Yang namanya mantan sampah itu harus dibuang pada tempatnya, ya kamu setuju dong? karena yang namanya sampah kan kotoran atau sisa-sisa barang yang udah gak kepake yang udah seharusnya dibuang sesuai dengan tempatnya.

Uniknya nih hal kayak gitu sebenernya disadarin banget ama semua orang termasuk orang Indonesia, bahkan semua orang Indonesia juga sadar betul kalau sampah itu bakal ngotorin kalau gak dibuang pada tempatnya. Apalagi di beberapa kota udah ada yang ngerasain langsung dampaknya, entah itu kebanjiran, tercemar udara ampe teringat mantan. Eh kok mantan lagi sih? tapi anehnya kebiasaan buang sampah seenak dengkul masih jadi kebiasaan.

Nah, biasanya nih kalau kegep buang sampah sembarangan orang-orang Indonesia itu bakal pake alasan kayak gini . . .

“Tempat Sampahnya Dikit”

Sebenernya masih bisa dimaklumin kalau pake alasan ini, karena emang lucunya Indonesia itu bawaannya suka pada teriak jangan buang sampah sembarangan tapi gak nyediain tempat.

Cuma ya itu bukan alasan buat membenarkan, toh bisa dikantongin dulu kan sampahnya entar kalau nemu tempat sampah baru dibuang bener gak?

“Nanti Ada yang Bersihin”

Nanti ada yang  bersihin, ini salah satu alasan paling klasik nih. Bahkan kadang ada yang ampe bilang “kalau kita semua buang sampah pada tempatnya entar yang tukang sampahnya kerja apa?”.

Rada masuk akal emang tapi sekali lagi itu bukan berarti bisa membenarkan kamu buat buang sampah sembarangan. Ya kalau emang bisa dilakuin sendiri kenapa mesti nunggu orang lain lakuin?

“Yaelah Cuma Sampah Secuil”

Cuma dikit kok entar juga ada yang bersihin, gak tahu kenapa buat orang Indonesia itu ngelakuin hal baik bawaannya perhitungan banget. Kalau kecil gak mau nanti kalau besar baru mau, itu pun kalau ada yang liat haha.

Emang kalau sampahnya kecil gak bisa jadi banyak? Gak bisa ngotorin gitu? Coba aja ngumpulin upil di bawah sandaran kursi lama-lama kan jadi banyak?

“Waduh Gak Sengaja Jatoh Tadi”

Jujur sih hal kayak gini pernah saya lakuin, yang sok-sokan nyimpen di saku sweater terus sengaja dijatohin saat narik sesuatu hehe.

Tapi itu bukan untuk ditiru ya, karena biar gimana pun hal kayak gitu gak baik. Kalau megang sampah kecil aja kamu gak bisa gimana nanti kamu megang janji-janji kamu?

 “Yang Lain juga Buang di Sini Kok”

Ini nih salah satu kebiasaan yang paling melekat ama orang Indonesia, gak tahu kenapa orang Indonesia itu bawaannya suka ikut-ikutan. Parahnya lagi ikut-ikutan itu suka dijadiin alasan pembenar, yang bilangnya “kalau dia bisa kenapa saya enggak?”.

Ya gitu deh kebiasaan orang Indonesia, padahal ngebuang sampah ke tempatnya itu Cuma butuh beberapa langkah bawaannya males banget. Giliran melipir ke rumah pacar biar jaraknya jauh paling semangat, apalagi kalau udah bilang “gak ada orang di rumah”.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY