gadget

Dari dulu sampai sekarang dompet itu adalah hal penting yang mesti dibawa kemana aja, Cuma makin kesini muncul lagi satu benda yang gak kalah pentingnya. Bahkan buat sebagian orang mah mending gak bawa dompet ketimbang benda satu ini, ya apalagi kalau bukan gadget.

Yakin deh kamu-kamu banyak yang kayak gini, apalagi yang masih ngaku anak muda padahal udah ubanan hehe. Gadget sekarang emang udah penting banget, buat anak muda gadget dianggap sebagaio benda penting untuk dijadikan pegangan menjalani hidup. Ya buat cari informasi, buat jadi ajang eksis dan tentu saja buat gaya-gayaan. Ya intinya gadget kompleks deh kegunaannya buat anak muda, sedangkan buat orang tua gadget mah lebih simpel. Ya paling dipake Cuma buat SMS, chat atau telponan aja hehe.

Flashdisk

Siapa nih yang masih dapet disket atau floppy disk, pasti ada deh diantara kamu. Flashdisk sekarang udah jadi disket di jaman dulu, yang dipake buat nyimpen apa aja. Mulai dari data pekerjaan, foto-foto sampai video durasi pendek atau yang berformat 3gp.

Sayangnya sih sekarang flashdisk ini buat anak muda udah gak sepenting dulu, yang gak peduli mau ilang atau kagak. Tapi buat orang tua mah masih sama pentingnya, yang kalau sampe ilang bisa serasa kiamat. Ya maklum deh namanya juga orang tua, yang masih gak ngerti fungsi email apaan hehe.

Radio Mobil

Pada ngeh gak sih kalau mobil-mobil yang sekarang itu bentuknya udah jauh beda dengan mobil dulu. Namanya juga perkembangan sih masa bentuknya masih kotak-kotak gitu? Cuma dari dulu sampai sekarang nih ya, meski mobil makin berkembang dan makin canggih ada satu fitur yang gak pernah hilang yaitu radio.

Sampai sekarang radio masih bertahan bahkan masih jadi andalan. Cuma bedanya sih di fungsi aja, buat anak muda radio jadi teman sejati saat lagi macet. Sedangkan buat orang tua radio ya buat cari informasi lokasi macet.

Laptop

Sampai sekarang masih inget banget sih masa-masa di mana laptop yang jadi andalan banget buat berselancar ria di dunia maya, entah itu buat main sosmed atau main game online. Termasuk juga buat ngerjain tugas-tugas sekolah atau kuliah demi sebuah gelar sarjana (buset dah itu udah lama banget, udah setua itu ya saya?).

Cuma sekarang ya laptop udah gak sepenting itu karena udah ada gadget, bahkan sekarang mah anak muda make laptop Cuma buat ngehibur diri saat lagi galau atau saat lagi malem minggu. Yang bawaannya pengen nonton semua film yang ada buat ngusir kegundahan karena gak ada pacar, tapi di sosmed bilangnya “malam minggu itu Cuma buat anak labil”.

TV

Jauh sebelum ada laptop apalagi gadget, TV udah jadi benda paling pertama yang jadi hiburan semua orang. Dari anak muda, orang tua ampe anak tetangga pada berebut nonton TV. Cuma sekarang mah TV udah gak kayak dulu lagi. Yang kalau pengen nonton mesti nungguin anak yang punya rumah bangun tidur.

Sekarang buat anak muda TV seringnya Cuma jadi pajangan aja, ya buat mempercantik dekorasilah. Ya gimana soalnya ada TV tapi gak pernah dinyalain, lebih milih nyalain gadget. Cuma buat orang tua sih TV tetep aja jadi andalan buat dapet informasi. Ya seenggaknya masih ada lah informasi yang bisa didapat diantara sekian banyak tayangan-tayangan gak penting, apalagi yang sok-sok reality show padahal settingan. Yang segitu dapet masalah bukannya diselesaiin sendiri eh malah nongol di TV apaan coba?

Wifi

Nah ini nih yang paling beda, sekarang sih emang boleh dikata hampir semua orang butuh ama wifi. Apalagi sekarang kan udah hampir semua hal entah itu yang berhubungan dengan pekerjaan sampai keperluan pribadi aja udah mulai berhubungan dengan dunia maya yang membutuhkan jaringan wifi atau kuota.

Cuma ya tetep aja sih antara anak muda dan orang tua mah kebutuhan akan wifi atau kuota bakal beda. Yang muda nganggepnya sebagai sumber kehidupan dengan segala kebahagiaan di dalamnya, tapi buat orang tua malah sumber masalah. Kenapa? karena nambah beban aja yang harus dibayar tiap bulan apalagi kalau makenya berjamaah.

Well, ya gitu deh nyatanya kamu-kamu juga ngerasa kayak gitu kan? udah-udah gak usah sok bangga deh, karena akan tiba masanya kamu jadi tua dan mungkin bakal ngalamin hal yang sama.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY