Kamu-kamu pasti dong pada demen nonton film? Cuma jujur deh kamu kalau disuruh pilih antara film Indonesia dengan film Hollywood, kamu bakal pilih mana?

Well, nyatanya emang film-film luar itu jauh lebih laku ketimbang film Indonesia. Jadi ya gak salah kalau mayoritas kamu yang katanya orang Indonesia lebih milih nonton film-film luar ketimbang film garapan lokal. Kira-kira kenapa ya? Kalau kata temen-temen MBDC nih ya, hal kayak gitu kadang bisa dimaklumin karena film Indonesia itu kebanyakan kayak gini:

Image Jelek yang Terus Melekat

Dulu emang mesti diakui kalau film-film Indonesia itu kalau ditonton gak semenyenangkan film luar apalagi film Hollywood. Kesannya itu kayak asal bikin film aja gak sampai mikirin gimana caranya biar penonton kalau udah nonton jadi masih inget ama filmnya. Jadi film-film Indonesia itu jadi ngebikin orang Indonesia sendiri jadi males.

Meski sebenernya sekarang mulai banyak yang berkualitas image kayak gitu masih susah dihilangin. Makanya kadang mah ujung-ujungnya kalau mau laku dimasukinlah sedikit tema selangkangan.

Promosinya Gak Menarik

Ini yang paling nyata sih, film-film Indonesia itu kalau promo gak pernah bisa kayak film-film Hollywood. Yang kalau udah promosi langsung jadi trending di dunia. Sekali ada juga film yang promonya gencar eh film yang ditayangin gak karuan, bukan Cuma ceritanya gak jelas tapi gambarnya juga asli gak karuan.

Artis dan Genrenya Itu-Itu Aja

Film-film Indonesia itu kalau diperhatiin nih ya sekali ada satu film bergenre tertentu terus banyak yang nonton, liat aja beberapa waktu kedepan film dengan genre yang sama bakal ikut bermunculan. Termasuk juga artis yang lagi hype, liat aja deh itu yang kemaren-kemaren viral di sosmed malah belakangan jadi artis.

Banyak Film Lain yang Lebih Seru

Ini alasan yang paling jelas sih, karena dibandingkan dengan film luar film-film Indonesia itu emang kurang bersaing. Apalagi kalau sekelas garapan Marvel atau DC Comics.

Belum lagi untuk orang-orang yang emang ngejar kepuasan udah pasti dong bakal lebih milih film yang lebih seru.

Katanya Gak Gaul

Alasan ini yang paling miris sih sebenernya, entah kenapa kalau nonton film Indonesia itu kadang di cap gak gaul. Ya miris aja gitu, apalagi tingkat kegaulan itu kan gak mesti diukur dari film yang ditonton. Cuma ya dari segi kualitas sih emang masih gak sebanding ama film-film luar apalagi film Holllywood. Udah banyak kan film-film lokal yang make teknologi yang sama tapi hasilnya tetep aja kayak film Tutur Tinular hehe.

Well, ya gitu deh nasib film Indonesia, eh tapi tergantung sih filmnya apaan. Soalnya kalau mau dipikir-pikir lagi ada sih film lokal yang meski gambarnya jelek, ceritanya gak jelas tapi jadi favorit banyak orang. Bahkan sekali nongol langsung jadi viral! Itu lho film-film 3gp haha. . .

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY